Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Alasan Mengapa Kita Harus Berhemat

Ada yang bilang hidup hemat sangat sulit dilakukan. Bahkan orang hemat sering dicap sebakai seseorang yang pelit. Padahal perilaku hidup hemat adalah sesuatu yang sangat positif. Disadari atau tidak, semua orang bersikap boros karena mereka selalu mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya.

Mungkin ada juga yang bilang pengeluaran banyak tidak masalah asalkan tidak melebihi jumlah pendapatan. Semakin banyak pengeluaran, maka semakin banyak pula uang yang harus didapatkan. Pola pikir seperti ini sulit merubah hidup Anda.

Sekarang coba bayangkan bagaimana jika Anda bisa hidup hemat dan bekerja lebih keras untuk meningkatkan pendapatan? Akan ada banyak hal-hal yang mengejutkan terjadi pada Anda. Ada banyak alasan mengapa Anda harus berhemat dalam hidup, tanpa menjadi pelit.

Gaya Hidup Hemat

Sebelum melangkah lebih jauh, konteks gaya hidup hemat harus dipahami terlebih dahulu. Dengan demikian Anda bisa membedakan antara hidup hemat dengan sikap pelit. Hidup hemat berarti hidup di bawah kemampuan Anda yang semestinya. Hal ini sangat penting jika Anda ingin lebih banyak menabung.

Dan menabung adalah langkah awal menuju kebebasan finansial. Ini artinya dengan berhemat Anda bisa mencapai kebebasan finansial, sesuatu yang diinginkan setiap orang. Hidup hemat mengajarkan Anda untuk lebih bijaksana dalam menggunakan uang dan tidak menghambur-hamburkannya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu.

Mengapa Harus Berhemat?

Anda yang punya penghasilan lebih, jauh lebih besar dari pengeluaran Anda yang sangat tinggi, mungkin tidak merasakan apa perlunya berhemat. Hidup hemat bukan hanya untuk mereka yang kekurangan uang saja. Anda yang punya uang lebih akan cepat menjadi kaya dengan berhemat.

1. Membantu Anda Membayar Hutang

Membayar hutang adalah prioritas bagi semua orang – mustahil orang hidup tanpa hutang. Hidup hemat membantu Anda untuk mencapai tujuan ini. Dan setelah Anda benar-benar terbebas dari hutang – cicilan rumah, pembayaran kartu kredit, atau pinjaman modal usaha – gaya hidup hemat yang Anda terapkan masih tetap Anda bawa.

Inilah keuntungan dari berhemat. Di awal akan terasa sangat berat, namun sekali Anda melakukannya berhemat akan menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Anda pasti tidak ingin hidup di bawah tekanan hutang bukan?

2. Menambah Waktu Santai

Setelah Anda sukses membayar hutang dengan menerapkan hidup hemat, beban hidup di kemudian hari akan terasa jauh lebih ringan. Anda tinggal membayar tagihan-tagihan kecil yang tidak sampai membuat Anda harus lembur selama berhari-hari di kantor. Anda bisa bekerja secara normal, pulang tepat waktu, dan punya lebih banyak waktu luang.

3. Meningkatkan Rasa Syukur

Salah satu manfaat terbesar dari hidup hemat adalah membuat Anda lebih bersyukur. Anda tidak lagi merasa kekurangan karena Anda selalu memanfaatkan apa yang Anda miliki. Misalnya, tetangga Anda baru membeli mobil. Tidak akan muncul keinginan berganti mobil karena Anda tahu Anda masih punya mobil lama yang bisa berfungsi dengan sangat baik. Anda tidak akan mudah larut dalam tren yang sedang berkembang, yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan lebih banyak uang.

4. Menikmati Pensiun Dini

Di usia 60 atau 70 tahun, manusia tidak akan mampu lagi bekerja. Kekuatan tubuh dan kesehatan mereka mulai menurun, sehingga mau tidak mau mereka harus pensiun. Impian orang tua yang pensiun adalah mengisi waktu dengan berkebun, bepergian, dan bersama cucu.

Tapi itu semua sulit dilakukan jika Anda banyak membuang uang Anda untuk sesuatu yang kurang penting di masa muda. Seseorang yang terbiasa hidup boros, maka sampai tua ia akan sulit berhemat. Di saat kemampuan Anda untuk mencari uang tidak sama lagi, gaya hidup Anda masih sama.

Berbeda dengan orang yang berhemat. Mereka memiliki cukup tabungan untuk pensiun dini dan uang yang mereka miliki cukup untuk menutup biaya hidup di masa tua. Orang-orang yang berhemat dapat menikmati masa tua mereka dengan tenang dan nyaman.

5. Meninggalkan Warisan Pada Anak

Tidak semua orang tua bisa memberi peninggalan pada anak mereka jika sesuatu yang buruk terjadi secara tiba-tiba. Pengeluaran yang menumpuk dan terus menerus membuat seseorang sulit berinvestasi dan menabung. Namun orang yang bisa berhemat selalu menemukan celah untuk menabung sedikit uang, meski kondisi ekonomi sedang Berantakan.

Jika Anda punya sedikit tabungan untuk ditinggalkan, Anda tidak lagi khawatir saat sesuatu yang buruk menimpa Anda. Apalagi jika anak-anak Anda masih di bawah umur dan memerlukan biaya pendidikan besar.

6. Menekan Stres

Menjalani hidup tanpa merasakan stres akibat kondisi perekonomian Anda adalah sesuatu yang sulit dibayangkan. Namun bukan berarti hal itu mustahil. Dengan berhemat, pundi-pundi tabungan dan investasi semakin membesar.

Impian Anda untuk pensiun dini, melunasi hutang, dan mempersiapkan masa depan akan terwujud secara perlahan. Dengan demikian, jiwa Anda akan merasakan ketenangan dan Anda pun terbebas dari stres. Menurut sebuah penelitian tahunan yang dilakukan Asosiasi Psikologis Amerika, aspek yang paling banyak menyebabkan stres pada seseorang adalah kondisi finansial mereka.

7. Mempercepat Kaya

Menjadi kaya adalah pencapaian finansial terbesar bagi setiap orang. Tentu saja jalan menuju kaya tidak mudah. Salah satu yang bisa membantu Anda kaya lebih cepat adalah dengan berhemat. Orang hemat tahu betapa besar nilai waktu yang dimiliki dan uang yang mereka hasilkan. Mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk memangkas pengeluaran, bahkan untuk hal-hal yang sifatnya krusial. Bagi mereka, yang terpenting bukanlah gaya hidup mewah namun berinvestasi dan menabung untuk menambah kekayaan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 alasan mengapa kita harus berhemat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Kita Menggunakan Barang Produksi Dalam Negeri?
Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Apa Beda antara Pelit dan Hemat?
Mengapa Menjadi Kaya Begitu Sulit? Ini Alasannya!
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Sebagian Besar Pemenang Lotre Jatuh Miskin! Mengapa?
Berikut Tips Menghemat Listrik
Kebiasaan Baik yang Akan Membuatmu Berhemat Banyak
Tip Hidup Hemat dan Tidak Boros


Bagikan Ke Teman Anda