Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses

Menuju kesuksesan dalam hidup bukanlah perkara mudah. Nyatanya, banyak orang yang pandai namun justru gagal. Di saat yang sama, ada orang yang tidak begitu oandai namun justru meraih keberhasilan dalam waktu singkat. Untuk mencapai sebuah kesuksesan, kepintaran bukanlah satu-satunya hal yang penting. Lebih dari itu, Anda harus memiliki soft skill.

Soft skill adalah sebuah ketrampilan yang tidak bisa diukur dengan nilai dan bisa berubah sewaktu-waktu. Namun justru hal inilah yang sangat menentukan keberhasilan. Soft skill sangat berpengaruh dalam membangung relasi dan menciptakan banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Kecerdasan yang tinggi percuma jika tidak diimbangi dengan soft skill yang mumpuni. Berbicara mengenai soft skill, jenis ketrampilan apa saja yang harus dimiliki seseorang untuk bisa mencapai kesuksesan?

  • Komunikasi

Dalam dunia kerja atau bisnis, ketrampilan untuk berkomunikasi adalah hal terpenting. Melalui komunikasi, Anda bisa menjalin hubungan dengan orang lain dan melalui hal itu pula orang lain akan menerima Anda. Dengan menjadi seseorang yang komunikatif, Anda akan lebih produktif. Kemampuan untuk memahami sebuah konsep, bagaimana menjalankan, dan kepada siapa konsep tersebut diimplementasikan akan mengantarkan Anda menuju sebuah keberhasilan.

  • Kerjasama

Kesuksesan sebuah bisnis dan perusahaan bukanlah kerja satu orang saja, melainkan banyak orang yang bekerja untuk meraik tujuan yang sama. Kerjasama dengan rekan kerja dapat meningkatkan kualitas kerja dan mempercepat jalan menuju keberhasilan. Ketimbang menganggap seorang rekan kerja sebagai saingan, lebih baik saling membantu untuk mencapai tujuan.

  • Bersosialisasi

Keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam bersosialisasi. Jika seseorang mampu bersosialisasi dengan baik, ia bisa bekerja dengan siapa saja dan memperluas jaringannya. Selain itu ia mampu menyesuaikan diri dengan rekan kerja, teman, klien, dan orang asing dalam situasi formal maupun informal.

Latihlah kemampuan bersosialisasi dengan banyak bertemu orang baru dan mempelajari bagaimana cara mereka berbicara dengan orang lain. Berlatih public speaking juga dapat membantu melatih sosialisasi dengan orang lain.

  • Menyesuaikan dengan Keadaan

Segala sesuatu terkadang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Pada titik itulah seseorang diuji, apakah ia akan terpuruk dalam keadaan atau mampu bangkit dan menemukan alternatif solusi yang lain. Tren terus berubah dan seringkali mendadak. Pada saat inilah seseorang harus bisa membaca situasi dengan cepat dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Biasakan diri dengan perubahan melalui kemauan untuk selalu belajar. Misalnya saja mempelajari teknologi baru yang ada, tidak menyesali apa yang telah terjadi kemarin dan bersemangat untuk menghadapi berbagai tantangan baru.

  • Menyelesaikan Masalah

Masalah akan selalu muncul dalam pekerjaan. Pilihannya hanya ada dua: mencari solusi atau mengeluh dengan semua masalah yang ada. Bertindak tentu saja adalah pilihan yang bijak. Seseorang yang bergerak untuk mencari solusi akan keluar sebagai yang terbaik. Merekalah yang akan memimpin perubahan dan menghadapi masalah yang ada.

Anda harus terbiasa untuk muncul dengan berbagai solusi atas semua masalah, bukan menambah masalah dengan berbagai keluhan yang tidak penting. Tenangkan diri dan pikirkan dengan matang tentang masalah yang sedang dihadapi.

  • Berpikiran Kritis

Soft skill lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk berpikir kritis. Semua peluang dan masalah tidak ada artinya jika Anda tidak mampu menginterpretasikan dengan baik. Seseorang yang mampu berpikir kritis hadir dengan pandangan-pandangan baru, menawarkan solusi dan pemikiran yang intuitif demi kemajuan bisnis dan perusahaan.

Latih kemampuan berpikir kritis dengan menganalisa informasi, mulai dari yang paling sederhana. Misalnya saja mengidentifikasi perilaku rekan kerja. Perhatikan apakah bos Anda selalu meminta laporan mingguan, bagaimana reaksinya terhadap masalah yang muncul, dan bagaimana cara terbaik untuk menghadapinya.

  • Resolusi Konflik

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan orang, konflik adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Diperlukan seseorang yang mampu menjadi penengah dan pencipta kedamaian. Kemampuan untuk meresolusi konflik adalah kualitas dalam memimpun yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang.

Jika Anda berperan sebagai mediator dalam sebuah diskusi, manfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan pendekatan yang intensif terhadap konflik yang terjadi. Libatkan kedua pihak yang berkonflik untuk menemukan solusi yang paling tepat.

  • Kepemimpinan

Sekalipun Anda bukan pemimpin di tempat kerja, Anda harus memiliki jiwa kepemimpinan. Semua orang membutuhkan figur seperti ini di dalam tim sebagai motor penggerak. Anda dapat mempengaruhi pemikiran dan pendapat rekan kerja dengan visi-visi yang Anda tawarkan dan kepercayaan diri saat memaparkannya. Seseorang dengan jiwa kepemimpinan tinggi akan lebih menonjol dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain.

Jangan menganggap bahwa menjadi pemimpin berarti memiliki kuasa untuk menyuruh orang lain melakukan apapun yang Anda inginkan. Seorang pemimpin selalu siap untuk membantu dan menginspirasi orang lain untuk mencapai potensi mereka secara maksimal. Misalnya Anda memiliki kesempatan menjad manajer atau supervisor, maka Anda harus bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menunjukkan kemampuan diri Anda yang sesungguhnya.

  • Mendengarkan Orang Lain

Meski hal ini terlihat sederhana, banyak orang yang kesulitan mendengarkan orang lain. Baik itu berupa saran-saran yang membangun atau presentasi. Mendengarkan berarti mencurahkan seluruh perhatian dan fokus pada suatu hal dan mencoba memahaminya sebaik mungkin. Dengan mendengarkan secara teliti akan membantu Anda untuk menyerap pesan apa yang coba disampaikan oleh orang lain.

Kebanyakan orang tidak bisa mendengarkan orang lain dengan baik dan justru berujung pada kerugian diri mereka sendiri. Ada banyak informasi yang bisa diserap jika Anda mau mendengarkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 soft skill yang harus dimiliki agar sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Kamu Lebih Menyala
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!


Bagikan Ke Teman Anda