Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya

Setiap orang punya financial goals atau tujuan finansial masing-masing. Bicara soal sukses secara finansial, kekayaan pasti jadi tolok ukurnya. Tidak bisa dipungkiri menjadi kaya memberikan banyak kemudahan dalam hidup. Anda tidak perlu bingung soal biaya hidup, pendidikan anak, biaya kesehatan, bahkan dengan kekayaan Anda bisa membeli sejumlah aset untuk jaminan masa depan.

Untuk menjadi kaya, Anda perlu belajar dari orang-orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffet, hingga Mark Zuckerberg. Jika Anda sudah membaca banyak tentang mereka, Anda akan menemukan satu kesamaan: cara orang-orang kaya memperlakukan uang mereka. Jangan berpikir bahwa karena mereka kaya, mereka akan menghambur-hamburkan uang dengan mudahnya. Yang terjadi justru sebaliknya, orang-orang kaya di dunia sangat berhati-hati dan menghemat uang mereka sebaik mungkin.

Kalau Anda ingin menjadi kaya seperti mereka, mulailah dengan mempelajari sifat-sifat orang kaya di bawah ini.

1. Kesabaran

Dalam hal mengumpulkan kekayaan, sabar adalah kunci utama. Mustahil Anda bisa menjadi kaya dalam waktu semalam, sehingga Anda harus berkompromi dengan waktu sampai benar-benar menjadi kaya.

Kesabaran bisa diartikan sebagai menunggu saat yang tepat untuk membuat keputusan finansial. Misalnya saat Anda ingin mobil terbaru, tunggu sampai 1 atau 2 tahun ke depan sampai harganya turun. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan harga mobil yang sesuai dengan budget.

2. Bekerja Keras

Bermimpi menjadi kaya tidak akan membuat Anda kaya. Orang-orang kaya membiarkan diri mereka bermimpi besar, namun bersamaan dengan itu mereka memiliki pandangan untuk mewujudkan mimpi itu dengan bekerja keras.

Untuk menjadi kaya Anda harus punya ambisi tinggi dan kemauan untuk meraihnya. Jika rasa malas datang tiba-tiba, visualisasikan mimpi Anda di dalam otak dan motivasi diri Anda sekali lagi untuk bekerja lebih keras. Ketekunan adalah faktor utama yang mengantarkan seseorang pada kesuksesan.

3. Kebiasaan Finansial yang Baik

Hal tersulit dan paling menantang untuk dilakukan adalah menabung. Banyak orang bilang bahwa cara untuk mendapatkan lebih banyak uang adalah dengan menghabiskan banyak uang pula. Pola pikir seperti ini harus dihindari karena orang-orang kaya dunia tidak pernah berpikir demikian.

Cobalah untuk memisahkan emosi dengan uang. Artinya Anda tidak boleh menghabiskan uang atau membuat keputusan finansial berdasarkan emosi. Gunakan logika untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Meski terasa berat saat ini, manfaatnya akan benar-benar Anda rasakan di masa depan.

4. Kepuasan

Kepuasan di sini tidak berkaitan dengan uang yang Anda dapatkan. Namun Anda harus merasa puas dengan barang-barang yang Anda miliki, untuk mencegah diri Anda menghabiskan uang demi hal-hal yang tidak penting. Misalnya mencegah diri Anda tergoda dengan iklan yang sering Anda lihat.

Ketika Anda puas dengan apa yang Anda miliki saat ini, kondisi finansial Anda akan menjadi lebih baik. Anda tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain yang sering Anda lihat di TV atau media sosial.

5. Keteraturan

Hidup yang baik adalah hidup yang teratur. Bukan hanya makan teratur, tidur teratur, dan olahraga teratur saja. Teratur dalam membayar tagihan, teratur dalam membayar cicilan, tidak berlebihan dalam membeli segala sesuatu juga bentuk keteraturan yang harus dimiliki.

Jika segalanya teratur dan tepat waktu, akan lebih mudah bagi Anda mengatur keuangan, mencapai tujuan-tujuan kecil, dan semakin dekat dengan tujuan finansial yang sesungguhnya.

6. Haus Pengetahuan

Sebagian besar orang kaya dunia adalah lulusan universitas ternama, ada juga yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikannya seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Namun satu hal yang patut dipelajari dari mereka semua adalah minat mereka terhadap ilmu pengetahuan yang tidak pernah surut.

Orang-orang kaya suka membaca buku, mempelajari hal-hal baru, dan tidak pernah berhenti mencari ilmu tanpa mempedulikan usia. Dedikasi dan rasa cinta mereka terhadap dunia pengetahuan punya manfaat yang besar. Jika otak Anda terbiasa terlatih, maka Anda akan menjadi seseorang yang penuh dengan inovasi dan kreativitas.

7. Tidak Takut Gagal

Kegagalan seringkali dinilai sebagai sesuatu yang menakutkan. Namun pernah gagal, seseorang tidak akan bekerja lebih keras untuk mencapai keberhasilan. Kegagalan harus dianggap sebagai kesempatan untuk belajar dan menjadi lebih baik.

Satu hal yang harus dipelajari dari miliuner dunia yang sukses adalah mereka tidak pernah takut dengan kegagalan. Seseorang yang terlalu takut untuk gagal akan terlalu hati-hati untuk melangkah. Kegagalan kadang tidak bisa dihindari, namun bisa dimininalisir. Caranya dengan menghitung resiko yang mungkin terjadi sehingga Anda tahu kapan harus bergerak.

8. Waktu adalah Segalanya

Siapapun yang ingin sukses tahu bahwa waktu adalah komoditas yang paling berharga. Jika Anda tidak bisa mengelola waktu dengan baik, di usia berapapun Anda tidak akan bisa sukses. Fokuskan diri Anda untuk menciptakan pendapatan secara konsisten tanpa harus menukarkan banyak waktu demi uang.

Tips lainnya adalah, jangan hanya bergantung pada satu sumber pendapatan saja. Gunakan uang yang Anda miliki untuk memperoleh uang yang lebih banyak lagi.

9. Fokus Pada Kekuatan

Sebagai manusia, tidak mungkin Anda ahli dalam segala hal. Jalan tercepat menuju kesuksesan adalah dengan menekuni bidang yang dikuasai. Jangan membuang banyak waktu untuk sesuatu yang tidak mungkin Anda kuasai.

10. Disiplin

Ciri orang kaya berikutnya adalah kedisiplinan. Disiplin dalam segala hal termasuk mengumpulkan uang dan mencapai tujuan finansial sedikit demi sedikit. Dengan ketekunan dan kedisiplinan, tujuan untuk menjadi kaya sedikit demi sedikit akan terwujud.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang sifat-sifat umum yang dimiliki orang kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Orang Miskin Benci Orang Kaya?
Cara Orang Kaya Membesarkan Anak agar Tidak Manja
Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Kaya?
Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial
Ini Dia 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes 2019
Siapakah Orang Paling Kaya Sedunia?
Apakah Orang Kaya itu Pelit?
Apa Kesamaan Orang-orang Kaya?
4 Sebab Kenapa Orang Kaya Bisa Semakin Kaya
Orang Kaya Tahu Ini, Makanya Jadi Sukses


Bagikan Ke Teman Anda