Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

13 Cara Membuang-membuang Uang

Membuang-buang uang tak selamanya dengan menghabiskan sekian puluh juta dalam satu waktu. Bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya bernilai kecil namun rutin Anda keluarkan setiap hari, sebenarnya sama saja dengan mengorbankan uang yang semestinya masuk ke tabungan Anda. Ada sejumlah hal yang bisa berpotensi sebagai money waster atau pembuangn uang. Berikut beberapa hal tersebut:

1. Rokok

Sudah cukup banyak yang membicarakan bahwa bahan dengan kandungan nikotin tinggi ini adalah pembuang uang. Bayangkan jika uang merokok sebungkus adalah Rp 20.000 sehari, Anda bisa mengakumulasikan berapa jumlah uang rokok dalam setahun. Jumlah tersebut masih dalam hitungan kasar. Bahkan ada yang sampai merokok dengan jumlah 2-3 bungkus per hari.

Jumlah tersebut belum termasuk tagihan medis yang mungkin akan Anda tanggung dari kebiasaan buruk ini. Perokok berat memang berpeluang memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru. Bahkan risikonya lebih besar 24,4% dibandingkan yang bukan perokok.

2. Membuang Sisa Makanan

Menurut laporan Departemen Sumber Daya Alam Amerika, rata-rata masyarakat negara tersebut membuang sekitar 25% makanan dan minuman. Beberapa mengatakan bahwa membuang sisa makanan atau tidak memakannya lagi di hari berikutnya adalah sebuah pemborosan uang yang sangat buruk.

3. Biaya-biaya Bank

Memang menyimpan uang di bank sangat membantu kita dalam berbagai hal. Akan tetapi ada banyak biaya yang akan kita pikul. Mulai dari biaya bulanan, biaya transfer antar bank, biaya kartu kredit, dan masih banyak lagi. Selektif memilih bank yang tidak terlalu besar membebankan biayanya ke nasabah merupakan solusi yang bisa Anda coba.

4. Biaya untuk Memanaskan/Mendinginkan Ruangan

Banyak rumah yang dibangun dengan sirkulasi buruk bahkan bisa dikatakan ‘asal jadi’. Hal ini menyebabkan orang-orang mesti membayar untuk memanaskan atau mendinginkan ruangannya.

5. Bolos Kelas/Sekolah

Bolos kelas atau sekolah sama saja membuang-buang uang. Bagaimana tidak, Anda harus membayar sejumlah uang untuk biaya pendidikan. Bahkan ada yang mengajukan pinjaman siswa dengan jumlah cukup besar. Jadi jika membolos kelas/sekolah, maka Anda benar-benar membuang-buang uang yang tentu saja sangat merugikan.

6. Makanan dan Minuman di Toserba Pombensin

Ketika sedang bepergian, membeli makanan dan minuman di pom besin tampaknya menjadi hal yang praktis. Namun pernahkan Anda menghitungnya secara cermat? Toko yang ada di SPBU cenderung menaikkan harga-harganya. Tentu saja Anda mesti membayar lebih banyak jika dibandingkan dengan toko umum lainnya.

Memang untuk situasi tertentu seperti misalnya Anda sedang kelaparan berat atau tidak ada toko lain di area terdekat, membeli makanan dan minuman di toserba pom bensin juga bukan opsi yang buruk.

7. Lotre

Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk disambar petir dibandingkan kemenangan lotre. Memang ada yang menerapkan strategi bermain dengan taruhan besar untuk mendapatkan kemenangan yang besar. Namun selamanya cara tersebut bukanlah strategi yang tepat.

Tetap batasi diri Anda hanya untuk nominal kecil jika memang harus bermain lotre. Jangan sampai hanya untuk mendapatkan sensasi bermain, pada akhirnya harus mengosongkan rekening bank Anda.

8. Membeli Makanan yang Sebenarnya Bisa Dibuat di Rumah

Sebenarnya ada banyak makanan yang sebenarnya bisa dibuat di rumah. Misalnya sandwich, nasi goreng, kentang goreng, bahkan kopi latte yang begitu nikmat. Cobalah untuk membuat makanan sederhana tersebut. Jika dibandingkan membeli di luar, sebenarnya membuatnya sendiri akan jauh lebih hemat.

9. Makan di Luar Terlalu Sering

Bukan berarti Anda tidak boleh makan di luar. Namun cobalah untuk mengurangi intensitasnya. Memang terkadang kita perlu refreshing dengan mencoba kuliner di luar. Namun jangan lupa untuk tetap membudayakan makan di rumah karena jauh lebih hemat dan sehat.

10. Air Minum Kemasan

Memang nominal untuk membeli air minum kemasan terbilang kecil. Namun jika Anda terbiasa membeli air minum kemasan, sebenarnya sama saja dengan membuang-buang uang. Di sejumlah negara, air keran sebenarnya sudah diolah sedemikian rupa sehingga bisa diminum langsung. Tentu akan lebih menghemat pengeluaran jika Anda membiasakan diri untuk membawa botol minuman sendiri dari rumah.

11. Bunga Bank

Bayarlah tagihan dan bunga bank secepat mungkin. Jangan sampai membiarkan bunga menumpuk. Terlebih bagi para pengguna kartu kredit. Jika sebenarnya tidak mampu membeli sesuatu secara tunai, lebih baik urungkan niat Anda untuk menggesekkan kartu tersebut.

Mungkin untuk beberapa kalangan kartu kredit sangat membantu. Namun terapkan mindset bahwa membeli sesuatu dengan kartu kredit sama saja berhutang. Di kemudian hari Anda harus membaar hutang tersebut beserta bunganya yang tidak sedikit.

12. Tisu Toilet

Satu ton tisu toilet sama dengan menghabiskan 17 pohon serta air sebanyak 20.000 galon. Di Amerika Serikat, sekitar 3.000 ton kertas toilet diproduksi setiap hari. Tentu Anda bisa berhitung berapa total pohon atau air yang digunakan untuk mengeringkan tangan. Anda bisa membeli tisu toilet yang bisa digunakan kembali.

Di Amerika harga tisu yang bisa digunakan kembali ini sekitar $13 untuk 12 bungkus. Cukup cuci dan keringkan lagi jika tisu tersebut kotor.

13. Tagihan Ponsel Pasca Bayar

Coba luangkan waktu Anda untuk memeriksa tagihan ponsel bulanan. Bisa jadi Anda mesti membayar lebih dari jumlah yang semestinya. Sebelum membuat perubahan pada paket telepon Anda, coba lihat secara seksama daftar penawarannya. Pindai fitur-fitur tambahan yang mesti Anda bayar.

Jika memang benar-benar tidak digunakan, sebaiknya beralih paket sehingga Anda tidak dikenai biaya membayar fitur tersebut yang notabene sama sekali tidak Anda gunakan.

Mungkin sekilas hal-hal diatas nominalnya begitu kecil. Namun jika diakumulasikan terlebih menjadi hal rutin bagi Anda, tentu bisa menjadi pembuang uang yang sangat sia-sia. Semoga bermanfaat.

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 13 cara membuang-membuang uang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengenal Pandemic Fatigue, Gejala, dan Cara Mengatasinya
Tips Keuangan untuk Anak Muda
7 Contoh Penggunaan Uang Secara Sia-sia
Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?
Cara Memperpanjang SIM Online
Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Buat Para Calon Orang Tua
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial
Persiapan Menghadapi Krisis Keuangan Pribadi
4 Langkah Sederhana Membuat Anggaran Keuangan Keluarga


Bagikan Ke Teman Anda