Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?

Di era digital dan teknologi tinggi seperti sekarang, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kartu. Tidak perlu repot-repot membawa uang tunai, Anda bisa melakukan transaksi hanya dengan menggesek kartu kredit atau kartu debit. Namun apakah hal itu berarti Anda tidak perlu membawa uang saat bepergian? Tentu saja tidak.

Kini rasanya setiap orang pasti memiliki satu buah kartu debit (jika bukan kartu kredit) yang bisa digunakan untuk pembayaran. Saat Anda keluar rumah, Anda hanya membawa dompet kecil berisi kartu dan handphone. Meski membawa uang tunai dianggap kuno, bukan berarti Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Keberadaan uang tunai tetap dibutuhkan di beberapa situasi. Inilah alasan mengapa Anda masih harus membawa uang tunai saat bepergian:

1. Berjaga-jaga Jika Kartu Tidak Bisa Digunakan

Selalu ada kondisi dimana kartu Anda tidak bisa digunakan. Pertama, ketika kartu Anda telah mencapai limit atau diblokir. Tidak semua bank atau penyedia melakukan pemberitahuan saat akan melakukan pemblokiran pada kartu Anda.

Jika mereka melihat indikasi transaksi yang tidak wajar, maka pemblokiran secara sepihak akan dilakukan. Sistem seperti ini bagus untuk keamanan kartu dan transaksi Anda, tetapi akan membuat Anda kebingungan saat harus melakukan pembayaran.

Anda bisa menggantinya dengan kartu lain jika ada. Tetapi ketika Anda hanya punya satu kartu saja, keberadaan uang tunai tentu sangat Anda butuhkan.

Kondisi kedua yang memungkinkan kartu tidak bisa digunakan adalah saat jaringan sedang terganggu atau saat saluran listrik sedang dipadamkan. Dalam kondisi seperti ini, Anda tidak punya pilihan lain selain membayar secara tunai karena seberapa pun banyaknya kartu yang Anda miliki tidak dapat berfungsi jika listrik sedang padam.

2. Memudahkan Saat Memberi Tip

Pemberian tip adalah hal yang sangat wajar, terutama ketika Anda makan di restoran. Tipping tentu lebih baik diberikan secara tunai agar dapat segera diambil oleh pelayan.

Sementara pemberian tip melalui kartu harus melalui proses manajemen yang panjang sebelum diterima oleh si pelayan. Jika Anda bertanya pada para pelayan restoran, mereka pasti akan menjawab lebih suka menerima tip secara tunai.

Bawalah uang tunai dalam dompet Anda, terutama saat Anda berencana makan di luar rumah. Ketika Anda sedang berlibur, pastikan Anda membawa uang lebih sebagai tip karena akan ada banyak restoran yang ingin Anda kunjungi yang berarti Anda harus memberikan lebih banyak tip.

3. Persiapan untuk Keadaan Darurat

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Oleh karena itu, selalu persiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Saat Anda bepergian dengan menggunakan mobil, siapkan uang tunai untuk membayar derek.

Tentu saja Anda tidak berharap mobil Anda rusak di tengah jalan, namun jika Anda harus memanggil derek secara terpaksa, membayar jasa derek dengan uang tunai pasti lebih mudah.

Di Indonesia sendiri, pembayaran derek melalui kartu masih belum umum. Sehingga untuk keadaan darurat seperti ini, kehadiran uang tunai dapat menjadi penyelamat bagi Anda.

Keadaan darurat lain yang mungkin terjadi adalah saat Anda kehabisan bahan bakar. Di kota-kota besar, pembelian bahan bakar bisa dilakukan dengan menggunakan kartu.

Tetapi bagaimana jika Anda bepergian ke luar kota dan Anda harus mengisi bahan bakar di sebuah kota kecil? Umumnya mereka belum menyediakan transaksi dengan menggunakan kartu.

Dalam kondisi bahan bakar habis, mustahil bagi Anda untuk mencari ATM terdekat. Sediakan uang tunai di dalam dompet Anda sebagai persiapan keadaan darurat yang tidak terduga.

4. Tidak Semua Transaksi Menggunakan Kartu

Meski penggunaan kartu sudah sangat umum, nyatanya tidak semua transaksi bisa menggunakan kartu. Saat Anda sedang berkunjung ke bazaar atau pameran, tentunya tidak semua stan menerima pembayaran dengan kartu. Terlebih lagi jika barang-barang yang dijual harganya sangat murah.

Tempat-tempat seperti pasar tradisional dan toko kelontong kecil masih menggunakan uang tunai hingga saat ini. Tidak membawa uang tunai bisa merepotkan jika Anda melakukan pembelian di tempat-tempat tersebut.

5. Lebih Mudah Saat Makan Bersama Teman

Anda pasti sering makan di luar bersama sahabat atau teman kantor bukan? Biasanya agar tidak saling memberatkan, Anda dan teman-teman membagi pembayaran saat itu juga. Beberapa restoran menyediakan tagihan terpisah untuk setiap menu yang dipesan.

Namun ada juga restoran yang memberikan tagihan berdasarkan nomor meja. Bayangkan jika Anda menjadi satu-satunya orang yang tidak membawa uang tunai. Pasti serba tidak enak dengan teman.

Siapkan uang tunai di dalam dompet jika Anda berencana untuk makan di luar bersama dengan teman. Pembagian tagihan ini tidak hanya berlaku untuk makan bersama saja. Saat Anda berbelanja bersama teman, Anda bisa membayar belanjaan Anda dengan lebih mudah menggunakan uang tunai.

Jangan membiasakan diri meminta teman Anda untuk membayar tagihan Anda terlebih dahulu. Bisa-bisa jika Anda lupa untuk membayar justru akan merusak hubungan Anda dengan teman.

Beberapa orang, mungkin termasuk Anda, lebih suka membawa kartu saat bepergian untuk mengontrol pengeluaran. Saat membawa uang tunai, Anda cenderung melakukan transaksi tanpa berpikir lebih jauh.

Jika Anda termasuk tipe orang yang demikian, selipkan beberapa lembar uang tunai di bagian tersembunyi pada dompet Anda. jangan menggunakan uang tersebut kecuali Anda diharuskan untuk bertransaksi menggunakan uang tunai.

Biasakan diri untuk sedia paying sebelum hujan. Cek berapa jumlah uang tunai yang Anda miliki sebelum pergi. Jika tidak ada, sempatkan untuk mampir ke ATM terdekat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan kita harus membawa uang tunai, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kesalahan Finansial yang Dialami Orang Berumur Setengah Baya
Tips Menabung Ketika Keuangan Terbatas
Tip Pengaturan Uang untuk yang Baru Menikah
9 Cara Mengatur Keuangan dengan Hanya Satu Sumber Penghasilan
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Tip Finansial untuk Generasi Umur 25 Tahun
Berbagai Fakta Tentang Uang
5 Tips Menggadaikan Motor untuk Mendapat Uang Secara Cepat
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
7 Kebiasaan ini Akan Membuatmu Jadi Milyuner


Bagikan Ke Teman Anda