Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Employee Stock Option Program?

Karyawan memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Tak hanya sebagai pelaksana core business perusahaan saja, tetapi juga sekaligus mitra kerja internal yang turut menentukan kemajuan dan kesuksesan perusahaan.

Saking pentingnya peran karyawan, bahkan tak sedikit perusahaan yang menganggap karyawan sebagai bagian dari ‘aset’ perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan memberikan kompensasi atas dedikasi, loyalitas, dan kinerjanya dalam bentuk reward berupa opsi saham karyawan (employee stock option).

Apa itu Employee Stock Option?

Employee stock option atau opsi saham karyawan merupakan jenis kompensasi ekuitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dan jajaran eksekutifnya atas jasa dan kinerjanya dalam memajukan perusahaan.

Reward berupa opsi saham karyawan ini bukan dalam bentuk memberikan saham secara langsung, melainkan perusahaan memberikan hak kepada karyawan guna membeli saham perusahaan dengan harga tertentu untuk periode waktu yang terbatas. Persyaratan mengenai opsi saham karyawan ini biasanya dijabarkan dalam perjanjian.

Sebagai suatu reward atau manfaat, opsi saham sering kali dikaitkan dengan perusahaan pemula yang akan go public. Perusahaan-perusahaan pemula yang sedang proses go public umumnya menerbitkan opsi saham untuk memberikan penghargaan kepada karyawan.

Bentuk penghargaan ini diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang mengalami perkembangan pesat sebagai bentuk insentif bagi karyawan yang bekerja dalam meningkatkan nilai saham perusahaan.

Selain itu, opsi saham juga berfungsi sebagai insentif agar karyawan tetap bekerja di perusahaan terkait. Opsi saham ini bisa dibatalkan apabila karyawan resign dari perusahaan. Berbeda dengan saham pada umumnya, opsi saham karyawan ini tidak termasuk dividen atau hak suara.

Perusahaan memberikan opsi saham karyawan apabila saham perusahaan naik di atas harga pelaksanaan. Ketika harga saham naik, opsi panggilan dilaksanakan dan pemegang saham akan memperoleh saham perusahaan dengan harga diskon. Dalam kondisi ini, pemegang saham dapat memilih untuk menjual sahamnya di pasar terbuka guna mendapatkan keuntungan, atau tetap mempertahankan kepemilikan saham dari waktu ke waktu.

Dasar-dasar Employee Stock Option

Pada prinsipnya karyawan berhak mendapatkan tunjangan atas jasa, dedikasi, loyalitas, dan kinerja yang telah diberikannya kepada perusahaan. Bicara tentang tunjangan, perusahaan yang mengalami perkembangan pesat bisa memberikan tunjangan dalam beragam bentuk, termasuk rencana kompensasi finansial dalam bentuk ekuitas saham.

Opsi saham karyawan menjadi salah satu jenis kompensasi ekuitas yang mungkin ditawarkan perusahaan. Selain itu, perusahaan bisa memberikan kompensasi ekuitas lainnya dalam bentuk:

  • Hibah saham terbatas, yakni jenis kompensasi di mana karyawan memiliki hak untuk memperoleh atau menerima saham apabila memenuhi kriteria atau persyaratan yang ditentukan, misalnya telah mencapai masa kerja selama puluhan tahun, atau telah memenuhi target kinerja yang ditentukan.
  • Stock Appreciation Rights (SARs), yakni jenis kompensasi yang memberikan hak kepada karyawan untuk meningkatkan nilai sejumlah saham yang ditentukan, di mana kenaikan nilai tersebut bisa dibayarkan dalam bentuk tunai atau saham perusahaan.
  • Phantom stock, yaitu jenis kompensasi berupa bonus tunai di masa depan yang nilainya setara dengan sejumlah saham yang ditentukan. Kompensasi ini umumnya tidak diikuti dengan pengalihan kepemilikan saham yang sah, meskipun phantom stock dapat dikonversi menjadi saham aktual, apabila peristiwa pemicu yang ditentukan terjadi.
  • Rencana pembelian saham karyawan, yaitu jenis kompensasi yang memberikan karyawan hak untuk membeli saham perusahaan, dengan harga diskon.

Jenis-jenis Employee Stock Option

Secara garis besar, employee stock option atau opsi saham karyawan dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu:

  • Opsi saham insentif, atau dikenal juga dengan opsi hukum atau memenuhi syarat. Jenis opsi saham ini umumnya hanya ditawarkan kepada karyawan kunci atau manajemen puncak saja. Karyawan yang menduduki jabatan penting dalam jajaran manajerial menerima perlakuan pajak preferensial dalam banyak kasus, di mana keuntungan dari opsi tersebut diperlakukan sebagai keuntungan modal jangka panjang.
  • Opsi saham yang tidak memenuhi syarat, diberikan kepada karyawan di semua tingkatan atau lini perusahaan, termasuk anggota dewan dan konsultan perusahaan. Jenis opsi saham ini dikenal pula sebagai opsi saham non-statutory, di mana keuntungannya dianggap sebagai pendapatan biasa dan dikenakan pajak seperti pada umumnya.

Manfaat Employee Stock Option

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menghargai karyawannya sesuai dengan kinerja yang telah diberikan untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan. Maka dari itu, pemberian kompensasi finansial dalam bentuk ekuitas saham merupakan hal yang wajar, dan karyawan berhak untuk mendapatkannya.

Pemberian kompensasi ekuitas dalam bentuk opsi saham tentu memiliki manfaat bagi karyawan. Adapun manfaatnya sebagai berikut.

  • Berkesempatan untuk berbagi langsung dalam kesuksesan yang telah diraih perusahaan melalui kepemilikan saham.
  • Karyawan akan semakin termotivasi untuk menjadi lebih bersemangat dan produktif, bahkan merasakan kebanggaan tersendiri karena memiliki saham di perusahaan.
  • Memberikan representasi nyata tentang besarnya kontribusi karyawan yang begitu bernilai bagi perusahaan.
  • Menawarkan potensi penghematan pajak saat penjualan atau pelepasan saham, namun hal ini tergantung pada rencananya.

Tak hanya bermanfaat bagi karyawan, pemberian opsi saham juga bermanfaat bagi perusahaan selaku pemberi kerja.

  • Kunci untuk merekrut karyawan terbaik dalam ekonomi global yang semakin terintegrasi, di mana perusahaan-perusahaan di seluruh dunia saling bersaing untuk mendapatkan talenta terbaik.
  • Mendorong peningkatan kepuasan kerja dan tingkat kesejahteraan karyawan karena memberikan insentif finansial yang menguntungkan.
  • Memacu karyawan untuk bekerja dengan lebih baik guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan perusahaan yang pesat, sehingga mampu meraih kesuksesan.

Konsep penting dalam Employee Stock Option

Dalam konsep employee stock option terdapat dua kunci utama yakni karyawan sebagai penerima dan perusahaan sebagai pemberi kerja. Pemberian opsi saham biasanya dengan batasan tertentu selama periode vesting.

Periode vesting merupakan lamanya waktu yang harus ditunggu oleh karyawan agar dapat menggunakan opsi saham mereka. Pemberlakuan periode vesting ini dimaksudkan sebagai penilaian oleh perusahaan dalam memberikan insentif kepada karyawan yang bekerja dengan baik dan bertahan dengan perusahaan. Jadwal vesting ditentukan oleh perusahaan ketika memberikan opsi saham.

Employee stock option merupakan hak karyawan untuk menggunakan opsi dan membeli saham perusahaan. Namun, untuk menggunakan opsi tersebut, karyawan harus menunggu. Artinya opsi saham tidak sepenuhnya menjadi hak, meski telah menggunakan opsi saham. Sebab, perusahaan bisa jadi tidak ingin mengambil risiko karyawan memperoleh keuntungan lebih cepat dan kemudian meninggalkan perusahaan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu employee stock option program, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tipe-Tipe Bond (Obligasi)
Apa itu Capital Loss? Definisi Capital Loss
Cara Menghitung Asset Turnover Ratio
Apa itu Annual Return?
Apa itu Revenue Per Employee?
Untung Rugi Investasi Emas
Apa itu Average Down Dalam Investasi?
Apa Itu Acting in Concert?
Cara Investasi Emas
Apa Itu Price Earning Growth Ratio atau Rasio PEG?


Bagikan Ke Teman Anda