Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi di Dunia

Setiap negara memiliki bank sentral yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa harga dan nilai mata uang negara tersebut tetap stabil. Peran bank sentral ini untuk menjamin kondisi tersebut menjadi sangat luas dan penting. Indonesia pun memiliki bank sentral yang kita kenal sebagai Bank Indonesia (BI). Negara lain juga memiliki bank sentralnya masing-masing dan hampir semuanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama secara umum. Sebagai instansi yang bertanggung jawab untuk mengatur peredaran uang di suatu negara, bank sentral akan fokus mengendalikan besar bunga. Besar bunga ini akan dibebankan untuk semua kegiatan komersial, bank, dan pinjaman untuk memastikan jumlah uang yang beredar tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Berbicara mengenai bunga bank sentral, tentu perlu diketahui bahwa besarnya pasti berbeda-beda untuk setiap negara. Setiap negara memiliki kondisi ekonomi yang berbeda dan harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut dalam menentukan besar bunga bank sentralnya. Jika besar bunga bank sentral tinggi, tentu maksudnya adalah agar semakin sedikit nasabah yang melakukan pinjaman dan peredaran uang pun terkendali turun. Namun jika besar bunga bank sentral rendah, maksudnya tentu berkaitan agar banyak nasabah yang mengajukan pinjaman dan meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Menarik sekali memang peran bank sentral di suatu negara dan tugasnya dalam mengendalikan keuangan negara melalui besar bunga bank sentral.

Anda bisa mempelajari negara dengan bunga bank sentral tertinggi berdasarkan berbagai informasi yang dikumpulkan. Informasi ini mengumpulkan mengenai negara-negara yang menerapkan bunga bank sentralnya tinggi berdasarkan data tahun 2018. Berikut ini akan ditunjukkan daftar 30 negara dengan bunga bank sentral tertinggi. Melalui daftar ini, akan dipelajari 10 negara dengan bunga bank tertingginya dan bagaimana kondisi ekonomi negara-negara tersebut. Selamat mempelajarinya!

Tabel 1. Daftar Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi

No. Negara Besar Bunga Bank Sentral (dalam %)
1 Argentina 60
2 Turki 24
3 Mozambik 21,75
4 Gambia 20
5 Ghana 20
6 Angola 18
7 Malawi 18
8 Ukraina 18
9 Mesir 16,75
10 Tajikistan 16
11 Uzbekistan 16
12 Iran 15
13 DR Kongo 14
14 Nigeria 14
15 Sierra Leone 13
16 Zambia 12,5
17 Azerbaijan 11
18 Mongolia 11
19 Belarus 10,5
20 Pakistan 10,25
21 Kenya 10
22 Uganda 10
23 Trinidad dan Tobago 9,25
24 Kazakhstan 9
25 Mexico 8,25
26 Moldova 8
27 Russia 7,25
28 Sri Lanka 7,25
29 Georgia 7
30 Namibia 7

10 Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi di Dunia

Itulah tadi 30 negara dengan bunga bank sentral tertinggi di dunia. Selanjutnya anda tentu penasaran bukan bagaimana kondisi ekonomi negara-negara tersebut sehingga bank sentralnya mentapkan bunga bank yang sangat tinggi. Informasi mengenai kondisi ekonomi negara-negara tersebut akan dijelaskan di bawah ini untuk 10 negara tertinggi bunga bank sentralnya. Silahkan simak penjelesannya dan ketahui apa kesamaan negara-negara dengan bank bunga sentral tinggi ini.

1. Argentina

Argentina berdasarkan data tahun 2018 adalah negara dengan bunga bank sentral tertinggi di dunia yaitu 60%. Hal ini ditunjukkan oleh kondisi ekonomi Argentina yang terus melemah dalam 17 tahun terakhir. Setelah terjadi penurunan produksi minyak dan perdagangan bahan bakar, terhitung bahwa Argentina merugi hingga 45 triliun rupiah. Kondisi ekonomi yang terus melemah di Argentina ini terjadi sejak tahun 2002 dan membuat bank sentralnya menetapkan bunga yang tinggi untuk mengatur peredaran uang.

2. Turki

Sejak tahun 2018, Turki telah melalui krisis hutang yang sngat besar. Terjadi juga inflasi tinggi sehingga harga-harga barang meningkat di luar kendali. Hal ini disebabkan oleh hutang luar negeri dan defisit besar pemerintahan Turki. Padahal Turki menjadi negara yang memiliki produksi besar dalam bidang tekstil, alat transportasi, dan bahan konstruksi. Akhirnya, bunga bank sentral Turki saat ini mencapai 24%.

3. Mozambik

Setelah perang Mozambik di tahun 1977 hingga 1992, kondisi ekonomi negara ini sudah lebih baik. Namun masih menjadi salah satu negara miskin dan tidak berkembang. Bahkan Mozambik masih memiliki hutang luar negeri yang cukup besar, sehingga sempat mendapatkan pembersihan hutang juga. Akan tetapi kondisi ekonomi ini tetap membuatnya menjadi salah satu negara dengan bunga bank sentral yang tinggi yaitu 21,75% dan menempati urutan ketiga.

4. Gambia

Sebagai salah satu negara yang tidak memiliki sumber daya alam dan mineral, membuat negara ini memiliki dasar sumber penghasilan bumi yang sangat minim. Masyarakatnya hanya bergantung pada aktivitas pertanian untuk menopang hidup dan menjadikannya salah satu negara yang membutuhkan bantuan keuangan dari IMF. Saat ini besar bunga bank sentral di Gambia adalah 20%.

5. Ghana

Sebelumnya mendapatkan penghapusan hutang di tahun 2005, Ghana adalah salah satu negara dengan krisis ekonomi dan hutang luar negeri yang cukup besar. Padahal Ghana memiliki sumber daya emas yang sangat besar. Namun mulai dari tahun 2011, kondisi ekonomi Ghana sudah semakin membaik. Besar bunga bank sentral negara ini sama dengan Gambia di urutan kempat, yaitu 20%.

6. Angola

Negara dengan bunga bank sentral tertinggi keenam di dunia adalah Angola. Besar bunga bank sentral Angola ini adalah 18% dan masih terus melalui proses pemulihan ekonomi. Sebelumnya, Angola mengalami perang rakyat selama 27 tahun, sehingga walau memiliki banyak sumber daya alam negara ini tetap menjadi salah satu negara miskin di dunia.

7. Malawi

Malawi adalah negara di Afrika yang menjadi negara dengan perhatian dari IMF dan Bank Dunia. Negara ini mengalami banyak masalah di masyarakat, seperti masalah kesehatan dan pendidikan. Bahkan ada masalah cukup mengancam di bidang kesehatan, yaitu HIV/ AIDS. Malawi di Afrika menjadi negara yang paling rendah perkembangannya dan saat ini bunga bank sentralnya adalah 18%.

8. Ukraina

Ukraina adalah negara di Eropa Timur yang masuk dalam daftar 10 negara dengan bunga bank sentral tertinggi di dunia. Negara ini menempati peringkat kedelapan dengan besar bunga yang sama dengan urutan keenam dan ketujuh, yaitu 18%. Kondisi ekonomi Ukraina saat ini sedang mengalami perbaikan, setelah pengaruh perpecahan Uni Soviet di tahun 1991.

9. Mesir

Prinsip ekonomi pemerintahan Mesir adalah ekonomi terpusat di bawah kendali Presiden. Sebelumnya di tahun 1990an, Mesir memiliki hutang di IMF yang cukup besar namun sudah bisa memperbaiki ekonominya mulai tahun 2000. Saat ini besar bunga bank sentral di Mesir adalah 16,75%.

10. Tajikistan

Besar bunga bank sentral di Tajikistan adalah 16% dan menempati urutan ke-10 tertinggi di dunia. Kondisi ekonomi Tajikistan sendiri sudah membaik sejak perang rakyat yang terjadi di negara ini. Namun karena memang sudah memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dan hanya mengandalkan penghasilan dari tenaga kerja luar negeri, saat terjadi krisis ekonomi tahun 2008, kondisi ekonomi Tajikistan merasakan dampak yang cukup kuat yang sudah berangsur-angsur pulih.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 negara dengan bunga bank sentral tertinggi di dunia. Ternyata kebanyakan negara dengan bunga bank sentral tinggi adalah negara-negara di bagian Afrika, Asia Barat dan negara-negara yang kondisi ekonominya kurang baik. Itulah mengapa bank sentral masing-masing negara harus mengatur bunga bank yang tinggi dan bisa mengendalikan peredaran uang di masyarakat. Indonesia menempati urutan ke 38 dengan bunga bank sentral sebesar 6%. Sehingga masih digolongkan menengah dan tidak terlalu tinggi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara dengan bunga bank sentral tertinggi di dunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Punya Mobil? Ini Dia Cara Kredit Mobil di Bank
10 Perusahaan dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia
Apa itu Rekonsiliasi Bank? Definisi Rekonsiliasi Bank
Mengapa Negara Dunia Ketiga Jarang yang Maju? Ini Dia Masalah Negara Dunia Ketiga!
Di Dunia Cuma Ada Satu Mata Uang Tunggal? Apa yang Akan Terjadi?
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
10 Negara Paling Kelaparan di Dunia
10 Cairan Termahal di Dunia
Apa yang Terjadi ketika Negara Gagal Membayar Utang (Default)?
10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)


Bagikan Ke Teman Anda