Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an

Usia 40an bisa menjadi saat-saat yang menegangkan bagi sebagian orang. Ketika itulah anak-anak Anda mulai masuk perguruan tinggi, dinamika rumah tangga mulai berubah, dan tekanan ekstra di tempat kerja untuk mencapai karier yang lebih tinggi.

Namun di usia 40an Anda juga bisa mulai memikirkan kesehatan keuangan Anda dan mengamankan dana pensiun. Tingkatkan peluang untuk mencapai tujuan tersebut dengan mengikuti aturan keuangan pribadi berikut ini.

1. Fokus membangun dana pensiun Anda

Fokuskan tujuan utama di usia 40an untuk meningkatkan tabungan pensiun Anda. Pensiun mungkin masih terasa jauh, namun jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, ia akan datang lebih cepat dari yang Anda duga.

Lakukan hal yang sama dengan investasi apapun yang sedang Anda tangani. Jangan gegabah dan tergiur dengan rayuan keuntungan besar, pertimbangkan segala untung ruginya karena kini fokus Anda adalah mempersiapkan dana pensiun.

Bahkan jika perlu, Anda bisa menyingkirkan biaya sehari-hari yang tidak perlu. Sedikit tambahan akan memberi dampak yang siknifikan terhadap kesehatan keuangan Anda.

2. Jangan biarkan biaya kuliah anak-anak mengganggu tabungan pensiun Anda

Adalah hal yang wajar bila Anda ingin membantu anak-anak memperoleh pendidikan setinggi mungkin. Namun jangan biarkan keinginan tersebut membuyarkan impian Anda untuk memiliki dana pensiun.

Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk membantu biaya kuliah anak-anak, maka Anda akan kehilangan banyak waktu untuk mempersiapkan dana pensiun. Lagi pula, bukankah anak-anak Anda bisa mencari jalan sendiri untuk membayar sekolah?

Biarkan anak-anak menjadi mandiri, ajarkan pada mereka untuk mau bekerja paruh waktu demi mendapat biaya tambahan kuliah. Mencari beasiswa, atau masuk ke universitas negeri yang lebih terjangkau biayanya.

3. Kurangi jumlah hutang Anda

Tidak ada cara paling cepat untuk merusak rencana pensiun Anda dibandingkan memiliki banyak hutang, dan sumber hutang paling jahat berasal dari kartu kredit. Lakukan semua hal yang mampu Anda lakukan untuk menghilangkannya sebelum Anda memasuki usia 40 tahun.

Jika hutang kartu kredit telah rampung, maka Anda bisa beralih ke hutang-hutang lainnya yang memiliki suku bunga lebih rendah. Selanjutnya, seperti rencana semula, fokuskan biaya pada dana pensiun.

4. Kembangkan dana darurat Anda

Hal lain yang seringkali menggagalkan rencana pensiun adalah kebutuhan darurat seperti pengobatan, kecelakaan, atau perbaikan rumah yang tidak bisa ditunda. Saat itulah tabungan Anda akan terkuras dan Anda harus memulai dari nol lagi atau bahkan bekerja lebih keras.

Namun berbeda halnya jika sedari awal Anda telah mempersiapkan dana darurat. Anda tidak perlu menguras tabungan atau mengambil kredit lagi untuk hal-hal tak terduga di atas. Para pakar keuangan bahkan menyarankan agar Anda memiliki cukup dana darurat untuk menutupi setidaknya enam bulan hingga satu tahun biaya hidup Anda.

Mungkin angkanya terdengar besar, namun  bukankah Anda bisa menyicilnya secara berkala dari pendapatan bulanan Anda?

5. Hindari gaya hidup “ikut-ikutan”

Jangan biarkan “godaan” gaya hidup orang-orang di sekitar Anda meruntuhkan keyakinan untuk mulai menabung dana pensiun. Tutup mata, tutup telinga, dan kembali kencangkan sabuk Anda.

Karena siapa yang perduli saat Anda nantinya kehilangan pekerjaan? Siapa yang mau membantu saat Anda tidak mampu lagi bekerja? Diri Anda sendirilah jawabannya.

6. Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang cukup

Apa yang akan terjadi pada anak-anak dan pasangan Anda saat Anda meninggal secara mendadak? Apakah pasangan Anda sanggup membayar cicilan rumah? Atau keluarga Anda harus pindah ke rumah kontrakan yang kecil?

Asuransi jiwa akan mengamankan  tekanan finansial bagi keluarga Anda saat mereka harus Anda tinggalkan secara tidak terduga. Di usia 40an adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi perlindungan asuransi jiwa Anda.

7. Lakukan pembicaraan dengan orang tua Anda

Orang tua Anda pastinya memiliki pengalaman tersendiri tentang  dana pensiun dan bagaimana mereka mengelolanya (entah itu berhasil atau tidak). Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melibatkan mereka dalam pembicaraan ini.

Jika mereka cukup sukses, maka mereka akan memberi advise yang berharga bagi Anda. Namun bila mereka tidak cukup berhasil, mungkin mereka memiliki celah yang bisa Anda lihat dan perbaiki.

Tanyakan tentang rencana pensiun mereka, bagaimana mereka akan menjalani masa tuanya. Dan bila perlu, tawarkan pada mereka untuk hidup bersama Anda. Pada umumnya mereka akan menolak, namun bukan berarti Anda harus berhenti menggali. Bagaimana pun tempat terbaik bagi orang tua adalah berada di dekat keluarga.

8. Tulislah surat wasiat

Jika hal ini belum terpikirkan oleh Anda, maka lakukanlah sekarang. anda bisa mulai mencari pengacara untuk membuat dokumen yang lebih mengikat. Pastikan pula anak-anak Anda memiliki wali yang akan mengurusi segala kebutuhan mereka sesuai dengan pesan Anda pada surat wasiat.

9. Pelajari keterampilan baru

Saat Anda berusia 40an, maka itulah saat yang paling tepat untuk meningkatkan kemampuan diri. Pelajari sejumlah kemampuan baru untuk menajamkan pikiran Anda, meningkatkan daya jual, serta mengelola sumber daya dengan lebih baik.

Dengan keterampilan baru ini, Anda bisa memiliki penghasilan tambahan. Dan dengan penghasilan tambahan inilah Anda bisa menambah pundi-pundi uang untuk persiapan dana pensiun.

10. Luangkan waktu untuk bersantai

Bagian dari hidup adalah menikmati diri sendiri dan bersantai. Anda telah bekerja secara ektra selama puluhan tahun. Maka dari itu, inilah saatnya Anda menikmati hidup.

Ketika Anda memasuki usia 40an, biarkan hidup berjalan lebih lambat dan mulai perhatikan kesehatan fisik serta mental Anda. Ingat, waktu pensiun kian mendekat, tentu Anda tidak ingin menghabiskannya di ranjang dengan banyak keluhan serta tagihan kesehatan, bukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tip pengaturan keuangan di umur 40an, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kegiatan Menarik Ketika Tidak Punya Uang Lagi
10 Tips Ampuh untuk Mengelola Keuangan
Tagihan Mana yang Harus Dibayar Dulu?
10 Tip Bagi Kelas Menengah agar Tambah Sukses
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji
Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?


Bagikan Ke Teman Anda