Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Valas? Definisi Valuta Asing

Valuta asing atau foreign exchange juga disebut sebagai valas. Valas merupakan mata uang yang diterima, dipakai, dan diakui untuk dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan secara internasional. Valas sendiri memiliki fungsi dan berbagai jenis yang berlaku. Berikut adalah ulasan mengneai definisi, fungsi, dan jenis-jenis valas.

Definisi Valas

Pada dasarnya istilah valuta asing atau valas pasti sudah sering terdengar, tetapi tidak semua orang paham mengenai valas itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut ada banyak ahli yang mengeluarkan pendapat mengenai apa itu pengertian valas. Diantaranya adalah Jose Rizal Joesoef, Lees, dan Hamdy Hadi.

  1. Eng, Lees, dan Mauler

Eng, Lees, dan Mauler berpendapat bahwa valas merupakan salah satu jenis mata uang asing yang berperan sebagai klai keuangan atau bertindak sebagai aset dalam suatu perusahaan yang berbentuk mata uang asing.

  1. Jose Rizal Joesoef

Joesoef mengatakan bahwa valas adalah mata uang asing yang dapat digunakan menjadi alat pembayaran di luar negeri.

  1. Hamdy Hadi

Hamdy Hadi berpendapat bahwa valas adalah mata uang asing yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran dalam membiayai setiap transaksi di bidang ekonomi keuangan internasional dan mempunyai catatan kurs resmi atas bank sentral.

Berdasarkan hal tersebut maka valuta asing dapat diartikan sebagai bagian dari devisa suatu negara. Devisa sendiri merupakan seluruh kekayaan miliki suatu negara yang berada di negara lain dalam berbagai wujud, misalnya barang, jasa, atau jenis mata uang yang berfungsi sebagai alat perdagangan antar negara.

Valas yang paling sering digunakan adalah mata uang milik negara yang memiliki peran besar dalam perekonomian semua negara lain. Salah satu contohnya adalah Dollar. Selain itu ada Euro, Yen, Poundsterling, Dollar Australia, dan Franc Swiss.

Fungsi Valuta Asing

Valas memiliki peran yang sangat penting terhadap setiap negara untuk melaksanakan hubungan perdagangan luar negeri. Berdasarkan hal tersebut, maka valas memiliki fungsi tersendiri terhadapan hubungan perdagangan suatu negara. Adapun fungsi valas terdiri atas empat poin yaitu:

  1. Sebagai alat tukar internasional

Valas berfungsi sebagai perantara atau alat untuk menukar barang dan jasa dari suatu negara terhadap negara lain. Sebagai contoh ketika negara Indonesia hendak membeli barang atau jasa dari negara Jepang, maka alat pembayaran yang digunakan bukan dalam mata uang rupiah. Melainkan menggunakan valuta asing.

  1. Sebagai alat pembayaran internasional

Valas juga berfungsi sebagai alat untuk membayar utang ketika suatu negara memiliki utang terhadap negara lain. Baik itu merupakan pembayaran utang dengan cara cicil ataupun bunga dari utang tersebut semuanya harus menggunakan valuta asing.

  1. Sebagai alat pengendali kurs

Fungsi lain dari valas adalah untuk mengendalikan kurs mata uang suatu negara terhadap mata uang asing. Kurs sendiri jika diartikan secara sederhana adalah perbandingan nilai mata uang yang dimiliki suatu negara terhadap nilai mata uang yang dimiliki negara lain. Oleh karena merupakan perbandingan, maka kurs dapat berubah menjadi kuat atau lemah tergantung kondisi negara.

  1. Sebagai alat untuk memperlancar perdagangan internasional

Fungsi terakhir dari valas adalah sebagai alat yang bisa memperlancar perdagangan internasional. Dikatakan seperti itu, karena sebagai mana telah dijelaskan sebelumnya bahwa valas berfungsi sebagai sebagai alat tukar dan alat pembayaran internasional. Coba bayangkan bagaimana keadaannya jika tidak ada valuta asing. Tentu saja perdagangan antar negara akan lebih sulit dan dapat terganggu.

Jenis-Jenis Valas

Valuta asing memiliki beberapa jenis tergantung dari sudut pandangnya. Dalam hal ini valas dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu valas yang ditinjau dari fungsinya serta valas yang ditinjau dari bentuknya. Penjabarannya adalah sebagai berikut.

1. Berdasarkan jenisnya

Jika valas ditinjau berdasarkan jenisnya, maka valas dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu valuta asing fisik dan valuta asing non fisik.

    • Valuta asing fisik

Valuta asing fisik yang dimaksudkan disini adalah valas yang dimaknai sebagai uang asing berdasarkan pengertian sebenarnya. Artinya uang asing yang memiliki bentuk kartal seperti uang kertas atau logam. Valuta jenis ini dapat digunakan dalam perdagangan internasional.

    • Valuta asing non fisik

Valuta asing non fisik merupakan uang asing yang berbentuk non fisik. Maksudnya uang tidak dalam bentuk kartal melainkan berbentuk uang giral seperti cek, wesel, international money order, travelers, dan sebaginya.

2. Berdasarkan bentuknya

Jika ditinjau berdasarkan bentuknya, valas terbagi menjadi empat jenis yaitu mata uang asing, saldo kredit, surat wesel luar negeri, dan hak penerimaan pembayaran.

    • Mata uang asing

Mata uang asing adalah mata uang yang digunakan oleh negara lain. Misalnya dari sudut pandang Indonesia, mata uang asing adalah Dollar Amerika Serikat, Euro, Yen, dan lain-lain.

    • Saldo kredit

Valuta asing jenis Saldo kredit adalah saldo yang dimiliki oleh bank devisa pada negara lain.

    • Surat wesel luar negeri

Surat wesel yang dimaksud biasanya tidak lepas dari kegiatan ekspor dan impor dengan negara lain. Surat wesel luar negeri dapat diketahui dengan cara melihatan kegiatan ekspor atau impor. Misalnya seseorang dari Indonesia mengekspor barang dan menarik wesel dari negara yang menngimpor barang dari Indonesia.

    • Hak penerimaan pembayaran

Hak penerimaan pembayaran ini berasal dari penduduk yang mendiami suatu negara. Hak penerimaan tersebut memiliki bentuk yang beragam serta tingkat likuiditas yang cukup tinggi.

Dari ulasan singkat di atas bisa kita pahami bahwa valuta asing adalah salah satu jenis mata uang yang diterima secara internasional. Ia memiliki fungsi dan jenis yang berbeda-beda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu valas dan definisi valuta asing, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Definisi Return On Assets (ROA)
Apa Itu Bridge Loan? Definisi Bridge Loan?
Apa itu Kebijakan Moneter? Definisi Kebijakan Moneter
Apa itu Reverse Stock Split? Definisi Reverse Stock Split
Apa itu CCC? Definisi Cash Conversion Cycle
Apa itu Cash Advance? Definisi Cash Advance
Apa Itu Depresiasi? Definisi Depresiasi
Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?
Apa Itu Corporate Credit Card? Definisi Corporate Credit Card
10 Fakta tentang Uang yang Belum Kamu Ketahui


Bagikan Ke Teman Anda