Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah perkara yang mudah, sebab tanggung jawab yang dipikul tidaklah main-main, terutama perannya dalam mengatur keuangan keluarga. Bila ibu salah mengatur keuangan maka sekeluarga bisa-bisa kena imbasnya, terlebih bila ibu seorang yang shopaholic.

Karenanya untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, anda harus bisa mengatur keuangan secara efisien agar penghasilan yang didapat oleh suami bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sekaligus juga bisa disisihkan untuk tabungan dan juga investasi masa depan.

Untuk itu ikuti tips berikut ini agar jadi ibu rumah tangga yang bijak dalam mengatur keuangan, simak selengkapnya.

1. Buat Anggaran Belanja dan Ikuti

Pengeluaran rumah tangga bila tak dikontrol dengan baik bisa-bisa membuat tagihan membludak dan menyita seluruh penghasilan. Sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi, membuat anggaran belanja tidaklah serumit yang dikira. Dan anda bisa mengatur dan mengontrol pengeluaran rumah tangga dalam sebuah daftar terperinci.

Yang isinya merinci setiap kebutuhan rumah tangga mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar, mulai dari sabun hingga belanja harian jangan sampai terlewat. Lalu setelah anggaran dibuat, ikuti anggaran tersebut dan jangan hanya dibuat sebagai pajangan saja. Karena anggaran dibuat untuk dipatuhi supaya lebih bermanfaat.

Karena dengan begitu, pengeluaran rumah tangga bisa dipantau dan misalkan ada pengeluaran tiak terduga semuanya masih bisa diantisipasi dan tidak sampai mengganggu keuangan.

2. Jangan Mengandalkan Diskon

Bagi wanita yang hobi belanja, bila melihat label sale atau diskon pasti tangan terasa gatal ingin memborong semua barang yang dilihat. Eits, tapi tunggu dulu. Jangan sampai anda tergoda label diskon atau potogan harga yang terpajang di toko-toko.

Tahu kenapa? Karena diskon bisa jadi jebakan untuk menarik anda yang suka tergiur dengan barang diskonan untuk menghabiskan uang untuk belanja. Lagi pula barang-barang diskon belum tentu juga layak, lihat dan cermati dengan baik bila memang anda ingin belanja ketika ada diskon.

Tahan diri dari lapar mata saat belanja akan lebih baik, meskipun diskon bisa membantu menghemat pengeluaran namun jangan hanya mengandalkan diskon.

3. Jalani Hidup Sederhana

Hidup dengan bergelimang materi dan kenyamanan memang menarik bagi sebagian orang yang memang mampu secara finansial. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan kenyamanan serupa. Menjalani hidup dengan sederhana akan mengajari anda dn keluarga untuk bersukur dan tidak bertindak mubazir.

Sehingga bisa mengontrol diri untuk menjauhi kegiatan yang bersifat pemborosan dan kurang bermafaat, karena bila ibu rumah tangga memiliki sifat tersebut maka keluarga bisa kacau. Tentunya selalu bersikap terbuka pada pasangan bila ingin membelanjakan uang untuk hal-hal yang dirasa bukan kebutuhan utama keluarga.

4. Belanja Kebutuhan Rumah Secara Efisien

Belanja dengan jumlah yang besar memang memberikan keutungan, karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding beli satuan. Tetapi, tak semua produk rumahan yang bisa dibeli dalam jumlah yang banyak karena ada batas kdaluarsanya.

Bila dipaksakan, bukannya bisa berhemat anda justru bisa rugi, karena barang yang sudah dibeli bisa-bisa rusak sebelum digunakan. Barang ini misalnya makanan, bumbu dapur, sayur-sayuran dan bahan-bahan lain yang memiliki masa kadaluarsa. Akan lebih baik bila anda lebih efisien dalam berbelanja kebuthan rumah.

Pilih dan beli bahan sekali pakai secukupnya saja, jangan suka membeli dalam jumlah besar hanya untuk mendapat potongan harga. Jeli lah dalam melihat tanggal kadaluarsa agar tidak rugi saat ingin membeli stock bahan rumah tangga. Belanja dengan efisien akan membantu anda menghindari pengeluaran berlebih yang bisa mengurangi uang belanja bulanan anda.

5. Buat Rencana Menu Harian

Sebenarnya makan di luar memang tidak ada salahnya, tetapi bila bisa memasak sendiri di rumah buat apa buang-buang uang untuk membeli seporsi hidangan makanan dengan harga mahal? Ada banyak daftar menu yang ada di internet yang bisa anda coba jika jenuh dengan menu masakan harian yang itu-itu saja.

Selain bisa menghemat pengeluaran, ini juga bisa mendekatkan jalinan antar anggota keluarga. Buatlah daftar menu yang ingin diinginkan, diskusikan bersama keluarga. Dengana begitu anda bisa mengontrol daftar bahan yang akan dibeli saat belanja sehingga pengeluaran bisa dikontrol dan bisa mengurangi pembelian bahan-bahan yang tidak diperlukan.

6. Manfaatkan Hiburan Cuma -cuma

Siapa sih yang tak butuh hiburan? Tapi kalau harus merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk mendapatkan hiburan, ‘kan sayang juga uangnya. Lebih baik, maksimalkan tempat rekreasi gratisan, seperti alun-alun kota atau taman-taman yang dibuat untuk umum. Sekarang pemerintah sudah lebih memperhatikan tempat umum, sehingga anda bisa mengajak anak-anak bermain tanpa takut merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk beli tiket masuk.

7. Selalu Belajar dan Tetap Bersyukur

Menjadi ibu rumah tangga merupakan hal yang luar biasa penuh dengan tantangan. Tidak ada yang namanya kesalahan ketika sudah menjadi seorang ibu rumah tangga teetapi hanya keliru dan kurang baik, sehingga setiap hari adalah sebuah pelajaran. Belajar bagaimana kita menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik dengan bisa mengatur dan mengelola rumah dan isinya agar menjadi semakin baik dari hari ke hari. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips keuangan ibu rumah tangga, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Mandiri untuk Kamu yang Masih Nebeng Orang Tua
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
Aturan Finansial Pribadi yang Tidak Boleh Dilanggar
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Perencanaan Keuangan untuk yang Baru Saja Menikah
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Bagaimana Orang Bisa Menjadi Kaya?


Bagikan Ke Teman Anda