Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengenal Seluk-Beluk Dompet Digital

Sejak merebaknya virus Covid-19 ke seluruh penjuru dunia pada akhir tahun 2019 lalu, telah banyak upaya yang dilakukan untuk menghambat penyebaran virus tersebut. Lockdown atau karantina wilayah, anjuran untuk menjaga kebersihan dengan sering-sering mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak sosial minimal satu meter, dan menggunakan masker. Tak hanya itu, dalam melakukan transaksi ekonomi pun diimbau untuk menggunakan pembayaran non-tunai (cashless).

Disadari atau tidak, uang turut berperan dalam penyebaran virus Covid-19. Sebab, uang disentuh oleh banyak orang dan mudah berpindah kepemilikan dari satu orang ke orang lainnya. Maka dari itu, penting untuk menggunakan pembayaran non-tunai dan non-kartu dalam setiap transaksi ekonomi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, pembayaran non-tunai dan non-kartu bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Berbasis teknologi blockchain, sektor keuangan menghadirkan solusi atas kebutuhan pembayaran non-tunai dan non-kartu untuk berbagai jenis transaksi, yaitu e-wallet atau yang dikenal dengan dompet digital.

Apa itu dompet digital?

Dompet digital atau dompet elektronik (e-wallet) merupakan sistem berbasis perangkat lunak yang menyimpan informasi pembayaran dan kata sandi pengguna secara aman untuk berbagai metode pembayaran. Keberadaan dompet digital memungkinkan pengguna untuk bertransaksi secara praktis, mudah, dan cepat.

Keberadaan dompet digital dapat meminimalisir kerepotan ketika membawa dompet secara fisik, yang di dalamnya tersimpan lembaran uang tunai dan kepingan uang koin, berbagai macam kartu baik kartu debit maupun kartu kredit serta jenis-jenis kartu lainnya seperti kartu identitas, kartu keanggotaan, kartu jaminan kesehatan, dan lainnya. Uang tunai dan berbagai kartu untuk tujuan pembayaran transaksi tersebut dapat disederhanakan dalam bentuk dompet digital.

Dengan dompet digital, pengguna tak perlu lagi repot membawa uang tunai dan bermacam-macam kartu untuk bertransaksi. Sebab, dompet digital dapat menyimpan semua informasi pengguna melalui aplikasi. Penggunaannya pun beragam, bisa untuk melayani banyak tujuan transaksi. Anda bisa mengunggah item seperti SIM, kartu hadiah, kartu debet, kartu kredit, tiket acara hiburan, tiket transportasi, dan lainnya. Dengan begitu, dompet digital akan mempermudah aktivitas pengguna sehari-hari.

Dompet digital dapat meminimalisir bahkan menghindari risiko kehilangan uang, kartu-kartu transaksi, dan dokumen penting lain yang disimpan di dompet fisik. Ketika Anda kehilangan dompet, maka seluruh isi yang tersimpan di dalam dompet itu pun akan hilang. Lain halnya dengan dompet digital, jika data yang tersimpan di dalamnya hilang, maka Anda bisa memulihkannya melalui cadangan. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengingat kata sandi yang rumit, karena dompet digital menggunakan passcode atau nomor token yang berbeda-beda ketika Anda ingin memanfaatkannya untuk bertransaksi.

Dalam bertransaksi, dompet digital menawarkan kemudahan yang memungkinkan pengguna untuk membayar pembelian melalui smartphone-nya. Bagi perusahaan penyedia layanan dompet digital, ada potensi keuntungan di mana perusahaan dapat mengumpulkan data konsumen. Tujuannya tentu bukan untuk disalahgunakan atau kecurangan (fraud), tetapi lebih pada riset dan analisis kebiasaan pembelian pelanggan mereka, sehingga dapat semakin efektif memasarkan layanannya.

Manfaat dompet digital

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini e-commerce semakin berkembang. Jual beli secara online semakin diminati. Artinya, permintaan akan fasilitas jual beli online semakin meningkat. Seiring dengan hal tersebut, pembayaran online non-tunai dan non-kartu tentu juga dibutuhkan untuk memperlancar transaksi jual beli. Sebab itulah, dompet digital hadir di tengah-tengah kebutuhan konsumen akan sistem pembayaran online yang mudah, praktis, cepat, dan tentu saja aman.

Bicara tentang manfaat dompet digital, selain mudah dan cepat, dompet digital juga menawarkan manfaat utama yang tidak didapatkan pada pembayaran tunai atau menggunakan kartu.

  • Proses pembayaran sederhana

Dengan dompet digital, penguna dapat dengan sangat cepat membayar produk atau layanan yang ditawarkan oleh toko online. Lain halnya dengan pembayaran menggunakan kartu, di mana prosesnya cenderung lebih rumit karena harus memasukkan nomor kartu dan kode CVV (Card Verification Value).

  • Penggunaannya tidak terbatas waktu

Setiap pengguna yang telah melakukan registrasi pada aplikasi dompet digital, maka secara otomatis akan memiliki akun di sistem layanan pembayaran elektronik. Dengan akun tersebut, pengguna bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, selama saldonya mencukupi.

  • Kecepatan transaksi tinggi

Dompet digital menawarkan kecepatan transaksi yang tinggi. Transaksi dengan dompet digital dapat dilakukan dalam hitungan menit. Lain halnya dengan transfer bank yang terkadang membutuhkan waktu beberapa jam bahkan hingga beberapa hari untuk bank yang berbeda.

  • Fungsi pembayaran lebih luas

Salah satu keunggulan dari dompet digital adalah memiliki fitur yang secara fungsional pembayaran lebih luas. Akun pengguna yang memuat semua informasi keuangan pribadi sangat terlindungi, sehingga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara aman. Selain itu, dompet digital juga menawarkan pendanaan dan penarikan dana dengan mudah, sehingga pengguna menjadi lebih nyaman dalam bertransaksi online.

  • Memudahkan pembayaran pekerjaan online

Bagi pengguna yang bekerja di rumah sebagai freelancer, kehadiran dompet digital jelas membantu dalam proses penerimaan pembayaran atas project pekerjaan yang diberikan oleh klien secara online. Dengan demikian, project pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan kesepakatan tanpa takut terhambat oleh pengiriman fee atas jasa yang diberikan.

  • Lebih aman

Dompet digital menggabungkan berbagai protokol keamanan untuk memastikan akses ke informasi di dalamnya dilakukan oleh pemilik akun. Sistem keamanan yang diterapkan tergantung dari setiap provider atau perusahaan penyedia layanan dompet digital, bisa berupa kata sandi, passcode, nomor token, pemindaian sidik jari atau wajah, dan lainnya.

  • Lebih mudah mengorganisir transaksi

Apapun jenis transaksi keuangan Anda, bisa dilakukan menggunakan dompet digital. Sebut saja pembelian non-tunai dan non-kartu, transfer, setor dan tarik dana tunai, pembayaran cicilan online, dan lain sebagainya. Berbagai aktivitas transaksi keuangan tersebut dapat dilakukan kapan saja dan di masa saja, tanpa harus direpotkan dengan mencari kartu yang terselip di dompet, menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), menekan tombol PIN, atau yang lainnya.

  • Lebih simpel

Untuk menyimpan uang tunai dalam jumlah cukup banyak dan berbagai macam kartu transaksi tentu membutuhkan dompet yang besar. Selain keberadaannya mencolok, ukuran dompet yang besar dan tebal berisiko mengundang seseorang untuk berbuat kejahatan, seperti mencopet atau bahkan lebih ekstrem merampok dengan kekerasan.

Dengan adanya dompet digital, risiko kehilangan dan tindak kriminal bisa diminimalisir bahkan dihindari. Jika pun Anda butuh dompet untuk menyimpan uang tunai sebagai cadangan atau jaga-jaga apabila toko di mana Anda membeli barang tidak menyediakan sistem pembayaran non-tunai, tentu ukuran dompet bisa menggunakan yang lebih kecil sehingga tidak mencolok.

Barang bawaan Anda saat bepergian menjadi lebih simpel, karena segala informasi keuangan Anda bisa diakses dengan mudah dari smartphone. Namun, untuk menggunakan dompet digital, pastikan smartphone Anda senantiasa terkoneksi dengan internet.

Cara kerja dompet digital

Tanpa kartu dan tanpa rekening, bagaimana dompet digital bekerja? Pada prinsipnya cara kerja dompet digital tidak terlalu kompleks, bahkan tergolong sederhana. Anda hanya perlu memiliki perangkat seluler, bisa berupa smartphone, tablet, atau smartwatch (jam tangan pintar). Selain itu, pastikan bahwa Anda telah mengunduh aplikasi dompet digital yang diinginkan dan menginstalnya di perangkat pintar Anda.

Setiap aplikasi dompet digital umumnya memiliki keunggulan sekaligus kelemahan masing-masing. Jadi, Anda harus putuskan aplikasi dompet digital yang akan dipasang di perangkat pintar Anda. Kabar gembiranya, aplikasi dompet digital yang ada di Play Store umumnya competible dengan sistem operasi android. Oleh sebab itu, bagi Anda pengguna android, maka Anda bebas memilih aplikasi dompet digital yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kembali ke cara kerja dompet digital. Dompet digital merekam dan menyimpan semua informasi keuangan baik rekening tabungan maupun kartu debet atau kredit yang Anda masukkan ke dalam aplikasi. Informasi yang Anda masukkan tersebut kemudian dienkripsi. Anda hanya akan dapat menggunakan dompet digital ketika Anda membuka kunci perangkat Anda dan mengotorisasi penggunaannya.

Ketika Anda ingin melakukan pembayaran menggunakan dompet digital, Anda hanya perlu mengotorisasi dompet digital Anda. Dekatkan perangkat pintar Anda ke pembaca kartu sehingga informasi yang terdapat dalam aplikasi dompet digital tersebut dapat dikirim.

Namun harus diketahui bahwa tidak semua merchant menerima pembayaran seluler. Meski demikian, tidak sulit untuk menemukan merchant yang menerima pembayaran seluler. Anda cukup mencari simbol yang tampak seperti ikon WiFi di samping pada setiap merchant. Jika Anda menemukannya, maka merchant tersebut menerima pembayaran seluler atau digital.

 

Kekhawatiran dompet digital

Dompet digital didukung dengan teknologi canggih dalam keamanannya. Artinya, perusahaan penyedia produk dan layanan dompet digital dapat memastikan bahkan menjamin keamanan informasi dan pembayaran transaksi. Meski demikian, masih banyak pengguna smartphone yang enggan untuk menginstal aplikasi dompet digital di perangkat pintar dan menggunakannya untuk bertransaksi sehari-hari.

Terlepas keunggulannya, memang ada kelemahan yang masih menjadi kekhawatiran konsumen untuk menggunakan dompet digital. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Risiko pembobolan akun

Harus diakui bahwa dompet digital memang rawan terhadap tindak kejahatan cyber, di mana orang lain dapat masuk ke akun seseorang dan mengambil dananya. Salah satunya adalah risiko pembobolan akun oleh hacker atau penipu yang memanfaatkan sisi lengah sang pemilik akun. Dengan modus yang beragam, percobaan pembobolan akun dompet digital sering terjadi. Ada yang berhasil, ada juga yang tidak.

Misalnya dengan modus melakukan panggilan sebagai operator resmi perusahaan dompet digital dengan dalih adanya pembaruan sistem untuk mendapatkan informasi pribadi seperti kata sandi, kode verifikasi, dan lain sebagainya. Tanpa curiga, pemilik akun memberikan informasi rahasia yang diminta. Akibatnya, informasi tersebut bocor sehingga si penipu dapat dengan mudah mengakses akun dompet digital konsumen yang bersangkutan, dan menguras habis dana yang tersimpan di dalamnya.

  • Batasan perangkat teknologi

Perangkat pintar memang dapat mendukung setiap aktivitas termasuk yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Dengan menginstal aplikasi dompet digital, Anda sudah dapat melakukan transaksi pembayaran non-tunai dan non-kartu atas produk atau layanan yang dibeli. Sayangnya, perangkat pintar pun memiliki keterbatasan, terutama dalam daya tahan baterai.

Secanggih apapun perangkat pintar yang Anda miliki, tetapi ketika daya tahan baterai melemah sehingga perangkat pintar Anda mati, maka aplikasi dompet digital terbaik di dunia pun tidak akan berguna. Keterbatasan ini bisa saja menyebabkan kegagalan dalam bertransaksi tetapi dana terpotong.

  • Sistem tradisional masih diminati

Meski terkesan canggih dan praktis, namun kebanyakan konsumen lebih berminat untuk tetap menggunakan pembayaran dengan uang tunai dan kartu debet atau kredit. Sistem tradisional yang masih diminati oleh banyak konsumen ini tentu saja menjadi hambatan utama dalam upaya mengadopsi dompet digital.

  • Keamanan data jika terjadi kehilangan

Banyak konsumen yang masih meragukan keamanan dompet digital. Mereka khawatir apabila kehilangan ponselnya, maka data dan informasi keuangan yang tersimpan di dalam aplikasi dompet digital dapat dengan mudah diretas orang lain. Intinya, mereka tidak ingin mempertaruhkan keuangannya untuk mencoba memanfaatkan teknologi dompet digital dalam aktivitasnya sehari-hari.

Terlepas dari keraguan dan kekhawatiran yang muncul seputar dompet digital, perlu adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran konsumen akan pentingnya dompet digital dalam membantu memudahkan transaksi harian. Pembayaran seluler non-tunai dan non-kartu sebenarnya sangat aman, karena data dan informasi keuangan dienkripsi dan setiap akses ke akun dompet digital akan diberi nomor token. Hal ini berarti bahwa tidak ada nomor kartu atau akun pengguna yang disimpan di dalam dompet digital, tetapi pada server yang sulit untuk diĀ­-hack.

Setiap informasi pribadi yang dimasukkan ke dalam dompet digital, akan diubah menjadi kode unik melalui enkripsi yang hanya bisa diakses oleh entitas resmi. Tingkat keamanan dompet digital semakin tinggi dengan menerapkan sistem tokenisasi, yang mengambil data terenkripsi yang sensitif dan mengubahnya dengan padanan digital non-sensitif yang dikenal dengan token. Token ini unik karena dibuat secara acak setiap kali pengguna melakukan pembayaran. Jadi, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari sistem keamanan dompet digital ini, karena hanya gateway pembayaran pedagang yang dapat mencocokkan token untuk menerima pembayaran.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengenal seluk-beluk dompet digital, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengenal Tugas dan Wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Penyebab Kita Jadi Lebih Boros Selama Pandemi
Keringanan Kredit Covid dari Bank Cimb Niaga
9 Sektor Industri yang Tersungkur Akibat Hantaman Virus Corona
Apa Itu Coronavirus?
Tips dan Trik Berbelanja Makanan Selama Pandemi Virus Corona
Hobi dan Aktivitas yang Masih Bisa Dilakukan Dengan Menjaga Jarak Selama Pandemi
Apa itu Dompet Digital? Definisi Dompet Digital
Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Dunia
Cara Agar Tetap Berfikir Positif Selama Pandemi Corona


Bagikan Ke Teman Anda