Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Harga Emas Cenderung Naik, Apa Penyebabnya?

Emas, siapa yang tidak tahu akan benda kuning yang satu ini? Tentu saja semua masyarakat tahu akan keberadaan emas. Emas sudah terkenal sejak zaman nenek kita, dan dijadikan sebagai benda menyimpan kekayaan.

Emas pun terbagi dua, ada emas perhiasan dan emas batangan (murni). Kedua emas ini sama-sama menjadi alat investasi, namun memiliki sedikit kegunaan yang berbeda.

Keistimewaan investasi emas yaitu emas memiliki sifat liquid and marketable (mudah dicairkan dalam bentuk uang). Selain itu, harga emas juga cenderung stabil dibandingkan investasi deposito ataupun saham di pasar modal. Dengan sifat-sifat inilah emas dapat dikatakan sebagai safe haven (investasi yang aman).

Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

Sebelum kita mengetahui apa penyebab kenaikan harga emas, kita perlu mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi perubahan harga emas.

  • Permintaan dan Penawaran

Seperti komoditas lainnya, hukum permintaan dan penawaran ini memainkan peran penting dalam menentukan harga. Jika permintaan lebih tinggi dari penawaran, maka harga akan cenderung meningkat. Begitupun sebaliknya, jika penawaran lebih tinggi daripada permintaan, maka harga akan cenderung menurun.

  • Inflasi

Saat ini pada masa pandemi, inflasi meningkat lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Dengan meningkatnya inflasi, maka nilai mata uang akan semakin lemah. Dengan melemahnya mata uang, maka emas menjadi pelindung yang sempurna karena tidak terpengaruh oleh fluktuasi mata uang.

  • Suku Bunga

Suku bunga memiliki hubungan terbalik dengan harga emas. Saat ini suku bunga mengalami penurunan, sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengambil simpanannya dan membeli emas.

  • Dolar Amerika Serikat

Dolar AS memiliki hubungan yang negatif dengan harga emas. Jika nilai tukar USD kuat, maka akan menyebabkan harga emas menurun. Tapi, jika nilai tukar USD lemah, maka akan menyebabkan harga emas meningkat. Pada saat pandemi, nilai dolar melemah, sehingga juga mengakibatkan harga emas cenderung naik.

Penyebab Kenaikan Harga Emas

Dilansir dari Kompas.com, PT. Pegadaian (Persero) mengatakan bahwa harga emas naik sekitar 21 persen sejak awal tahun 2020. Lantas, kenapa hal ini dapat terjadi?  Apa saja yang menyebabkan harga emas naik dengan cukup pesat?

Penyebab kenaikan emas sejak awal 2020 tentu saja ada kaitannya dengan pandemi Covid-19. Dilansir dari cgtn.com, dampak Covid-19 dapat melemahkan nilai dolar di pasar dunia. Seperti kita ketahui, dolar merupakan poros ekonomi dunia, sehingga jika dolar melemah maka kegiatan ekonomi dunia juga akan melemah.

  • Perlambatan Ekonomi

Dengan melemahnya dolar ditambah keadaan pandemi yang belum berakhir, mengakibatkan terjadinya perlambatan ekonomi. Berbagai negara di dunia mencoba untuk menerapkan lockdown dan social distancing (penutupan perbatasan sehingga tidak ada masyarakat yang keluar masuk negara, serta pengurangan jumlah kegiatan di luar rumah). Kebijakan tersebut ditujukan untuk mengurangi penyebaran wabah ini. Imbas dari lockdown tersebut tentu saja menyebabkan gangguan ekonomi, seperti impor dan ekspor dibatalkan.

  • Alternatif Investasi

Dengan melemahnya ekonomi, maka menimbulkan kekhawatiran investor terhadap keadaan pasar. Sehingga, emas dijadikan sebagai alternatif investasi untuk keadaan sekarang ini.

Dilansir dari groww.in, emas saat ini memiliki likuiditas yang tinggi sehingga para investor lebih memilih untuk investasi emas. Hal ini didukung juga dengan pasar saham yang tidak stabil dan tingkat suku bunga yang turun.

Namun, bukan berarti investor tidak menginvestasikan uangnya kepada pasar. Investor tetap melakukan investasi aset di pasar, namun mereka tetap menyimpan sebagian asetnya dalam bentuk emas. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kerugian yang terlalu besar jika terjadi penurunan pasar.

Kenaikan harga emas bukanlah yang diutamakan oleh investor. Investor menganggap bahwa emas sebagai asuransi asetnya, sehingga suatu waktu dia dapat menggunakannya. Dengan kondisi ekonomi yang tidak kunjung stabil, maka semakin banyak investor yang menumpuk emas sebagai asetnya. Keadaan ini merupakan salah satu alasan harga emas cenderung naik.

  • Permintaan yang Terus Meningkat

Sebagai alternatif investasi, tidak hanya investor pada saat ini yang mengejar-ngejar emas, namun juga masyarakat. Masyarakat baik yang memiliki uang banyak ataupun sedikit merasa saat ini sangat membutuhkan emas untuk masa depan. Terlebih ada ketakutan mendalam bahwa jika vaksin Covid-19 belum temukan, maka keadaan akan semakin kacau.

  • Penambangan Emas yang Berkurang

Permintaan emas yang terus meningkat tidak sebanding dengan penawaran atau persediaan emas. Pasalnya, aktivitas penambangan emas terkena dampak yang cukup parah akibat pandemi ini. Dengan jumlah emas yang tetap di dunia, namun permintaan emas cenderung meningkat, inilah yang menyebabkan harga emas akan terus naik.

  • Kenaikan Harga Emas Internasional

Harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh harga emas internasionalnya. Meningkatnya jumlah kasus positif akibat Covid-19 ini mengakibatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan China. Dilansir dari kompas.com, hingga 10 Agustus 2020 Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki kasus positif Corona tertinggi di dunia. Kasus positif itu mencapai angka di atas 5 juta kasus dengan total kematian sebanyak 162.635 kasus.

Apakah harus Investasi Emas Sekarang?

Pertanyaan ini akan banyak terlintas di kepala, baik golongan apapun, tua, muda, bahkan mahasiswa pun memikirkan hal ini. Harga emas Antam 24 karat pada 16 Agustus 2020 untuk berat 0,5 gram yaitu Rp 547.500 dan untuk 1 gram yaitu Rp 1.035.000.

Jika kamu bingung mau berinvestasi emas sekarang atau tidak, hal itu kembali kepada kepercayaan mu. Jika kamu menganggap bahwa vaksin Covid-19 tidak akan ditemukan pada waktu dekat dan bisnis akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pulih, maka emas menjadi investasi yang bijak. Namun jika kamu percaya bahwa vaksin yang sudah tersedia dapat bekerja dengan baik dan ekonomi akan segera pulih, maka kamu membutuhkan investasi jenis lain.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang penyebab harga emas cenderung naik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration
Apa Itu Lot dalam Saham?
Apa Itu Employee Stock Option Program?
Apa itu Brent Crude Oil?
Apa Itu Market Depth Chart?
Alasan Kamu Harus Berinvestasi Pada Panel Energi Bertenaga Surya
Inilah Penyebab Orang Mengalami Kagagalan
Apa itu Binomo? Mengapa Binomo Ilegal?
Strategi Penetapan Harga Pay What You Want (Value to Value Pricing)
Apa Itu Volatility?


Bagikan Ke Teman Anda