Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Negara-Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia

Menurut laporan dari The World Happiness Report, Finlandia menempati urutan pertama sebagai Negara paling bahagia sedunia dalam kurun waktu dua tahun berturut-turut. Namun jika ada Negara dengan sebutan paling bahagia sedunia, tentu ada negara-negara paling tidak bahagia sedunia.

Kami memiliki daftarnya dan akan mengulas secara singkat mengapa predikat tersebut melekat pada sejumlah negara itu. Namun ada baiknya terlebih daluhulu kita mengethui sejarah dari The World Happiness Report.

Sejarah

Pada Juli tahun 2011, Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggotanya untuk mengukur kebahagiaan masyarakat mereka. Data tersebut sejatinya akan dipergunakan untuk membantu memandu kebijakan publik.

Laporan mengenai ranking kebahagiaan negara di dunia pertama kali dirilis pada 1 April 2012, dan langsung menarik perhatian dunia. Laporan tersebut berisi antara lain tentang keadaan kebahagiaan dunia, penyebab kebahagiaan dan kesengsaraan dunia, serta implikasi kebijakan yang disorot oleh studi kasus.

Selanjutnya laporan kebahagiaan dunia dikeluarkan tiap tahunnya, kecuali pada tahun 2014. Laporan tersebut dapat diunduh untuk umum dalam situs web World Happiness Report.

Metode

Peringkat kebahagiaan nasional didasarkan pada sebuah survey yang dilaksanakan di negara setempat. Sample responden yang representatif diminta untuk menilai kehidupan mereka sendiri pada skala 0 sampai 10. Yang mana angka 10 merujuk pada kehidupan yang terbaik dan angka 0 merujuk pada yang terburuk.

Pada laporan tersebut, berbagai ahli ekonomi, psikologi, analisis survey dan statistik nasional mampu menunjukkan bagaimana pengukuran kesejahteraan sangat efektif untuk menilai kemajuan suatu negara.

Selain tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan negara-negara di dunia, setiap laporan dibekali dengan penulis kontribusi yang fokus pada subjek. Data yang dipakai untuk memeringkat negara pada tiap laporan berasal dari Gallup World Poll dan juga sumber lain seperti World Values Survey.

Negara-negara dengan peringkat kebahagiaan teratas cenderung memiliki nilai tinggi untuk keenam varibel kunci yang mendukung kesejahteraan, diantaranya:

  • Pendapatan
  • Harapan hidup sehat
  • Dukungan sosial
  • Kebebasan
  • Kepercayaan
  • Kemurahan hati

Uniknya, menurut laporan di tahun 2019, negara-negara Nordik selalu menempati dafar teratas dalam peringkat kebahagiaan ini. Selain Finlandia, ada Denmark, Norwegia, Islandia, Belanda, Swiss, Swedia, Selandia Baru, Kanada, dan sepuluh besar yang terakhir adalah Aaustralia.

Survey menempatkan Finlandia sebagai Negara paling bahagia di dunia karena memperhatikan beberapa faktor. Negara tersebut dinilai tidak hanya memperhatikan penduduk keturunan Finlandia asli, namun juga kehidupan para imigran.

Selain itu, warga Finlandia juga mau membayar pajak tinggi untuk jaringan pengamanan sosial. Mereka percaya pada pemerintah, hidup dalam kebebasan, dan ramah antar sesama warga.

Lalu di mana letak peringkat Indonesia? ternyata Indonesia menempati peringkat ke 92 dari 156 negara. Posisi ini lebih unggul jika dibandingkan dengan China dan Vietnam.

Negara Paling Tidak Bahagia Sedunia

Sayangnya prestasi menggembirakan dari sejumlah negara tersebut harus berbenturan dengan kenyataan bahwa di dunia ini ada pula negara-negara paling tidak bahagia. Berikut ini adalah daftar 6 negara dengan peringkat kebahagiaan terendah di dunia.

1. Rwanda

Meskipun pemerintah telah menyediakan fasilitas pendidikan gratis hingga 12 tahun, namun salah satu negara terkecil di benua Afrika ini memiliki laporan buruk tentang kesehatan.

Kualitas kesehatan di Rwanda sangatlah buruk, banyak anak-anak yang tidak mampu bertahan hidup hingga usia 6 tahun. Penyebabnya mulai dari serangan malaria hingga beragam penyakit mematikan lainnya.

2. Yaman

Perang saudara yang terjadi sejak tahun 2014 antara Houthi dan pasukan pemerintah menyebabkan Yaman masuk dalam kategori negara paling tidak bahagia di dunia.

Pada Maret 2015, koalisi Negara-negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi serta Al-Qaedah mengambil bagian dalam perang dan berada di pihak pemerintah Yaman.

3. Tanzania

Kesadaran melek huruf di Tanzania adalah 73% di tahun 2011. Pendidikan wajib bagi anak-anak Tanzania berlangsung selama 7 tahun. Namun sayangnya banyak anak putus sekolah di tengah jalan, atau berhenti bersekolah dalam beberapa periode.

Sebuah data di tahun 2000 menyebutkan hanya sekitar 57% anak-anak usia 5 hingga 14 tahun yang mampu bersekolah.

4. Sudan Selatan

Lagi-lagi perang saudara menjadi penyebab terpuruknya peringkat kebahagiaan suatu negara. Hal ini terjadi pula di Negara Sudan Selatan. Perang saudara yang dimulai tahun 2013 dan masih berlanjut hingga hari ini telah menewaskan sekitar 300 ribu jiwa.

Tahun 2017, Sudan Selatan mengumumkan kelaparan di beberapa bekas Negara Persatuan dengan 100 ribu warga yang terdampak.

5. Republik Afrika Tengah

Menurut Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, Republik Afrika Tengah memiliki perkembangan manusia terendah. Negara tersebut juga dianggap sebagai Negara yang tidak sehat. 11% dari populasi yang berusia antara 15 dan 49 tahun adalah pengidap HIV.

Sama halnya seperti Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah juga bergelut dengan adanya perang saudara yang tentu saja meninggalkan pengaruh negatif pada tiap tingkat kehidupan.

6. Burundi

Burundi telah dilaporkan melakukan pelanggaran hak asasi manusia, yakni: pembunuhan di luar proses hukum, penyiksaan, kekerasan seksual, serta dikenal sebagai salah satu negara yang menganggap illegal homoseksualitas.

Pada tahun 2015, tingkat melek huruf orang dewasa di Burundi telah meningkat menjadi 85,6 % (88,2 % untuk pria, dan 83,1 % untuk wanitanya).

Melihat sejumlah fakta yang terjadi pada negara-negara paling tidak bahagia di dunia tersebut, kita wajib mengucap syukur karena tinggal di Negara Indonesia yang sejahtera, damai, dan masih memiliki sikap toleransi tinggi. Semoga peringkat kebahagiaan Negara Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang negara-negara paling tidak bahagia sedunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Negara dengan Bunga Bank Sentral Tertinggi di Dunia
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
10 Negara Paling Makmur di Dunia
10 Negara Paling Suka Minum Susu
Negara-Negara Paling Bahagia Sedunia 2019
Mengapa Negara Dunia Ketiga Jarang yang Maju? Ini Dia Masalah Negara Dunia Ketiga!
10 Negara dengan Jumlah Billionare Terbanyak
10 Negara Paling Panas Di Dunia
Mengapa Asia Timur Lebih Maju Dibandingkan Asia Tenggara?


Bagikan Ke Teman Anda