Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Strategi Cara Keluar dari Utang di Tahun 2019

Utang merupakan hal yang kebanyakan kita alami. Baik itu utang kartu kredit, pinjaman rumah, mobil, bahkan utang berupa pinjaman kepada teman. Memiliki utang memang akan mengaburkan masa depan finansial kita. Maka jadikan tahun 2019 ini sebagai momen untuk memutuskan diri keluar dari utang.

Utang akan membuat anda tidak mampu mencapai tujuan keuangan anda. Sebanyak 33% pekerja yang telah disurvey mengemukakan bahwa utang bisa menyebabkan stress. Dan terlalu memiliki banyak utang akan membuat anda tertekan dengan skor kredit rendah dimana suku bunga yang harus dibayar pun lebih tinggi. Tapi tenang saja, berikut beberapa strategi lengkap untuk keluar utang di tahun 2019.

1. Ketahui bagaimana posisi keuangan anda yang sebenarnya

Pertama-tama ketahui bagaimana posisi keuangan anda dengan merinci kekayaan bersih terlebih dulu. Mungkin anda menilai bahwa anda memiliki saldo cukup banyak di berbagai kartu kredit. Namun cobalah ambil kertas dan pulpen lalu tuliskan semua utang anda. Tulis juga saldo utang anda, pembayaran bulanan, hingga bunga yang dibebankan pada anda.

Kemudian tambahkan semua aset termasuk uang tunai yang ada di bank. Tambahkan juga ekuitas rumah, investasi, dan lainya. Kurangkan utang anda dari aset yang anda miliki. Hasilnya anda akan mendapatkan nilai kekayaan bersih.

Mungkin anda akan memperoleh angka negatif. Namun jangan khawatir dulu. Sebab ini barulah langkah awal untuk lepas dari utang. Tujuan menghitung kekayaan bersih ini agar anda lebih mudah dalam mengelola uang dan utang.

2. Penuhi skor kredit anda

Skor kredit didasarkan pada informasi yang ada pada laporan kredit. Skor kredit memainkan peran penting dalam kehidupan keuangan anda. Skor yang bagus akan membuat anda memperoleh suku bunga rendah. Sebaliknya, skor yang buruk akan membuat anda mendapatkan biaya cukup besar dalam bentuk bunga.

3. Negosiasikan untuk mendapatkan pembayaran yang lebih rendah

Agar proses membayar utang tidak terlalu menyulitkan, jika anda mampu melakukannya maka kurangi suku bunga yang dibebankan pada anda. Caranya dengan melakukan negosiasi agar bisa mendapatkan pembayaran lebih rendah. 69% pemegang kartu kredit yang meminta suku bunga lebih rendah berhasil mendapatkannya. Bahkan 87% dari mereka bisa meminta keringan untuk besaran biaya keterlambatan.

4. Lunasi utang terkecil terlebih dulu

Memutuskan utang mana yang harus dilunasi terlebih dulu merupakan masalah yang dihadapi banyak orang. Anda bisa menggunakan cara “bola salju” dimana anda bisa melunasi utang terkecil terlebih dulu.

Misalnya saja anda memiliki utang lima kartu kredit yang berbeda dan pinjaman mobil. Anda bisa dengan cepat melunasi dua kartu terlebih dulu. Dengan cara tersebut, anda bisa mendapatkan kemajuan dalam melunasi utang.

5. Lunasi utang terbesar terlebih dulu

Poin ke-lima ini memang berseberangan dengan poin sebelumnya. Hal ini merupakan pendapat lain dari strategi melunasi utang. Melunasi utang terbesar terlebih dulu bisa dikatakan lebih efisien. Sebab ketika anda menyusun daftar utang, yang disusun berdasarkan tingkat bunganya.

Jadi untuk meminimalisir biaya bunga yang kian membengkak, maka lunasi terlebih dulu utang dengan tingkat bunga 21% sebelum anda membayar utang dengan tingkat bunga 12%.

6. Minimalisasikan penggunaan kartu kredit

Jika anda memiliki sejumlah kartu kredit dengan saldo terutang, simpanlah dan gunakan 1 atau 2 kartu saja dalam dompet. Tentu anda tidak ingin menjadi orang yang ditolak kartunya ketika melakukan pembayaran di suatu tempat. Maka cara termudah untuk terhindar dari hal tersebut adalah dengan meminimalisasikan penggunaan kartu kredit.

Jangan terlalu banyak membawa kartu. Sebab setiap biaya baru yang anda tambahkan ke 1 atau 2 kartu maka akan menjadi kewajiban anda untuk melunasinya setiap bulan. Maka jangan sampai membuat utang memburuk dan berlanjut.

7. Upayakan memiliki penghasilan tambahan

Ketika berada di masa-masa sulit, maka mencari penghasilan tambahan adalah salah satu solusi meringankan kondisi tersebut. Anda bisa membangun bisnis sampingan atau bekerja part time untuk memperoleh penghasilan tambahan. Jika anda mendapatkan penghasilan tambahan per bulannya, maka peluang untuk mencapai kebebasan finansial bukanlah isapan jempol semata.

Jadi selain berhemat, anda pun harus memiliki upaya untuk menghasilan tambahan biaya agar benar-benar bisa meningkatkan kesehatan finansial anda.

8. Jika utang pertama sudah lunas, terapkan jumlah total utang-utang berikutnya

Jika anda memiliki utang di beberapa kartu kredit, maka bayarlah jumlah minimum plus total pembayaran bulanan pada kartu kredit pertama anda. Jika kartu kredit pertama sudah lunas, maka lanjutkan proses pembayaran untuk kartu kredit berikutnya. Tambahkan jumlah penuh untuk utang yang akan anda lunasi ke pembayaran minimum utang berikutnya.

9. Jual mobil anda

Jika anda memiliki beban angsuran mobil yang begitu besar, cobalah pertimbangkan untuk menjual mobil anda dan carilah mobil bekas yang lebih murah. Tujuannya agar utang menjadi lebih ringan begitu pula untuk biaya asuransinya. Jika anda tidak memiliki beban angsuran mobil, cobalah putuskan untuk memiliki satu kendaraan saja.

Mungkin dengan satu buah kendaraan saja akan merepotkan anda karena harus mengantarkan anak atau pasangan. Namun hal ini jauh lebih menghemat biaya dan akan meringankan beban utang anda nantinya. Tak hanya mobil, cara tersebut juga bisa berlaku untuk barang-barang berharga lainnya yang sebenarnya tidak terlalu anda perlukan.

10. Belajarlah untuk mengatakan “Tidak”

Jalan-jalan di kota, minum dan makan bersama teman di luar, belanja, dan berbagai kesenangan lainnya memang begitu menggoda. Namun jika tidak sesuai dengan anggaran, maka anda akan mengorbankan masa untuk bersenang-senang untuk kedepannya. Maka mulailah untuk belajar mengatakan “Tidak” untuk hal-hal yang sebenarnya tidak anda mampui.

Bukan berarti anda harus mengisolasi diri sendiri ketika ingin keluar dari utang. Hanya saja carilah alternatif cara bersenang-senang yang tidak memakan banyak budget.

Demikian sejumlah strategi keluar dari utang di tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang strategi cara keluar dari utang di tahun 2019, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Tabungan Rencana? Apa Manfaatnya?
Apa Itu Deposito?
Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
Bagaimana Cara Menjadi Melek Finansial?
9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia
9 Tip Mengelola Keuangan yang Bisa Kita Pelajari dari Orang China
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina


Bagikan Ke Teman Anda