Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Meningkatkan Sales Skill Biar Jadi yang Paling Handal

Menjual sesuatu tidak hanya sekadar menjajakan barang dagangan. Lebih dari itu, ketrampilan dalam bidang penjualan (sales skill) juga harus dikuasai dan seiring waktu mesti ditingkatkan. Terlebih di era sekarang dimana persaingan dalam bidang ekonomi semakin meningkat.

Cara Meningkatkan Sales Skill

Bagaimana meningkatkan sales skills agar menjadi penjual yang handal? Ini dia beberapa triknya.

  1. Terus Gali Informasi

Jangan mudah puas atas pencapaian yang telah digapai. Atau keterampilan kamu akan jadi stagnan alias tanpa peningkatan. Bahkan dalam sales skills apa yang kamu kira sudah sangat baik justru kenyataanya menurun. Oleh karena itu teruslah belajar. Jangan ragu untuk terus menggali informasi.

Kamu harus tetap mengikuti bagaimana trend penjualan yang saat ini sedang booming. Teknologi dan metode penjualan yang sedang kekinian juga harus kamu pelajari. Bagi siapapun yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, membuatnya tidak akan mudah tumbang oleh persaingan.

Inilah pentingnya untuk terus menggali informasi. Lakukan research secara berkelanjutan. Selain mencegah risiko gagap akan modernisasi, ketrampilan penjualan pun kian meningkat.

  1. Tentukan Tujuan

Tidak semua jenis sales skills harus ditingkatkan. Bisa jadi kamu jago dalam hal closing akan tetapi belum maksimal dalam hal promosi. Oleh sebab itu tentukan jenis sales skills mana yang harus ditingkatkan, kemudian tetapkanlah menjadi tujuan.

Adanya tujuan akan membuat pembelajaran lebih terarah. Selain itu, kamu juga lebih bisa fokus dalam mempelajari sales skills tersebut. Pastikan kamu paham kemampuan dan kelemahan diri sendiri, sehingga akan lebih mudah dalam menentukan tujuan dalam meningkatkan sales skill.

  1. Mencoba Metode Baru

Dunia sales sangatlah dinamis. Sebab ada ribuan strategi penjualan yang bisa dicoba. Mulai dari metode mencari calon pelanggan, cara agar cepat closing, dan sebagainya. Oleh karena itu jangan malas untuk mencoba metode-metode baru.

Jika memang dirasa metode penjualan yang dilakukan saat ini tidak begitu menghasilkan banyak profit, tidak ada salahnya untuk melakukan ekspansi dalam strategi penjualan.

Percobaan yang dilakukan dalam menggunakan metode baru pasti menghasilkan banyak output menarik. Tidak melulu soal keberhasilan, melainkan kesalahan juga pasti akan ditimbulkan. Kombinasikan tiap metode sehingga menghasilkan ritme pemasaran yang tepat dan tentunya menghasilkan.

  1. Manfaatkan Teknologi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi begitu berpengaruh dalam segala lini kehidupan. Termasuk dalam hal penjualan. Manfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Selain menggunakan internet, cobalah untuk melakukan analisa data.

Coba analisa tentang data penjualan serta konsumen belakangan ini. Gunakan hasil dari analisa tersebut untuk memilih strategi pemasaran apa yang tepat. Pastikan selalu update tentang perkembangan di media sosial, internet, dan sejenisnya agar strategi penjualan yang dilakukan selalu relevan dan mudah diterima masyarakat.

  1. Fokus pada Kebutuhan Pelanggan

Dalam meningkatkan sales skills, promosi haruslah optimal. Jika hendak mengoptimalkannya, coba fokus pada kebutuhan pelanggan. Keputusan membeli suatu barang atau jasa sebagian besar dilandasi atas dasar kebutuhan.

Penjual yang baik adalah yang peka terhadap apa saja kebutuhan konsumennya. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan, coba untuk melihat dari sudut pandang konsumen. Selain itu, kombinasikan dengan langkah lainnya yakni dengan terus update mengenai perkembangan pasar.

  1. Tingkatkan Ketrampilan Komunikasi

Walaupun saat ini penjualan lebih banyak dilakukan secara daring, bukan berarti ketrampilan komunikasi lantas kamu abaikan. Bagaimanapun canggihnya metode penjualan berkembang, komunikasi merupakan basic skills yang harus dimiliki oleh para sales marketing.

Ketrampilan komunikasi yang kuat merupakan dasar dalam membangun hubungan baik dengan klien. Komunikasi lebih dari bagaimana berbicara secara jelas dan ringkas. Ketrampilan satu ini juga mencakup bagaimana kemampuan presentasi melalui media sosial, email, konfrensi video, dan sejenisnya.

  1. Coba Jalin Kedekatan Emosi

Telah dibahas sebelumnya bahwa meningkatkan ketrampilan penjualan bisa dengan berfokus pada kebutuhan pelanggan. Untuk lebih bisa fokus pada kebutuhan pelanggan, kamu dapat mencoba terlebih dahulu menjalin kedekatan emosi.

Jalinan kedekatan emosi yang buruk antar penjual dan pembeli berdampak pada prospek yang menurun. Para sales marketing harus bisa mengembangkan skill mereka dalam mendekati pelanggan agar bisa terjalin kedekatan emosi yang baik.

Caranya bisa dengan meneliti pembeli yang potensial, mengumpulkannya ke wadah yang lebih intens untuk berkomunikasi. Misalnya melalui email, whatssApp, dan sejenisnya. Tanyakan apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan dan berikan saran yang bermanfaat.

Jangan sungkan juga untuk memberikannya ucapan selamat ulang tahun, apresiasi atas berbagai pencapaian konsumen di kehidupannya, atau sekedar berkomunikasi ringan. Hal ini sangat berguna dalam menjalin kedekatan yang lebih intens dengan pelanggan.

Akan tetapi jika dirasa pelanggan kurang nyaman dengan perhatian-perhatian tersebut, coba kurangi sedikit intensitasnya tetapi jangan berhenti total dalam membangun kedekatan emosional.

  1. Buat Citra Baik di Media Sosial

Media sosial merupakan tempat yang tepat untuk berpromosi. Calon konsumen akan lebih tertarik membeli di akun media sosial yang tampak meyakinkan. Misalnya dengan adanya informasi contact person yang jelas, foto, alamat, testimoni, dan sebagainya.

Oleh karena itu, pastikan citra akun media sosial untuk berpromosi haruslah bagus. Bangun trust konsumen sebaik mungkin. Hindari mencampurkan media sosial pribadi dan jualan karena dinilai kurang efektif dalam menggaet konsumen.

  1. Bangun Database Konsumen

Saat ini, menjual sesuatu tidak hanya sebatas closing, dapat uang, dan selesai. Jika hanya sebatas pada siklus demikian, tentu sangat sulit bagi penjual dalam mencari konsumen loyal. Penjualan akan stagnan bahkan bisa tumbang oleh pesaing.

Membangun database konsumen sangat penting dan berguna dalam meningkatkan ketrampilan penjualan. Misalnya kamu melakukan transaksi melalui WhatssApp, simpan nomor konsumen, dan mintalah konsumen untuk menyimpan nomor kamu.

Buat database sebanyak mungkin. Semakin banyak database, tentu makin besar kesempatan untuk closing. Promosi pun akan menjadi lebih mudah karena prospek sudah ada dalam genggaman.

Ketrampilan penjualan memang tidak langsung bisa dikuasai dalam sekejap. Perlu praktek langsung di lapangan sehingga sales skills dapat meningkat dari waktu ke waktu, sehingga bisnis pun juga dapat berkembang seiring dengan penjualan yang kian bagus hasilnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan sales skill, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Omzet dan Profit
Cara Menghitung Cost per Unit
Cara Membuat Contingency Plan
Cara Mendapatkan Uang Lewat Youtube
Cara Mengambil Uang Orang yang Sudah Meninggal di Bank
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?
18 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan
Cara agar Berani Public Speaking
9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Sukses
Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?


Bagikan Ke Teman Anda