Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pentingnya Stabilitas Harga Bagi Masyarakat dan Negara

Prasyarat dasar untuk mencapai peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan yang tinggi dan peningkatan kualitas pertumbuhan adalah stabilitas perekonomian. Stabilitas perekonomian menciptakan stabilitas harga karena perekonomian yang stabil mampu menyebabkan biaya yang rendah atau terjangkau bagi masyarakat.

Sebaliknya, ketidakstabilan akan menyengsarakan masyarakat karena rencana masa depan sulit tercapai, khususnya dalam jangka panjang terkait investasi.

Pengaruh Inflasi terhadap Kestabilan Ekonomi

Inflasi atau kenaikan harga yang tinggi akan membuat masyarakat mengalami penurunan daya beli. Inflasi juga bisa menyebabkan inefisiensi sumber daya akibat perubahan permintaan atau penawaran barang dan jasa secara umum. Pemerintah harus mampu menciptakan stabilitas harga demi keberlangsungan ekonomi secara makro.

Kebijakan moneter harus terkoordinasi dengan baik dan didukung oleh kebijakan reformasi struktural untuk memperkuat dan memperbaiki fungsi pasar agar stabilitas harga tercapai. Nilai tukar akan relatif stabil apabila inflasi cukup rendah.

Stabilitas harga barang kebutuhan pokok sulit dikendalikan oleh pemerintah pada hari-hari besar seperti Idul Fitri dan natal. Jika inflasi hanya terjadi periodik atau pada masa tertentu maka masyarakat yang menjadi konsumen mungkin tidak akan merugi, tetapi jika inflasi terjadi secara terus menerus tentu saja sangat meresahkan.

Pemerintah bersama instansi terkait harus melakukan identifikasi akan ketersediaan stok barang menjelang hari-hari besar sehingga penyumbatan di beberapa sektor penyaluran barang kepada konsumen bisa dicegah. Pemerintah juga penting memantau harga secara nasional di setiap daerah secara berkala.  Selain itu, pemerintah juga harus meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang yang beredar di kalangan masyarakat.

Pengamanan situasi juga penting untuk dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kestabilan harga barang di putaran ekonomi nasional. Banyaknya barang-barang illegal juga dapat mengganggu kestabilan harga barang terutama barang-barang impor di lapak pasar nasional. Pemerintah juga harus membentuk tim untuk melakukan survei secara berkala ke pasar-pasar.

Kebijakan, regulasi, dan lainnya secara konsisten agar hasilnya bisa dicapai. Masyarakat juga harus berperan dalam menjaga kestabilan harga barang agar tidak muncul oknum-oknum gembong yang menjadi menyumbat kestabilan sistem ekonomi nasional. Inflasi memengaruhi kesejahteraan masyarakat dan perekonomian suatu negara.

Inflasi menjadi objek yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan ekonomi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap negara melalui otoritas moneter atau bank sentral harus selalu berusaha untuk mengendalikan laju inflasi agar tetap rendah dan stabil.

Pengukuran Inflasi

Inflasi dapat diukur dengan menghitung persentase perubahan indeks harga. Indeks harga terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut.

  1. Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI), yaitu indeks yang mengukur harga rata-rata barang tertentu yang telah atau biasa dibeli oleh konsumen.
  2. Indeks biaya hidup atau Cost of Living Index (COLI), yaitu indeks yang mengukur biaya hidup masyarakat secara rata-rata.
  3. Indeks harga produsen adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang-barang yang dibutuhkan oleh produsen untuk melakukan proses produksi. IHP sering dipakai untuk meramalkan IHK pada masa depan karena perubahan harga bahan baku dapat meningkatkan biaya produksi sehingga harga barang-barang konsumsi juga meningkat.
  4. Indeks harga komoditas adalah indeks yang mengukur harga barang atau komoditas tertentu.
  5. Indeks harga barang-barang modal yang mengukur tingkat harga barang yang biasa digunakan oleh para produsen.
  6. Deflator PDB yang mengukur perubahan harga semua barang baru, barang produksi lokal, barang jadi, dan jasa.

Alasan Pentingnya Kestabilan Harga

Bank Indonesia adalah bank sentral Indonesia yang mendapatkan mandat dari undang-undang untuk mengendalikan laju inflasi. Alasan-alasan pentingnya kestabilan harga menurut Bank Indonesia sebagai berikut:

  1. Inflasi yang tinggi membuat pendapatan riil masyarakat akan menurun sehingga standar hidup masyarakat juga turun.
  2. Inflasi yang tidak stabil akan menyebabkan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan. Masyarakat akan merasa sulit dalam melakukan konsumsi, investasi, dan produksi yang menghambat pertumbuhan ekonomi.
  3. Inflasi domestik yang lebih tinggi daripada inflasi di negara tetangga bisa menyebabkan tingkat bunga domestik riil menjadi tidak kompetitif sehingga nilai rupiah akan tertekan sehingga nilainya tetap rendah.

Peran Stabilitas Harga dalam Makro Ekonomi

Hal-hal penting dalam makro ekonomi antara lain pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran, dan stabilitas harga. Harga yang stabil akan menyebabkan inflasi lebih terkendali sehingga kondisi makro ekonomi sebuah negara akan baik. Laju inflasi dapat memengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri yang juga memengaruhi nilai tukar rupiah. Ada empat langkah strategis dalam pengendalian inflasi daerah yang harus dilakukan untuk mencapai ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi ekspektasi.

Kestabilan harga barang terutama harga barang-barang pokok terbukti mampu menjaga stabilitas kondisi politik. Masyarakat cenderung lebih tenang karena kebutuhan pokoknya terpenuhi dengan baik sehingga stabilitas negara tetap terjaga. Peran Kementerian Perdagangan sangat penting dalam menjaga ketersediaan bahan pokok dengan harga yang stabil.

Kestabilan harga juga mencerminkan kondisi psikologi masyarakat karena panic buying oleh masyarakat mungkin terjadi. Kurangnya informasi dan persepsi negatif masyarakat menjadi penyebab panic buying secara serempak.

Kestabilan harga sebagai resultan dari berbagai usaha yang telah dilakukan secara sinergis dan harmonis oleh pemerintah dan masyarakat. Kerja sama dan koordinasi Kemendag dengan Bulog, Kepolisian RI, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan lembaga lain memiliki peran yang penting.

Semua lapisan dan warga negara Indonesia memiliki peran yang penting bagi perekonomian. Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga perlu berperan agar kesejahteraan dapat diraih. Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi menjadi tujuan utama yang harus dicapai oleh pemerintah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya stabilitas harga bagi masyarakat dan negara, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Penyebab Harga Minyak Naik Turun? Berikut Faktor-faktornya
4 Penyebab Harga Buku Teks Kuliah Lebih Mahal
Apa yang Terjadi ketika Negara Gagal Membayar Utang (Default)?
Apa itu Resesi Ekonomi? Apa Indikatornya?
Apa Itu Predatory Pricing? Strategi Penetapan Harga Predatory
Mengapa Barang Dari China Murah?
Negara Paling Bersih dan Sehat
Negara dengan Bank Teraman Di Dunia
Tip Tawar Menawar Harga di Tempat Wisata
15 Negara HIV/AIDS Terbesar


Bagikan Ke Teman Anda