Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Hal Ini Dapat Membuat Anda Menjadi Semakin Cerdas

Banyak orang yang menyangka bahwa kecerdasan adalah pemberian dari Tuhan sejak dalam kandungan. Ada orang-orang yang memang terlahir dengan cerdas, ada pula yang tidak berbakat untuk menjadi cerdas. Stereotip ini membuat sebagian orang yang merasa bahwa dirinya kurang cerdas menjadi pasrah dan malas untuk menggali potensi dalam dirinya. Tapi siapa sangka bahwa kecerdasan bisa diciptakan dan ditingkatkan.

Kevin McGrew, pemimpin Institute for Applied Psychometrics mengungkapkan bahwa ada dua jenis kecerdasan, yaitu kecerdasan biologis dan kecerdasan psikometri. Kecerdasan psikometri biasanya diukur dengan nilai IQ. Meskipun begitu, nilai IQ ternyata bukanlah ukuran yang sempurna untuk memperkirakan kecerdasan seseorang. Di samping itu, kecerdasan biologis sendiri adalah kecerdasan yang sangat berhubungan dengan efisiensi saraf. Riset menggunakan neurotechnologies memberikan hasil bahwa seseorang bisa melatih fungsi kognitifnya agar efisiensi saraf menjadi sempurna, sehingga dapat dikatakan bahwa kecerdasan biologis seseorang dapat ditingkatkan.

Setelah mengetahui bahwa kecerdasan bisa ditingkatkan, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar kecerdasan seseorang meningkat.

1. Puasa

Puasa telah dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak  hanya untuk kesehatan tubuh, puasa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Begini cara kerjanya. Saat rasa lapar melanda, hormon HGH dalam tubuh akan meingkat. Hormon HGH ini berfungsi untuk mengembalikan fungsi tubuh. Setelah 2 hari, tubuh akan beralih ke sumber energi terbaik untuknya, yaitu keton. Tubuh lalu bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama tanpa makanan, suplemen, bahkan vitamin.

Dua filsuf terkemuka di dunia, Plato dan Socrates bahkan berpuasa selama tujuh sampai sepuluh hari guna menciptakan fisik dan mental yang efisien. Filsuf lain, Pythagoras berpuasa selama 40 hari sebelum ia ujian di Alexandria. Ia juga memerintahkan murid-muridnya untuk berpuasa sebelum masuk kelas.

2. Olahraga

Banyak yang tidak percaya bahwa olahraga dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Namun kepercayaan tersebut dipatahkan oleh Justin Rhodes, Profesor Psikologi di University of Illinos,  yang menyatakan bahwa berolahraga dapat membuat kinerja otak semakin baik. Beliau menyatakan bahwa saat berolahraga, tekanan dan aliran darah akan meningkat ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Aliran darah yang meningkat tersebut akan membawa banyak oksigen dan energi ke otak, sehingga kinerja otak semakin baik.

Selain mempunyai manfaat yang baik untuk kecerdasan, olahraga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Jika diperhatikan, orang yang gemar berolahraga akan terlihat memiliki aura positif, terlihat lebih tenang, serta terlihat lebih bahagia. Christian Anderson, MS, seorang koordinator kebugaran University of San Francisco menyatakan bahwa olahraga dapat memaksimalkan fungsi otak dan sistem saraf sehingga pikiran menjadi lebih jernih, serta membuat seseorang menjadi tampil lebih bersemangat.

3. Banyak Membaca

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak membaca bisa meningkatkan kecerdasan. Membaca membuat otak mampu menyerap informasi secara cepat. Semakin banyak membaca, otakpun akan menjadi sering terlatih. Membaca juga sudah menjadi hobi orang-orang sukses. Seorang pramugari mengungkapkan bahwa selama ia bekerja, ia banyak menemukan bahwa selama di pesawat, penumpang kelas ekonomi umumnya lebih memilih bermain games atau menonton video, sedangkan orang dengan kelas bisnis memilih untuk bekerja dengan laptop mereka, dan orang dengan first class lebih memilih untuk membaca buku.

Tidak hanya membuat otak semakin cerdas, banyak membaca juga dapat meningkatkan rasa empati seseorang. Penelitian dari York University dan University of Toronto menyebutkan bahwa seseorang yang sering membaca cerita fiksi akan lebih bisa memahami orang lain, mempunyai rasa empati kepada orang lain, hingga mengerti bagaimana perspektif dari orang lain. Hal ini disebabkan karena novel dan cerita pendek dapat menjelaskan sifat serta cara pandang berbagai macam orang melalui karakter-karatkter dalam ceritanya.

4. Berteman dengan Orang Cerdas

Sebuah studi menunjukkan bahwa sifat seseorang sangat dipengaruhi oleh lima orang yang paling sering dibersamai. Tanpa sadar, alam bawah sadar seseorang dibentuk oleh apa yang ada di sekelilingnya. Terlebih untuk orang yang memiliki sifat open-minded. Orang open-minded akan lebih mudah dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, memilih teman-teman yang cerdas juga dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas.

Orang-orang cerdas memiliki kebiasan-kebiasaan yang berbeda dari orang-orang biasa. Orang-orang cerdas akan lebih memikirkan mengenai bagaimana ia bisa lebih berkembang, lebih produktif, dan langkah-langkah yang bisa ia lakukan untuk meraih kesuksesan. Obrolan bersama orang-orang cerdas pun akan berbeda dengan orang-orang biasa. Jika orang-orang biasa lebih memilih mengobrol mengenai gosip yang up to date, orang-orang cerdas biasanya memilih mengobrol tentang isu-isu sosial yang sedang berkembang, serta berdiskusi seputar pengembangan diri.

5. Memiliki Growth Mindset

Mindset, atau pola pikir, adalah sesuatu yang sangat penting bagi kepribadian seorang individu. Mindset mempengaruhi bagaimana seseorang melihat dunia, cara pikir seseorang, bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain, hingga bagaimana attitude seseorang. Carol Dweck, penulis buku psikologi terkenal, membagi mindset menjadi dua jenis. Dua jenis mindset tersebut adalah fixed mindset dan growth mindset. Fixed mindset mempercayai bahwa kecerdasan, kepribadian, kreativitas, kemampuan, dan kualitas seseorang adalah sebuah bawaan atau bakat dan tidak bisa diubah. Berbeda dengan fixed mindset, growth mindset mempercayai bahwa kecerdasan, kepribadian, serta kualitas-kualitas diri yang lain dapat ditingkatkan melalui usaha yang berkontinyu serta dari pengalaman hidup.

Memiliki growth mindset sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan seseorang. Growth mindset bukanlah hal bawaan yang memang dimiliki seseorang sejak dalam kandungan. Seseorang bisa memiliki growth mindset dengan berbagai cara, diantaranya belajar hal-hal baru tiap harinya, tidak punya rasa lelah menyerap ilmu-ilmu baru, dikelilingi dengan orang-orang yang memiliki growth mindset, menganggap kegagalan bukanlah sebuah kesalahn melainkan motivasi untuk terus maju, serta berusaha agar selalu terbuka pada hal-hal baru.

Itulah tadi 5 hal yang dapat dilakukan agar seseorang menjadi semakin cerdas. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kecerdasan seseorang bisa berubah, bahkan skor IQ-pun dapat berubah. Jadi, sudah tak sepatutnya seseorang merasa bodoh dan berhenti untuk meningkatkan kualitas diri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 hal ini dapat membuat Anda menjadi semakin cerdas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara-cara Menjadi Orang yang Berkarisma/Karismatik
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
7 Cara Cerdas Mengelola Keuangan
Mengapa Orang Yahudi Cerdas dan Israel Berkembang Cepat?
Bagaimana Menjadi Orang Beruntung?
9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri


Bagikan Ke Teman Anda