Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Yang Harus Dilakukan Ketika Umur 20an, agar Tidak Menyesal di Umur 30– 40an

#tahun #umur

Usia 20an menjadi titik awal seseorang memasuki dunia yang menuntut kedewasaan dalam berpikir juga tingkah laku, terutama soal keuangan. Terkadang di usia ini banyak yang merasa masih terlalu dini untuk memikirkan masa depan.

Ketika waktu berlalu seiring usia yang bertambah, ternyata semuanya sudah terlambat. Dan hanya penyesalan yang tertinggal.

Memang tidak ada yang bisa memastikan masa depan itu akan menjadi seperti apa dan bagaimana nanti. Tetapi, yang sudah sangat jelas ialah bahwa masa depan itu ditentukan hari ini. Dengan apa dan bagaimana usaha yang dilakukan hari ini.

Sebelum menyesal di usia 30-40an tahun karena terlalu menyepelekan hal – hal kecil, yuk simak apa saja yang mestinya anda kerjakan saat masih di usia 20an. Berikut selengkapnya.

1. Banyak Belajar

Usia 20an sangat mudah untuk menerima dan memahami pelajaran dari pada ketika anda sudah berkeluarga dan berusia lebih dari 30an. Jika ada kesempatan belajar maka jangan sia-siakan, belajar tak harus di tempat atau lembaga formal. Banyak tempat dan sarana yang bisa menunjang hal tersebut.

Memiliki pengetahuan yang banyak jauh lebih bermanfaat dibandingkan memiliki uang yang banyak. Sebab, uang dapat dengan mudah habis ketika anda membelanjakannya tetapi lain halnya dengan pengetahuan. Karena pengetahuan justru bertambah dan semakin luas ketika anda membagikannya.

Mulailah belajar sesuatu yang anda sukai dan kuasai, juga pelajari keahlian yang bisa meningkatkan skill yang berguna di dunia kerja nanti. Belajarlah dari pengalaman orang lain, pelajari setiap kesalahannya juga kesuksesannya.

Terkadang kemampuan untuk belajar jauh lebih penting dibandingkan dengan nilai IQ itu sendiri. Sebab banyak orang sukses bukan karena IQ-nya yang tinggi tetapi karena kemampuannya untuk belajar dari setiap hal yang ditemui.

2. Berani Ambil Resiko

Dalam belajar tentu ada trial and eror untuk mencapai sebuah hasil yang memuaskan. Dan tentu saja banyak resiko yang pasti didapatkan. Kegagalan, keberhasilan semuanya merupakan bagian dari proses. Tanpa pernah mengalami kegegalan maka anda tak akan tahu bagaimana rasanya berhasil.

Yang terpenting bukan hanya hasil akhirnya saja, tetapi bagaimana anda berani mengambil resiko agar bisa mendapatkan hasil yang diimpi-impikan.

Nah, untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bagus ketika anda sudah berusia 30-40an tahun maka jangan takut untuk mengambil resiko apapun ketika usia masih 20an. Selain sebagai sarana pembelajaran diri, usia yang masih muda belum memiliki beban sebagaimana yang dirasakan ketika sudah memasuki usia lebih dari 30an atau bahkan 40an tahun.

3. Berani Mencoba

Di usia 20an anda akan melihat banyak peluang kerja menarik yang ada di depan mata, meskipun terkadang pekerjaan tersebut mungkin tidak menarik seperti yang anda cita-citakan dan bayangkan, tetapi tak ada salahnya untuk mencoba.

Semakin banyak anda mencoba untuk melakukan banyak pekerjaan, selain akan menambah kemampuan anda pengalaman anda pun juga bisa bertambah. Karenanya jangan pernah menolak tawaran sebelum anda melihatnya dengan benar.

Siapa tahu pekerjaan ini bisa mengantarkan anda pada kesempatan yang lebih besar. Kuncinya adalah jangan takut untuk mencoba hal baru asalkan bukan sesuatu yang negati dan merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Kapan lagi anda bisa seleluasa sekarang? Sebab di usia 30an atau bahkan 40an, anda akan terbebani dengan kehidupan rumah tangga yang kompleks yang membuat anda tak akan seleluasa sekarang untuk mencoba apapun.

4. Mulai Menabung

Ketika sudah bisa menghasilkan uang sendiri tanpa meminta lagi pada orang tua, hal yang penting dilakukan di usia 20an ialah menabung. Sebenarnya hal ini cukup sepele dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Tetapi jika kadang keinginan menabung ini dilakukan hanya ketika anda menginginkan sesuatu saja. Seperti ingin membeli tas mahal, beli baju baru atau gadget keluaran terbaru.

Mulailah untuk berpikir untuk menabung demi masa depan. Karena masa depan belum pasti, makanya awalilah dari sekarang. Sekecil apapun nilai yang anda tabung jika anda memulainya sejak dini, maka kebiasaan baik ini akan berlanjut hingga nanti. Yang hasilnya bahkan akan jauh dari ekpektasi.

5. Mulai Rencanakan Masa Depan

Banyak orang yang ketika masih berusia 20an mengabaikan masa depannya, dan ketika di usia 30an ia pun diabaikan oleh masa depannya. Artinya, masa depan memang masih jauh dari jangkauan tetapi anda pun juga harus bersiap diri dengan rencana yang matang.

Sebab jika tidak, masa depan anda bisa saja hanya akan menjadi angan-angan belaka. Sekali lagi, karena masa depan merupakan cerminan usaha dan kerja keras yang dilakukan hari ini. Maka mulailah dengan merencanakan masa depan anda sejak awal.

Apa yang ingin anda dapatkan 5 tahun ke depana, 10 tahun ke depan atau bahkan 20 tahun ke depan. Seperti apa rumah, bisnis, investasi anda di masa depan nantinya. Merencanakannya sejak awal akan membantu anda mendapatkan goal yang anda inginkan. Asalkan dibarengi dengan usaha yang maksimal dan tentunya jangan lupa berdoa.

Menjadi dewasa bukannya seketika bisa didapatkan, tetapi dengan banyaknya hal yang dilalui. Entah itu baik atau pun buruk, gagal atau pun berhasil yang dilalui ketika masih muda. Hal tersebut bisa menjadi bekal untuk mendewasakan diri secara pribadi maupun finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang yang harus dilakukan ketika umur 20an tahun, agar tidak menyesal di umur 30– 40an, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, hidup, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kredit konsumsi, kredit mobil, kredit tanpa agunan, menabung, modus penipuan, orang kaya, pengetahuan umum, Redenominasi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu debit, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.