Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Nama Event Musik Beserta Contohnya

Merencanakan perhelatan seperti event musik memang butuh banyak persiapan. Tak terkecuali mencari ide namanya. Tentu agar lebih menarik pengunjung maupun sponsor, nama sebuah event musik haruslah yang seru dan mencuri perhatian.

Ide Nama Event Musik

Kalau punya ide nama event musik sendiri itu bagus. Tetapi kalau kamu kesulitan menentukan pilihan, cobalah mengambil beberapa contoh nama event musik berikut ini:

  1. Semarak Pesta Rakyat

Merupakan salah satu event musik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyambut hari jadi provinsi tersebut. Biasanya untuk nama event musik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun pusat, menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun menggunakan bahasa baku sekalipun, acara tetaplah menarik.

  1. Smansa Outstanding

Event musik satu ini merupakan acara yang digelar oleh SMA Negeri 1 Pekalongan. Biasanya untuk event-event musik yang diselenggarakan oleh sekolahan menggunakan awalan nama beken sekolah kemudian diikuti dengan istilah bahasa Inggris. Biasanya sasaran audiens yang dituju adalah remaja untuk event musik seperti ini.

  1. Net 4.0

Net 4.0 merupakan salah satu acara musik yang diselenggarakan stasiun Net TV untuk memperingati hari jadi stasiun TV tersebut. Kamu bisa mengadopsi nama event musik dengan format seperti yang Net TV adopsi. Yaitu nama organisasi atau kelompok, kemudian diikuti dengan angka yang merupakan tahun organisasi berdiri.

Biasanya dengan format angka seperti yang digunakan Net TV ini, acara musik yang digelar berkaitan dengan hari jadi. Baik itu dies natalies sekolahan, forum, dan sejenisnya.

  1. Java Jazz Festival

Ide nama event musik selanjutnya lebih spesifik. Misalnya seperti Java Jazz Festival. Dari namanya saja sudah merujuk ke festival musik Jazz. Bagi yang hendak menyelenggarakan event musik dengan genre tertentu, kamu bisa mengaplikasikan nama genre musik di dalamnya.

  1. Summer Sonic Festival

Event musik satu ini diselenggarakan di Osaka, Jepang. Ide nama musik tersebut bisa menjadi inspirasi. Misalnya acara musik tersebut diselenggarakan di musim tertentu, jangan ragu untuk menyematkan nama musim di event yang akan diselenggarakan.

Contoh lain dengan bahasa Indonesia seperti Gebyar Pesta Panen 2021. Selain acara musik, di event tersebut juga tersirat informasi acara yang diselenggarakan karena sedang berada di masa panen.

  1. Festacap

Untuk yang ingin mencari ide event musik yang singkat, padat, tetapi masih mengena di hati, cobalah gunakan akronim. Contohnya Festacap yang berarti Festival Cilacap. Acara musik tersebut diselenggarakan di Cilacap yang tentunya berisi berbagai acara.

Untuk lebih memperjelas isi acara, kamu bisa menambahkan tagline di bawah nama acara tersebut. Contohnya Festacap (Nguri-nguri Budaya). Dari tagline tersebut tersirat bahwa festival musik tersebut juga berisi acara musik dan adat daerah.

  1. Gebyar BCA

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan event musik satu ini. Acara musik tersebut merupakan tayangan yang dulu diselenggarakan di Indosiar. Format penamaan event musik tersebut cukup singkat tetapi jelas. Selain menggunakan istilah atau kata yang berarti meriah, ada juga nama sponsor utama di acara tersebut.

Penamaan event dengan menyertakan sponsor utama ini biasanya digunakan atas permintaan sponsor. Jika memang demikian, padukan dengan kata yang berarti meriah atau semarak, seperti contohnya Gebyar BCA, Semarak BRI, dan sejenisnya.

Tips Menciptakan Nama Event yang Menarik

Kamu bisa mengabungkan kata di atas dengan acara musik seperti apa yang ingin kamu selenggarakan. Selain itu, untuk membuat nama event musik menarik, coba pertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Memiliki Ciri Khusus

Mencari ide nama event musik tidak harus mengikuti arus. Kamu bisa tampil beda agar acara lebih berkesan dan seolah tidak pasaran. Cari nama acara yang sekiranya unik, jarang digunakan, tapi mudah diterima oleh masyarakat luas.

  1. Pendek dan Tajam

Acara yang diselenggarakan tidak hanya meriah sesaat, tapi harus benar-benar membekas di benak khalayak. Carilah nama acara yang tidak terlalu panjang, isinya jelas, sehingga orang-orang mudah memahaminya. Contohnya Urban Street Festival, Gebyar Dangdut Rakyat, dan sebagainya.

  1. Mudah Diingat

Memang nama acara harus unik, tapi jangan sampai terlalu susah dieja hingga sulit diingat. Cari nama acara yang sederhana, gampang dieja oleh target peserta, dan mudah dimengerti semua kalangan.

Tidak salah menggunakan kata dari bahasa asing. Akan tetapi, sebaiknya gunakan kata dari bahasa asing yang familiar bagi kebanyakan orang. Kamu pun bisa menggunakan akronim yang unik agar mudah diingat.

  1. Perjelas dengan Pesan

Tiap acara termasuk yang basisnya musik harus memiliki pesan khusus yang akan disampaikan ke para partisipan. Nama sebuah even harus merefleksikan pesan yang ingin disampaikan. Misalnya jika acara musik bertajuk budaya tradisional, kamu bisa menambahkan tagline yang berkaitan dengan kebudayaan. Misalnya tagline berbahasa daerah, atau yang lainnya.

  1. Berbasis Realitas

Nama sebuah event musik yang bagus haruslah mencerminkan sesuatu yang spesifik. Institusi penyelenggara, produk, maupun tema harus sesuai dengan kenyataan acara yang hendak dilangsungkan.

  1. Menyenangkan Didengar dan Dilihat

Memberi nama sebuah acara terlebih acara musik yang notabene identik dengan kesenangan haruslah yang enak dilihat maupun didengar. Selain memenuhi unsur relevan dengan tema acara, saat membaca nama event musik pun langsung jelas maksudnya.

Selain itu, rangkaian kata yang membentuk nama acara akan terasa enak dibaca, menarik bagi siapapun yang melihat, dan bisa membekas di telinga. Judul acara yang menarik dilihat dan didengar ini, secara tidak langsung bermanfaat sebagai bagian dari soft marketing.

  1. Tidak Ada Asosiasi Negatif

Kosakata dan aneka istilah baru kerap bermunculan seiring perkembangan peradaban. Penggunaan bahasa gaul atau tidak baku untuk nama acara sebenarnya tidak masalah. Selama artinya tidak menyinggung SARA, sah-sah saja disematkan.

Tidak selamanya menama-i sebuah acara harus dengan bahasa baku. Boleh saja menggunakan bahasa gaul atau yang sedang kekinian asal artinya baik dan tidak menyinggung golongan tertentu. Biasanya penyematan bahasa kekinian merujuk ke acara yang target pasarnya anak muda.

Nah itu dia beberapa macam ide nama event musik beserta contohnya. Kamu dapat mengadopsi sejumlah istilah bahasa asing, yang paling penting pastikan nama acara relevan dan tentunya bisa diingat semua orang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide nama event musik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Contoh Spin Off
Ide Nama Catering yang Menjual, Dijamin Sukses
Pengertian Kegiatan Distribusi dan Contohnya
Apa itu Barang Subtitusi? Berikut Contoh Barang Subtitusi!
Tip Menentukan Nama Brand Pakaian / Distro
Contoh-Contoh Biaya Overhead
Deretan Ide Bisnis yang Punya Prospek Bagus Saat New Normal
Contoh-Contoh Kasus Pencurian Identitas
Untung Rugi Mengganti Nama Usaha
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya


Bagikan Ke Teman Anda