Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Negara Paling Pintar di Dunia (Berdasarkan Rangking IQ)

Majunya sebuah negara juga dipengaruhi oleh bagaimana kualitas penduduknya. Terbukti dari hasil sembilan studi internasional yang memberikan data negara mana saja yang memiliki rangking IQ tinggi. Selain rangking IQ-nya tinggi, pendapatan dan pengeluaran untuk pendidikan juga berpengaruh terhadap raihan peringkat tersebut.

Nah, mana saja yang bisa dikatakan sebagai negara paling pintar di dunia berdasarkan rangking IQ? Berikut ulasannya.

1. Singapura

Meskipun memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang cukup kecil, ternyata negara di kawasan Asia Tenggara ini menduduki peringkat pertama sebagai negara paling pintar di dunia. IQ rata-rata yang dimiliki penduduknya sebesar 108.

Untuk urusan budget pendidikan, Singapura juga memiliki pengeluaran per kapita yang cukup besar. Yakni sekitar $905 per kapita atau sekitar Rp 12.000.000. Budget untuk pendidikan yang dikeluarkan per kapitanya ini sebenarnya relevan dengan pendapatan rata-rata masyarakat Singapura yang mencapai $25.407.

2. Hongkong

Luas wilayah sebuah negara memang tidak begitu berpengaruh terhadap raihan IQ rata-rata penduduknya. Setelah Singapura, Hongkong menyusul di peringkat kedua sebagai negara paling pintar berdasarkan IQ rata-rata penduduknya. Sama seperti Singapura, rata-rata IQ penduduk negara di kawasan Asia Timur ini sebesar 108.

Untuk urusan pendidikan pun rata-rata pengeluaran per kapitanya mencapai $915 dengan pendapatan rata-rata penduduknya sebesar $25.419. Berdasarkan data tersebut, posisi Hongkong kokoh di urutan kedua yang notabene lebih unggul dari negara tetangganya seperti Taiwan dan Tiongkok.

3. Taiwan

Masih di kawasan Asia Timur, kali ini Taiwan yang menempati peringkat ketiga. Taiwan berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai negara paling pintar di dunia berkat raihan rata-rata IQ penduduknya yang mencapai 106. Unggul tipis dari Hongkong yang ada di peringkat kedua.

Negara dengan luas wilayah yang relatif kecil ini terbilang cukup maju dari segi pendapatan penduduknya. Tak ayal jika pengeluaran untuk pendidikannya pun cukup tinggi sehingga kebanyakan penduduknya berhasil mengenyam pendidikan tinggi.

4. Korea Selatan

Berada persis di bawah peringkat Taiwan, Korea Selatan menempatkan diri di posisi keempat dengan IQ rata-rata penduduknya sebesar 106. Negara dengan iklim sedang ini memiliki rata-rata pengeluaran untuk pendidikan per kapitanya sebesar $502. Memang angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan Hongkong atau Singapura.

Akan tetapi, angka pengeluaran pendidikan tersebut sebanding dengan pendapatan rata-rata penduduknya yang menyentuh angka $13.710.

5. Jepang

Memiliki IQ rata-rata penduduknya sebesar 105, Jepang berada di peringkat kelima. Peringkat tersebut beda tipis dengan negara tetangganya, Korea Utara. Namun Jepang berada di peringkat lebih atas jika dibandingkan dengan Tiongkok yang ada di urutan ke-enam.

Pengeluaran untuk pendidikan per kapitanya saja cukup besar. Yakni $1.242 dengan rata-rata pendapatan penduduknya sebesar $36.785. Tak heran sebagian besar siswa dan siswi negeri matahari terbit ini berhasil mengenyam pendidikan hingga jalur perguruan tinggi.

6. Tiongkok

Di urutan ke-enam, kita bisa mendapasti Tiongkok dengan IQ rata-rata penduduknya yang mencapai 104. Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa negara paling pintar di dunia berdasarkan IQ nya didominasi oleh negara di kawasan Asia, khususnya Asia Timur. Tiongkok mengukuhkan fakta tersebut dengan raihan peringkat ke-enam.

Meskipun masuk di urutan ke-enam, uniknya pengeluaran per kapita untuk pendidikan masyarakat Tiongkok relatif kecil. Yakni hanya $27. Tentu saja selisihnya sangat jauh jika dibandingkan dengan Singapura atau Jepang. Namun meskipun pengeluaran untuk pendidikannya kecil, Tiongkok lebih unggul secara rata-rata IQ dari Swiss, Finlandia, dan negara di kawasan Eropa lainnya.

7. Swiss

Swiss menjadi negara di kawasan Eropa pertama yang masuk 10 besar dengan rata-rata masyarakat dengan IQ tinggi. Rata IQ masyarakat Swiss sebesar 102. Menjadi negara dengan pendapatan tinggi, tentu saja budget yang dikeluarkan per kapitanya untuk pendidikan juga tak kalah besar dari negara lain.

Rata-rata pengeluaran untuk pendidikan di Swiss sebesar $2.465 dimana pendapatan penduduk kebanyakannya mencapa $50.004. Bahkan banyak mahasiswa Indonesia yang begitu tertarik belajar di Swiss dengan berburu program-program beasiswa.

8. Belanda

Belanda menyusul Swiss di urutan ke-delapan sebagai negara paling pintar di dunia. Rata-rata IQ masyarakat Belanda mencapai 102. Sama seperti rata-rata IQ masyarakat Swiss. Namun jika dibandingkan Swiss, negeri kincir angin ini memiliki rata-rata pengeluaran pendidikan per kapita lebih kecil. Yakni hanya $1.683.

Pengeluaran tersebut sebenarnya sebanding dengan besaran pendapatan yang diperoleh kebanyakan masyarakatnya. Yakni kisaran $33.401. Sama seperti Swiss, negara empat musim ini juga menjadi pilihan banyak pelajar Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi.

9. Korea Utara

Tak disangka Korea Utara masuk di peringkat ke-sembilan. Rata-rata IQ kebanyakan penduduknya sebesar 102. Rata-rata tersebut sama seperti Belanda dan Swiss yang ada di urutan ke-7 dan 8. Namun karena termasuk negara tertutup, tidak ada data pasti berapa pengeluaran per kapita di bidang pendidikan.

Termasuk pula untuk pendapatan rata-rata penduduknya. Meskipun masih kalah jauh dari Korea Selatan yang ada di peringkat empat, namun raihan tersebut cukup mengejutkan dibalik kondisi negara tersebut yang relatif tertutup dari dunia luar.

10. Macau

Macau menjadi penutup di urutan ke-sepuluh sekaligus menambah dominasi negara di kawasan Asia Timur yang memiliki penduduk dengan IQ rata-rata tinggi. Rata-rata IQ penduduk di kawasan Macau adalah 101. Selisihnya cukup kecil jika dibanding Korea Utara, Swiss, maupun Belanda.

Untuk pengeluaran di bidang pendidikan per kapita relatif kecil. Yakni sebesar $625. Pengeluaran tersebut terbilang kecil. Padahal dari segi pendapatan penduduknya mencapai $20.622.

Demikianlah negara paling pintar di dunia berdasarkan tingkat IQ nya. Sebagai pelengkap, berikut daftar 30 negara dengan IQ tertinggi di dunia:

No Negara IQ
1 Singapore 108
2 Hong Kong 108
3 Taiwan 106
4 South Korea 106
5 Japan 105
6 China 104
7 Switzerland 102
8 Netherlands 102
9 North Korea 102
10 Macao 101
11 Iceland 101
12 Finland 101
13 Canada 101
14 Belgium 100
15 Germany 100
16 UK 100
17 Austria 100
18 New Zealand 100
19 Norway 99
20 Sweden 99
21 Luxembourg 99
22 Denmark 99
23 Czechia 99
24 Estonia 99
25 Australia 99
26 France 98
27 United States 98
28 Hungary 98
29 Mongolia 98
30 Italy 97

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata Indonesia ada di posisi 70 dengan rata-rata IQ sebesar 84, namun bukan tidak mungkin suatu saat bisa menempati urutan teratas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 negara paling pintar di dunia (berdasarkan rangking IQ), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Asia Timur Lebih Maju Dibandingkan Asia Tenggara?
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
Mengapa Negara Dunia Ketiga Jarang yang Maju? Ini Dia Masalah Negara Dunia Ketiga!
10 Negara dengan Pengangguran Terbanyak di Dunia
10 Negara dengan Jumlah Pengangguran Besar
10 Negara Paling Dingin Sedunia
Ini Dia Barang-barang Termahal di Dunia
Negara-Negara Paling Bahagia Sedunia 2019
10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
10 Negara Paling Banyak Utang Luar Negeri


Bagikan Ke Teman Anda