Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Nego Gaji Terbaik

Ketika sedang bekerja, semua atasan tentunya ingin mempekerjakan karyawan terbaik untuk perusahaan mereka sehingga akan ada banyak pertanyaan yang akan diajukan. Tidak hanya harus menguasai bidang pekerjaan, namun ada juga tuntutan seperti harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya. Dari mulai kapan anda berangkat kerja dari rumah, apa yang harus anda pakai untuk bekerja dan berbagai pertanyaan lainnya. Inilah mengapa para pekerja sebaiknya juga mengambil keuntungan seperti salah satunya bernegosiasi tentang gaji.

Anda harus melihat jika peningkatan gaji anda sebagai manfaat yang kumulatif seperti peningkatan gaji yang sedikit atau jumlahnya memang tidak layak. Mengingat betapa pentingnya negosiasi tersebut, berikut akan kami jelaskan beberapa cara nego gaji terbaik yang bisa anda lakukan.

1. Pikirkan Dengan Baik

Ketika anda bertemu dengan atasan, maka akan ada banyak hal yang bisa muncul sehingga anda juga harus melakukan antisipasi dengan baik. Pertama dan yang terpenting, pikirkan nominal gaji yang anda inginkan. Jika anda tidak memikirkan jumlah tertentu, maka atasan anda akan leluasa untuk mengendalikan percakapan serta menetapkan gaji sesuai dengan yang mereka inginkan. Apabila anda sudah mengetahui angka dari gaji yang anda inginkan, maka ini akan dijadikan batasan atasan anda untuk memberikan minimal gaji pada anda.

2. Lakukan Sedikit Riset

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk nego gaji adalah melakukan sedikit penelitian. Anda bisa mendapatkan informasi dari sesama karyawan atau karyawan yang pernah bekerja di tempat tersebut. Meski umumnya orang memang menghindari untuk bertanya pada rekan kerja tentang gaji yang mereka terima, namun setidaknya anda sudah mengetahui perkiraan gaji yang akan anda minta pada atasan anda.

3. Cari Informasi Tentang Standar Gaji

Mengetahui tentang standar gaji pada posisi pekerjaan yang akan dilamar menjadi hal penting yang harus anda lakukan. Informasi ini akan berguna sebagai dasar anda untuk mengajukan berapa gaji yang anda inginkan. Untuk memperoleh informasi tentang standar gaji tersebut, anda bisa browsing di internet atau bertanya pada teman dan keluarga yang bekerja dengan posisi sama seperti yang akan anda lamar.

4. Fokus dengan Kualitas dan Bersikap Profesional

Sejak awal, anda harus menyadari jika perusahaan bukanlah sebuah lembaga sosial yang bisa memberikan bantuan untuk biaya hidup namun merupakan badan usaha yang berorientasi pada profit. Untuk itu, perusahaan juga hanya akan mencari pekerja yang profesional dan berkualitas. Pada saat melakukan negosiasi gaji, hindari sikap yang seakan seperti memohon atau menceritakan tentang masalah pribadi sebab perusahaan tidak akan merasa iba kemudian memberikan gaji yang tinggi sebagai solusi dari masalah anda. Bahkan, perusahaan bisa tidak simpati pada anda.

Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah menjual kualitas serta prestasi yang anda punya. Perlihatkan jika anda memang memiliki kompetensi dan juga skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila memang perusahaan menilai kualitas anda sudah memenuhi kriteria, maka tentunya anda juga akan memiliki peluang yang besar agar bisa diterima serta mendapatkan gaji sesuai dengan perkiraan anda.

5. Hormati Lawan Bicara Anda

Ketika sedang melakukan wawancara, bersikaplah yang sopan agar bisa memberikan kesan pertama yang baik. Ketika berbicara tentang gaji, maka sebaiknya jangan menyela pembicaraan namun perlihatkan rasa hormat anda. Biarkan perusahaan menjelaskan terlebih dulu tentang gaji yang akan ditawarkan untuk posisi yang anda lamar hingga selesai.

Saat anda sudah diberi kesempatan untuk berbicara, maka anda bisa memberikan tanggapan dengan sopan. Jangan terburu buru untuk menerima tawaran gaji yang lebih rendah dari harapan anda. Pertimbangkan dengan baik agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Usahakan untuk mengucapkan terima kasih dan ungkapkan ketertarikan anda untuk berdiskusi tentang detail dari gaji.

6. Jangan Langsung Menyebutkan Angka

Berapa gaji yang diinginkan menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan ketika wawancara kerja. Banyak calon pekerja yang bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut dan mungkin termasuk anda. Hal ini memang bisa dikatakan cukup dilematis sebab jika menyebutkan angka yang terlalu rendah maka bisa menguntungkan perusahaan. Akan tetapi jika angka yang anda sebutkan terlalu tinggi, maka anda akan dianggap terlalu percaya diri.

Disinilah sebenarnya kemampuan anda bernegosiasi akan sangat diuji dan dibutuhkan. Anda perlu mencari informasi tentang rentang gaji dari perusahaan untuk posisi yang sedang anda lamar. Apabila anda sudah mengetahui informasi tersebut, anda bisa lebih fokus untuk mendapatkan gaji tertinggi yang ditawarkan oleh perusahaan.

7. Jangan Gunakan Kata Terserah

Ketika melamar pekerjaan, anda harus memastikan jika sudah mempunyai kesiapan yang sangat baik secara kualitas kompetensi dan juga mental. Ini berarti anda sudah membuat diri anda pantas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Berkaitan dengan gaji, pastikan juga anda sudah memiliki kisaran angka agar tidak terjebak dengan tawaran perusahaan yang terlalu rendah dan tetap bisa bertahan dengan range yang anda mau. Hindari pasrah dengan gaji yang ditawarkan perusahaan apalagi mengatakan terserah karena ini hanya bisa menurunkan kualitas anda dan memperlihatkan kesan jika anda tidak percaya diri dengan kemampuan yang anda punya.

8. Negosiasi Tentang Kompensasi Lainnya

Jika memang angka yang anda ajukan sudah tidak lagi bisa naik, maka anda bisa mencoba untuk negosiasi tentang kompensasi yang bisa anda terima seperti pajak, uang makan dan lain sebagainya. Pertanyakan juga tentang uang makan dan transportasi setiap hari serta PPH 21. Jika semua informasi tersebut anda dapatkan, maka barulah anda bisa mengambil sebuah keputusan.

Tidak hanya masalah gaji yang ada dapatkan sudah cukup atau belum, namun value dari kemampuan yang anda punya. Jika memang anda merasa bisa memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan, maka jangan ragu untuk bernegosiasi lebih lagi.

9. Tanamkan Rasa Percaya Diri

Dilihat secara umum, perusahaan lebih senang dengan karyawan yang bersemangat dan memiliki rasa percaya diri tinggi. Untuk itulah ketika anda melakukan wawancara, sebaiknya tunjukkan rasa percaya diri anda sehingga perusahaan akan terkesan dengan anda. Kepercayaan diri ini bisa anda tunjukan dengan memberikan jawaban tegas dan yakin termasuk untuk urusan negosiasi gaji anda. Hal yang harus diingat adalah tidak menunjukkan rasa percaya diri terlalu berlebihan.

Penampilan yang baik juga akan menunjang rasa percaya diri anda sehingga pastikan juga anda berbusana dengan baik dan tentunya sopan. Tidak perlu tampil terlalu glamor asalkan sopan karena juga akan berpengaruh terhadap penilaian perusahaan terhadap anda. Yang perlu anda lakukan adalah menunjukkan jika anda layak untuk mendapatkan posisi yang sedang ditawarkan dan mendapatkan gaji yang juga sesuai.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara nego gaji, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Pekerjaan Aneh dan Tidak Umum yang Bergaji Tinggi
5 Tips Kredit Mobil bagi Karyawan Bergaji Pas-Pasan
7 Tips Kredit Mobil bagi Karyawan Gaji Pas-Pasan
Awas! Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Meminta Kenaikan Gaji!
Akankah Pengangguran Digaji?
Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji
Tips Negoisasi Gaji di Tempat Baru
Perbedaan Gaji dengan Upah


Bagikan Ke Teman Anda