Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tips Ampuh untuk Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan memang hal yang gampang-gampang susah untuk dikerjakan. Bagi orang yang belum terlatih, mengelola keuangan bisa menjadi satu momok yang menakutkan. Godaan gaya hidup yang menyebabkan uang melayang tanpa tahu kemana akan terus bergentayangan. Jika seseorang tidak mempunyai serangkaian kiat-kiat sukses untuk menjaganya, maka uang di tangan bisa melayang dengan mudah. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa membantu seseorang untuk dapat mengelola finansialnya dengan baik, diantaranya:

1. Membuat Financial Planning

Ada sebuah quotes yang menyatakan bahwa “Tidak membuat rencana, sama saja merencanakan kegagalan”. Hal ini adalah hal yang nyata. Seperti yang diketahui, godaan finansial baik dalam membeli barang-barang keinginan, hingga barang-barang mewah kerap menggoda iman. Untuk itu, diperlukan satu financial planning yang berguna sebagai rambu-rambu atau patokan seseorang dalam mengeluarkan uangnya.

2. Mengontrol Pengeluaran

Mengontrol pengeluaran adalah salah satu hal yang esensial dalam mengelola keuangan. Sebanyak apapun uang yang dihasilkan, akan sia-sia jika seseorang menghabiskan semuanya. Mengontrol pengeluaran dapat dilakukan dengan cara mengenali kebutuhan dan keinginan, serta membiasakan diri untuk hidup cukup. Finansial yang berantakan bisa dialami setiap orang, termasuk oleh artis profeSional seperti Nicolas Cage. Memang Nicolas Cage dapat menghasilkan banyak uang dari profesinya, namun ia juga mengeluarkan uang yang sangat banyak hingga membuat dia bangkrut.

3. Memperbesar Pendapatan

Memperbesar pendapatan yang dimaksud kali ini bukanlah mencari banyak uang dari banyak sumber, namun bisa jadi dari satu sumber saja. Gunakan pekerjaan yang sekarang sedang digeluti sebagai batu loncatan untuk menambah pendapatan. Caranya adalah dengan fokus pada pekerjaan dan mengerahkan segala kemampuan pada pekerjaan tersebut. Sikap fokus tersebut akan mempengaruhi mindset seseorang, hingga melahirkan kebiasaan-kebiasaan yang konsisten hingga menghasilkan  yang terbaik untuk pekerjaannya.

4. Disiplin

Disiplin adalah kunci sukses dari segala usaha. Tanpa disiplin dan sikap konsisten, seseorang akan mudah goyah dan tergoda sehingga seseorang tak lagi bisa mencapai targetnya. Hal ini juga terjadi pada proses mengatur keuangan. Agar bisa handal mengatur keuangan, seseorang harus rutin setiap harinya minimal 30 hari untuk menjalankan segala metode-metode mengatur keuangan. Contoh, jika seseorang memilih metode membuat financial planning, maka ia harus mengerjakannya setiap hari minimal 30 hari tanpa berhenti. Guna melakukan hal tersebut selama 30 hari adalah untuk membentuknya menjadi sebuah kebiasaan.

5. Hindari Prinsip Ikut-ikutan

Ada pepatah Jawa yang mengatakan bahwa ‘Urip iku sawang sinawang’, yang berarti bahwa ‘Hidup itu perihal melihat dan dilihat’. Memang sewajarnya melihat orang sekeliling dan melihat apa yang mereka punya. Namun bukan suatu keharusan untuk mengikuti apa yang mereka punya. Jangan mentang-mentang melihat tetangga membeli mobil baru, langsung buru-buru mencari utang untuk membeli mobil baru. Kebutuhan orang pasti berbeda-beda. Bisa saja kebutuhan mereka hanyalah sebatas suatu keinginan untuk kita. Untuk itu, bukan suatu keharusan untuk ikut membeli barang-barang yang tetangga beli.

6. Membuat Wishlist

Mungkin hal ini sudah dilakukan untuk beberapa orang, namun sebagian orang menganggap ini menjadi hal yang tidak penting dan membuang-buang waktu. Membuat wishlist memungkinkan seseorang untuk tahu apa saja keinginan mereka yang memang perlu untuk dibeli dan tidak untuk dibeli. Cara membuat wishlist yang disarankan adalah dengan cara menuliskan hal-hal yang diinginkan, dan jangan langsung membeli barang-barang tersebut. Beri jeda selama satu bulan atau beberapa bulan, dan lihatlah, apakah pada periode tersebut barang tersebut masih benar-benar diinginkan atau sudah tidak.

7. Menabung

Tips ini mungkin terdengar sangat klise, hingga sebagian orang pasti akan bosan mendengarnya. Namun tips satu ini adalah tips yang paling mendasar jika seseorang ingin mengelola finansialnya dengan lebih baik. Tabungan menandakan bahwa seseorang dapat hidup berkecukupan, serta akan memberi efek menenangkan pada kehidupan seseorang. Seseorang akan lebih tenang jika ia mengetahui di tangannya masih terdapat uang, bukan?

8. Punya Rumah Sendiri

Di kota-kota besar, biaya hidup bisa sangat besar hingga meroket. Salah satu biaya hidup yang tidak bisa dihindari adalah biaya tempat tinggal. Biaya tempat tinggal seperti kos dan kontrakan akan melangit. Biaya ini tentu tidak bisa dihindari dan menjadi biaya yang harus dibayar untuk bertahan hidup. Karena tidak bisa dihindari, tentu diperlukan satu cara untuk menekan pengeluaran ini. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran ini adalah dengan cara memiliki rumah sendiri. Walaupun terkesan mahal di awal, namun untuk jangka panjang, memiliki rumah sendiri terhitung sangat murah dibanding dengan tinggal di kos ataupun kontrakan.

9. Ikut Arisan

Banyak yang tidak menyadari bahwa arisan adalah salah satu bentuk lain dari menabung. Jika menabung dirasa berat, seseorang dapat memilih alternatif lain yaitu arisan. Dengan menyisihkan sejumlah uang dan disetor kepada pihak lain, tentu hal ini adalah satu cara aman untuk megamankan uang agar tidak bisa sembarang digunakan.

10. Monitoring dan Cek Progress

Semua usaha untuk menuju hidup yang sadar keungan dan bisa mengatur keuangan akan sia-sia tanpa ada pantauan. Monitoring dan cek progress selalu diperlukan agar dapat dipastikan bahwa seseorang terus berada di jalur yang benar. Hal yang perlu dipantau atau dimonitoring adalah pendapatan, pengeluaran, jumlah tabungan, investasi, hingga utang. Pastikan semuanya masih dalam titik keseimbangan dalam menjalani hidup yang nyaman. Jika salah satunya sudah melewati batas, utang terlalu banyak misalnya, maka hal ini harus dihentikan dengan cara segera melunasi utang tersebut.

Itulah 10 tips ampuh untuk mengelola keuangan. Pada dasarnya, semua orang bisa mengelola keuangan dengan baik. Hanya saja hal itu perlu dibiasakan. Practice makes perfect, right?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tips ampuh untuk mengelola keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
Strategi Cara Keluar dari Utang
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Kesalahan Mengatur Keuangan yang Umum Terjadi
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Aturan Finansial Pribadi yang Tidak Boleh Dilanggar
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Tagihan Mana yang Harus Dibayar Dulu?


Bagikan Ke Teman Anda