Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mengatur Uang dari Dave Ramsey, Mulai dari Nol!

Di Amerika Serikat, nama Dave Ramsey sudah dikenal sebagai penasihat finansial. Bukan hanya itu saja, pria kelahiran 3 September 1960 ini juga dikenal sebagai penyiar radio, penulis, dan pebisnis handal. Program radionya, The Dave Ramsey Show, disiarkan secara nasional. Bukunya yang laris adalah The Total Money Makeover.

Kenapa Dave Ramsey bisa begitu dipercaya sebagai penasihat finansial? Ini karena Ramsey sendiri pernah mengalami kebangkrutan di tahun 1988. Ia butuh waktu beberapa tahun untuk mengatasi kegagalannya. Setelah berhasil melalui krisis, Ramsey pun dipercaya sebagai penasihat finansial yang terpercaya. Apa saja tips Ramsey untuk mengatur kondisi keuangan?

  • Memulai dari Budget Nol

Ini adalah langkah yang paling penting dari setiap rencana keuangan. Menuliskan budget sangat penting untuk mengatur keuangan kita. Karena dengan ini, kita tahu pasti apa yang mampu dan tidak mampu kita beli. Budget akan mengarahkan apa dan di mana kamu akan menghabiskan uang. Tapi budget yang dimaksud di sini adalah dimulai dari angka nol.

Maksudnya adalah kita membuat perencanaan uang sedetail mungkin. Pastinya akan butuh waktu lebih lama dari perencanaan biasa. Tapi ini akan sangat berguna ke depannya.

  • Hanya Gunakan Uang Tunai

Kartu kredit memang menggoda. Adanya pilihan membayar kemudian sering kali membuat banyak orang tertarik berbelanja lebih dari yang ia mampu. Berhutang memang kadang diperlukan jika benar-benar butuh. Tapi sangat dianjurkan untuk lebih sering menggunakan uang tunai. Ketika berada di dalam toko, berbelanja dengan uang tunai akan membuat kita berhemat rata-rata 15 sampai 20%.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang memperlakukan uang tunai dan kartu kredit dengan berbeda. Uang tunai akan membuat kita lebih konsisten menjalankan rencana sesuai budget. Tidak perlu selalu gunakan uang tunai setiap belanja. Gunakanlah uang tunai pada barang-barang yang kamu cenderung bakal belanja lebih. Misalnya makanan, makan atau mencari hiburan di luar, ke salon, dan pengeluaran tambahan.

  • Pastikan 4 Hal Terpenting Terpenuhi Dulu

Saat merencanakan budget dari 0, buatlah prioritas barang atau jasa apa yang paling penting untukmu. Setiap orang pastinya punya kebutuhan yang berbeda-beda. Tentukan 4 hal yang jadi prioritas. Keempatnya harus ada agar kamu bisa bertahan dalam menjalani keseharian. Empat hal ini harus dipenuhi dulu sebelum kebutuhan lainnya.

Pada umumnya, keempat hal ini adalah:

    • Makanan
    • Tempat tinggal (sewa, cicilan, pajak)
    • Transportasi
    • Pakaian

Biasanya keempat hal ini menjadi yang utama. Penuhi ini terlebih dahulu, lalu baru membayar utang. Kemudian baru beralih ke kebutuhan lainnya.

  • “Jalani Hidup yang Berbeda dari Orang Lain. Supaya Nantinya Kamu Bisa Hidup Berbeda dari Orang Lain”

Apa maksud kalimat ini? Melalui kalimat ini, sebenarnya Ramsey menyarankan untuk fokus membayar semua utang saat ini dan menabung. Jadi sekarang adalah saatnya mengorbankan keinginan kita yang kurang perlu. Dengan begitu, nantinya kita bisa menikmati hidup yang berbeda dari orang lain.

Misalnya, di saat orang lain berlibur ke luar negeri, kita tentu juga ingin merasakan pengalaman yang serupa. Tapi Ramsey menyarankan untuk tidak menghabiskan uang seperti itu. Sekarang penuhi dulu berbagai kebutuhan. Nantinya kita akan bisa menikmati hidup sesuai dengan yang kita inginkan tanpa kuatir dengan utang dan stres!

  • Menabung $1000 Sebelum Membayar Utang

Jika dikonversikan, $1000 = Rp 14 juta. Tentu saja tidak semua orang bisa langsung punya tabungan sebanyak itu. Maksud Ramsey di sini juga bukan langsung sejumlah $1000, tapi dikumpulkan perlahan-lahan. Apa gunanya tabungan ini? Tentu saja bisa dijadikan cadangan di saat yang tidak diinginkan. Banyak hal tak terduga yang bisa terjadi di masa depan, jadi punya tabungan ini akan sangat membantu.

Bila penghasilan kita berada di bawah garis kemiskinan, maka Ramsey memberi pilihan menabung setengahnya saja, yaitu $500.

  • Bayar Utang Secepat Mungkin dengan Metode Bola Salju

Setelah menerima gaji, langkah pertama adalah menyisihkan untuk 4 kebutuhan utama. Langkah kedua adalah membayar utang. Sebisa mungkin, berhenti berhutang di saat kamu masih punya utang lain. Dengan begitu, utang bisa benar-benar terbayar lunas.

Salah satu cara membayar utang yang paling efektif adalah metode bola salju. Caranya adalah membayar utang yang jumlahnya paling kecil dulu. Baru kemudian ke yang jumlahnya lebih besar sampai akhirnya utang terselesaikan! Cara ini dianggap efektif karena melunasi utang secara perlahan-lahan akan membuat kita semangat untuk membayar utang berikutnya.

  • Sediakan Dana Cadangan

Dana cadangan adalah kebutuhan yang kita tahu pasti dibutuhkan tapi bukan merupakan pengeluaran tetap. Jadi kita tidak perlu membayar kebutuhan ini setiap bulan. Misalnya dana untuk hari raya, perawatan kendaraan, pajak rumah, ulang tahun keluarga dan kerabat, kesehatan, liburan, merawat binatang peliharaan, dan lain-lain.

Memiliki dana cadangan untuk hal-hal di atas sangat penting agar tidak mengganggu budget awal kita. Hal-hal darurat bisa terjadi kapan saja. Sebaiknya siapkan dana ini agar tidak repot. Beberapa pengeluaran bahkan bisa direncanakan, seperti pengeluaran hari raya. Karena hanya setahun sekali, jadi kita bisa menabung selama 11 bulan khusus untuk pengeluaran ini.

  • Menabung Setidaknya 15% untuk Masa Pensiun

Pensiun masih jauh? Siapa bilang… Waktu akan berlalu tanpa terasa dan tiba-tiba masa pensiun terasa sudah di depan mata. Agar bisa memiliki masa pensiun yang nyaman, sangat disarankan untuk menabung setidaknya 15% dari penghasilan bulanan kita. Kalau bisa lebih tentu lebih baik.

Yuk, benahi keuangan kita sejak dini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mengatur uang dari Dave Ramsey, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
8 Kesalahan-kesalahan Merencanakan Keuangan Keluarga
Mengatur Keuangan Pribadi dengan Model 70/10/10/10
Cara Membuat Anggaran Sederhana
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari
15 Tips Keuangan Bagi Usia Dewasa Muda
Persiapan Pribadi Menghadapi Resesi yang Akan Datang
Strategi Cara Keluar dari Utang
Kesalahan dalam Menyimpan Uang
12 Kesalahan dalam Membuat Anggaran Keuangan Pribadi


Bagikan Ke Teman Anda