Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Dimaksud Fee Based Income?

Perbankan kini tengah gencar-gencarnya mencari pendapatan di luar pendapatan bunga. Hal ini dilakukan untuk meningkatnya potensi transaksi dan digital banking.

Selain itu usaha juga bertujuan untuk mengantisipasi penurunan margin akibat adanya  proyeksi suku bunga pada beberapa priode kedepan. Salah satu strategi yang digunakan oleh pihak perbankan adalah dengan berburu  pendapatan non bunga dari Fee Based Income.

Pengertian Fee Based Income

Menurut Kasmir dalam bukunya berjudul “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya” menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Fee Based Income adalah keuntungan yang didapat dari hasil transaski atau jasa bank lainnya spread based.

Dari pengertian yang diungkapkan Kasmir tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Fee Based Income adalah bagian dari kegiatan lain perbankan selain menghimpun dan menyalurkan dana. Tujuannya adalah untuk mendukung dan memperlancar kedua kegiatan utama tersebut.

Widjanarto dalam bukunya yang berjudul “Hukum dan Ketentuan Perbankan” menjelaskan bahwa pendapatan utama bank-bank yang ada di Indonesia masih cenderung dari pendapatan hasil bunga kredit. Padahal bank juga bisa meningkatkan pendapatannya diluar pendapatan bunga kredit misalnya dengan jalan pemberian jasa-jasa perbankan yang dapat ditawarkan kepada nasabahnya, kegiatan inilah yang dimaksud dengan Fee Based Income.

Jadi secara singkat Fee Based Income adalah usaha sebuah bank dalam mencari pendapatan lain diluar pendapatan bunga kredit, salah satunya jalanya adalah dari pendapatan pemberiaan jasa-jasa kepada nasabahnya.

Unsur-Unsur Fee Based Income

Fee Based Income merupakan salah satu jenis pendapatan operasional bank non bunga. Ada beberapa unsur-unsur untuk pendapatan bank bisa dikategorikan sebagai pendapatan Fee Based Income:

  • Pendapatan yang didapat Komisi dan Provisi
  • Pendapatan hasil transaski valuta asing atau devisa
  • Pendapatan Operasional Lainnya.

Sumber-sumber Penghasil Fee Based Income

Ada beberapa produk atau jasa yang menjadi sumber penghasil Fee Based Income yang banyak dilirik oleh pihak perbankan. Beberapa sumber penghasil Fee Based Income yang dimaksud yakni:

1. INKASO

Inkaso adalah sebuah kegiatan bank berupa jasa untuk melakukan amanat yang diberikan oleh suatu pihak ketiga. Jasa yang dilakukan berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau lembaga dan badan tertentu yang telah ditunjuk oleh pihak ketiga pemberi amanat.

Sebagai imbalan atas jasa yang dilakukan biasanya bank akan menerapkan tarif atau fee tertentu kepada nasabah atau pemberi amanat, tarif yang didapat itulah yang dalam dunia perbankan disebut dengan Inkaso.

Pendapatan yang didapat bank ini tentunya bukan merupakan pendapatan dari bunga kredit, melainkan pendapatan non bunga yang didapat dari sebuah jasa yang dilakukan bank.

2. Transfer

Transfer adalah kegiatan untuk memindahkan sejumlah uang atau dana dalam jumlah tertentu sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pemberi transfer yang nantinya akan diberikan kepada pihak penerima transfer yang juga sudah ditunjuk oleh pihak pemberi tadi.

Menurut Djumhana dalam bukunya yang berjudul “Hukum Perbankan di Indonesia” transfer atau pengiriman uang dari dan keluar negeri terbagi menjadi dua macam yakni

  • Kiriman uang keluar, yang artinya bank mendapatkan amanat dari nasabah di dalam negeri;
  • Kiriman uang masuk, yang artinya bank mendapatkan amanat dari pihak luar negeri untuk membayarkan sejumlah uang kepada pihak didalam negeri.

Demi menunjang Fee Based Income suatu bank, barulah bank tersebut menetapkan suatu tarif atau fee atas pelaksanaan jasa transfer yang dilakukan.

3. Safe Deposit Box

Safe Deposit Box adalah jasa jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau benda lainnya. Kotak penyimpan ini dirancang khusus dari bahan baja yang ditempatkan dalam ruang yang kokoh dan keamanan ketat. Pelayanan ini ditujukan demi memberikan rasa aman kepada pelanggan yang menggunakan jasa ini.

Secara singkat kegunaan dari Safe Deposit Box adalah untuk mengamankan barang-barang yang dianggap bernilai dan berharga oleh pemilik misalnya seperti surat-surat tanah, berlian, emas dan barang lainnya. Layanan yang diberikan berupa jaminan barang yang didepositkan pasti aman apapun yang terjadi.

Dari jasa yang diberikan inilah bank mendapatkan Fee Based Income dengan menetapakan fee atau tarif atas jasa yang dberikan.

4. Letter of Credit

Letter of Credit atau dalam bahasa Indonesia yakni Surat Kredit Berdokumen, merupakan kegiatan berupa jasa yang ditawarkan oleh pihak bank kepada nasabahnya dalam rangka pembelian barang, berupa penangguhan pembayaran pembelian oleh pembeli sesuai jangka waktu yang sudah disepakati antar pihak bank dan pelanggan.

Dari pengertian itu dapat diketahui bahwa fasilitas yang diberikan hanya terbatas pada perjanjian jual-beli dan penangguhan pembayaran. Dan tuijuan dari jasa ini adalah untuk mempermudah dan memperlancar transaksi jual beli barang terutama yang berkaitan dengan transaksi internasional.

5. Credit Card

Credit card adalah alat pembayaran pengganti uang tunai atau cek yang dikeluarkan oleh pihak perbankan. Kartu ini memberikan fasilitas penggunaan uang sampai dengan batas tertentu yang didasarkan pada pertimbangan yang ditetapkan oleh pihak bank. Biasanya penetapan tersebut dilihat dari tingkat pendapatan dan reputasi nasabah.

Keuntungan Aktivitas Fee Based Income

Perbankan melakukan berbagai aktivitas peningkatan Fee Based Income bertujuan untuk menjaga kemampuan bank dalam mencetak laba. Cara paling ampuh yakni melalui penigkatan pendapatan dari fee based income, sementara cara lainnya seperti menaikan suku bunga terlalu beresiko.

Menurut Kasmir dalam bukunya berjudul “Bank dan lembaga Keuangan Lainnya” beberapa keuntungan yang didapat bank dari aktivitas Fee Based Income seperti:

  • Perolehan yang didapat mengandung kepastian
  • Memperlancar transaksi simpanan yang ada di dunia perbankan
  • Ragam penghasilan lebih banyak

Itulah penjelasan lengkap mengenai Fee Based Income yang merupakan upaya yang saat ini gencar ditingkatkan pihak bank demi menjaga dan menunjang kegiatan utama perbankan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Fee Based Income, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu BCA QRKU?
Apa Itu Wealth Management di Bank?
Perbedaan LDR (Loan to Deposit Ratio) vs FDR (Financing to Deposit Ratio)
Perbedaan GPN, Visa, dan Mastercard Serta Dampaknya pada Perdagangan Internasional
Apa itu Collateral? Definisi Collateral
Good Corporate Governance (GCG) Perbankan dan Cara Kerjanya
Apa itu Remittance?
Apa Itu Remittance? Definisi Remittance
Apa itu Rush Money dan Mengapa Berbahaya bagi Dunia Perbankan?
Pentingnya Mengenali Nasabah dalam Sektor Perbankan


Bagikan Ke Teman Anda