Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Wesel dan Penjelasannya

Wesel merupakan surat tertulis yang dibuat oleh kreditur dan ditujukan kepada debitur dengan berisikan perintah untuk membayar sejumlah uang (utang) pada tanggal tertentu.

Ada dua jenis wesel, yaitu wesel perintah membayar dan wesel janji membayar sejumlah uang tertentu. Wesel janji membayar disebut juga dengan promes, surat aksep atau surat sanggup.

Pihak yang mengeluarkan wesel sekaligus membuat janji membayar disebut sebagai penarik wesel (drawer), sedangkan pihak yang akan menerima pembayaran disebut sebagai penerima wesel (payee).

Kesepakatan ini akan berjalan jika promes telah ditandatangani oleh  pihak penarik, dan wesel perintah membayar ditandatangani oleh pihak yang mengeluarkan perintah (penarik).

Terdapat dua macam wesel/promes yaitu promes berbunga (interest bearing notes) dan promes tidak berbunga (not interest bearing notes). Jika kreditur menggunakan promes tidak berbunga, maka saat debitur melakukan  pembayaran, kreditur hanya akan menerima uang sejumlah nilai nominal yang tertera pada wesel. Dan sebaliknya, jika kreditur menggunakan promes berbunga, maka mereka akan menerima uang sejumlah nilai nominal yang tertera ditambah dengan bunga selama jangka waktu promes itu ditetapkan.

Jika wesel perintah membayar atau wesel tagih jatuh tempo dalam satu tahun, maka itu dicatat sebagai aset lancar neraca. Namun jika tanggal jatuh tempo diatas satu tahun, maka itu akan dicatat sebagai aset tidak lancar di neraca.

Sebuah bisnis atau perusahaan biasanya menyarankan krediturnya untuk mengubah akun mereka yang telah jatuh tempo menjadi wesel tagih. Dengan begitu, debitur akan diuntungkan dengan banyaknya waktu untuk membayar.

Contoh wesel :

 

 

 

 

 

 

 

 

Akseptasi pada :

Tanggal : 08 Agustus 2021
Oleh      : PT. MAKMUR SENTOSA
Nama    : Faridz

Untuk pembayaran di- Bank BRI
Beralamat di : Jalan Melati No.05 Jakarta

Faridz

Direktur

Wesel

Nominal Rp. 10.000
Bayarlah atas dasar wesel sejumlah uang
Rp. 10.000

Kepada (nama jelas) : PT.JAYA ABADI
Alamat                     : Jalan Mawar Jakarta

atau order

di – Bank BRI
alamat : Jalan Melati No.05, Jakarta

Wesel ini ditarik dengan menggunakan ketentuan “tanpa protes non pembayaran”, “tanpa protes non akseptasi”, dan “tanpa biaya” dengan berdasarkan pasal 145 KUHD.

Kepada            : PT. MAKMUR SENTOSA
Bank                 : Bank Mandiri

Berkedudukan: Jalan Anggrek, Jakarta

Jakarta, 08 Agustus 2021

PT. BAHAGIA

Dheny

Direktur

Wesel di atas menggunakan promes tidak berbunga. Pada wesel di atas, penarik wesel adalah PT. BAHAGIA, tertarik adalah PT. MAKMUR SENTOSA, dan penerima wesel adalah PT. JAYA ABADI.

Bagi PT. JAYA ABADI, wesel ini merupakan piutang wesel (notes receivable), sedangkan bagi PT. MAKMUR SENTOSA ini ialah wesel utang (notes payable).

Dan berikut contoh promes sebuah perusahaan kepada bank :

SURAT SANGGUP
(AKSEP/PROMES)

Nilai nominal : Rp.10.000
Yang bertanda tangan di bawah ini

Surya Atmaja

Yang dalam hal ini bertindak untuk

PT. AMAN DAMAI

Beralamat di : Jalan Tulip No.15 Jakarta

Yang dalam hal ini memilih domisili tetap dikantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan surat sanggup ini berjanji tanpa syarat untuk  membayar kepada :

Bank BNI

Atau order

Sejumlah uang Rp. 10.200 (Sepuluh ribu dua ratus rupiah) pada tanggal 29 Agustus 2021 di Bank BNI beralamat di Jalan Kenanga No.25, Jakarta

Surat sanggup ini dikeluarkan dengan ketentuan  “tanpa protes non pembayaran” dan “tanpa biaya” berdasarkan pasal 176 KUHD Juneto pasal 145 KUHD

Jakarta, 17 Juni 2021

PT. AMAN DAMAI

  SURYA ATMAJA

Direktur

Dalam contoh promes di atas, penariknya ialah PT.AMAN DAMAI, dan penerimanya ialah bank BNI. Bagi bank BNI, wesel ini merupakan piutang wesel, sementara bagi PT. AMAN DAMAI ini merupakan wesel utang. Dan dalam contoh tersebut juga dapat dilihat bahwa bunganya telah dihitung sebesar Rp.200 dan dimasukkan dalam jumlah yang harus dibayar pada saat jatuh tempo.

Sederhananya, wesel secara umum dianggap sebagai janji tertulis untuk membayar sejumlah uang dengan jangka waktu tertentu. Janji tertulis yang dibuat dapat dijadikan acuan untuk membedakan antara wesel tagih dan piutang dagang. Dengan janji tertulis tersebut, wesel tagih statusnya lebih kuat dibanding dengan piutang dagang.

Artikel Terkait 

Demikianlah artikel tentang contoh wesel dan penjelasannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Arti Dan Contoh Kejadian Luar Biasa (KLB)
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Pengertian Kegiatan Distribusi dan Contohnya
Penyebab dan Contoh Defisit Negara
Contoh Surat Undangan Setengah Resmi
Contoh Interview Analis Finansial (Financial Analyst)
Contoh-contoh Konsinyasi
Contoh-contoh Bisnis yang Berpeluang untuk Sukses
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya
Contoh-contoh Disguised Unemployment (Pengangguran Terselubung)


Bagikan Ke Teman Anda