Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Seorang Sales Gagal dalam Menjual

Sales memegang posisi yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Mereka harus bisa memenuhi target perusahaan dan mendapatkan klien sebanyak mungkin agar keuntungan terus meningkat. Tanpa seorang sales yang baik, akan sulit bagi perusahaan untuk dapat berkembang.

Bisa dikatakan, sales adalah motor utama penggerak sebuah perusahaan. Dari hasil penjualan yang dihasilkan oleh sales, keuntungan, pertumbuhan, bahkan kesuksesan perusahaan dapat dilihat.

Namun ada kalanya mesin penggerak ini mengalami kegagalan dan berimbas pada performa perusahaan. Apa yang menjadi penyebab kegagalan ini? Inilah beberapa poin penting yang menjadi alasan mengapa orang sales gagal menjual.

  • Tidak Mendengarkan Klien dengan Baik

Berbicara dengan baik memang menjadi syarat utama bagi seorang sales agar sukses menjual. Sayangnya, mereka terlalu fokus menjadi pembicara yang baik sehingga gagal menjadi pendengar yang baik. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan tentang produk yang mereka jual tanpa mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh klien mereka.

Sales yang baik seharusnya mampu mendengarkan kliennya dengan baik, memberikan apa yang dibutuhkan oleh klien sehingga mereka mampu menutup penjualan dengan cepat.

  • Tidak Memahami Pentingnya Nilai Suatu Produk

Dalam menjual sebuah produk, seorang sales harus memahami nilai dari produk tersebut. Namun tidak semua sales memahami hal ini sehingga mereka cenderung menekan customer untuk menyelesaikan transaksi pembelian sesegera mungkin tanpa menjelaskan secara rinci mengapa mereka harus membeli produk tersebut dan apa pentingnya bagi mereka.

Menjelaskan nilai sebuah produk kepada customer sangat penting agar mereka tidak merasa dirugikan atas pembelian yang telah dilakukan. Pastikan sales telah memahami keseluruhan nilai produk yang mereka jual sebelum mulai menarik customer.

  • Mempunyai Banyak Ketakutan

Sudah seharusnya seorang sales mempunyai keberanian yang lebih untuk menawarkan produk mereka kepada calon customer. Kebanyakan sales mengutamakan ketrampilan berbicara, sehingga tidak jarang para customer justru merasa terganggu oleh mereka.

Sales yang tidak berani mengejar customer hingga menutup penjualan tidak akan bertahan lama pada posisi tersebut. Jangan takut untuk menelepon mereka berulang kali, mendekati mereka di setiap kesempatan yang ada, dan berani untuk bertanya pada mereka. Jika seorang sales tidak bisa mengatasi semua ketakutan tersebut, sudah saatnya ia berpindah ke pekerjaan yang baru.

  • Siklus Penjualan yang Panjang

Ada satu alasan mengapa orang sales gagal menjual yang jarang diperhatikan: jenis produk yang mereka jual. Mudah atau tidaknya pekerjaan seorang sales memang bergantung pada produk yang mereka jual.

Misalnya saja, seorang sales mobil hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk menutup penjualan produknya. Berbeda dengan seorang sales telekomunikasi yang harus menjual produknya pada sebuah perusahaan. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk memproses penjualan tersebut, mulai dari tahap pembukaan hingga ditutup.

Inilah yang membuat performa setiap sales berbeda.

  • Kurangnya Tindak Lanjut

Agar sebuah penjualan berhasil, seorang sales harus menindak lanjuti penawaran produk yang mereka lakukan pada calon customer. Namun hanya sedikit saja sales yang mampu memprospek customer hingga menutup penjualan. Menurut sebuah riset ekonomi, setidaknya diperlukan 8 hingga 12 kali telepon lanjutan sebelum sebuah penjualan bisa berhasil.

  • Fokus Pada Hal yang Negatif

Menjadi sales bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Itulah mengapa saat mereka tidak berhasil melakukan penjualan, banyak sekali hal yang dikeluhkan: tidak ada leads yang bagus, industri perusahaan sedang memburuk, dan masih banyak lagi.

Mengeluh memang sangat mudah dilakukan, namun tidak akan membawa hasil apa-apa. Seorang sales yang baik akan menyingkirkan semua hal negatif tersebut dan lebih fokus pada usaha dan keberhasilan. Ingatlah bahwa tidak ada keberhasilan yang bisa diraih dengan cara yang mudah.

  • Tidak Menetapkan Target Harian

Sales memiliki target kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kebanyakan dari mereka hanya berpatokan pada satu target besar tersebut tanpa memikirkan target harian untuk mencapainya. Target harian, mingguan, dan bulanan, tentu saja harus dibuat oleh sales itu sendiri agar mereka bisa meraih keberhasilan yang lebih besar.

Seorang sales harus menetapkan target harian yang meliputi prospek, menelepon customer, pitching customer baru, dan melakukan follow up pada customer lama. Jika sales tidak mampu menetapkan target kecil untuk diri mereka sendiri, mustahil mereka dapat mencapai target yang lebih besar.

  • Tidak Memahami Produk dengan Baik

Kunci kesuksesan dalam dunia penjualan adalah memahami porduk luar dan dalam, memahami persaingan antar produk serupa, dan memahami apa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Hal ini penting bagi seorang sales agar mereka dapat memberikan penawaran yang lebih baik.

Customer tidak akan berhenti hanya pada seorang sales saja. Mereka akan mencari sales yang mampu mempromosikan produk dengan baik beserta berbagai kelebihan yang ada.

  • Tidak Bisa Menjiwai Peran dengan Baik

Alasan terbesar mengapa seorang sales gagal dalam penjualan adalah karena mereka tidak pernah benar-benar menjiwai pekerjaan mereka dengan baik. Publik memiliki sentimen negatif terhadap sales, dan banyak dari mereka yang terbebani dengan hal tersebut. Itulah mengapa banyak orang tidak menanggapi promosi seorang sales dengan sikap yang ramah.

Seorang sales yang baik akan menjiwai pekerjaan mereka, memahami peran yang harus mereka jalankan untuk perusahaan tempat mereka bekerja, untuk keluarga mereka, dan untuk calon customer mereka. Singkatnya, seorang sales harus bisa mencintai pekerjaan yang mereka lakukan agar mereka bisa berhasil.

Setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, terutama sales yang harus berhubungan dengan banyak pihak. Sama seperti kunci keberhasilan pada umumnya, kerja keras dan mentalitas yang kuat harus dimiliki oleh para sales.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan seorang sales gagal dalam menjual, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip untuk Seorang Sales? Simak Masukan Berikut
Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Adakah Negara yang Gagal Membayar Utang Negara? Ini Dia Daftarnya!
Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Trik Psikologi yang Digunakan Supermarket untuk Menarik Pelanggan
Faktor Apa yang Menyebabkan UMKM Gagal?
Alasan Ini yang Membuat Kebanyakan Bisnis Baru Gagal
Apa itu Bank Gagal Berdampak Non-Sistemik?
Tip Sukses Membuat ‘Garage Sale’ Sendiri


Bagikan Ke Teman Anda