Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Wajib Tiru, 9 Cara Bagaimana Orang Kaya Jadi Makin Kaya

Mentalitas dan kebiasaan konglomerat sudah sering dipelajari dan dibicarakan di mana-mana. Masalahnya tidak semudah itu untuk mengadopsi mentalitas dan kebiasaan mereka dalam kehidupan orang kebanyakan seperti kita. Bagaimana cara kita berpikir tentang uang dan bagaimana kita menghabiskannya, menentukan pengeluaran dan pemasukan kita.

Satu hal yang perlu diingat adalah, seberapa pun penghasilan kita, kita tak akan jadi kaya kalau selalu menghabiskan uang lebih banyak dari penghasilan. Ada perbedaan antara menikmati hidup dengan penghasilan kita dan menghabiskan uang tanpa berpikir.

Rahasia Orang Kaya Jadi Makin Kaya

Karena itu, cobalah melakukan beberapa langkah berikut jika ingin makin kaya seperti para konglomerat.

  1. Pengeluaran di Bawah Pemasukan, Membeli Kurang dari Jumlah yang Kita Mampu

Sebenarnya kita semua sudah tahu hal ini dan kedengarannya simpel saja. Tapi nyatanya tidak semudah itu. Padahal kalau kita ikuti, kita akan selalu punya uang untuk ditabung. Masalahnya adalah kita sering tergoda untuk membeli lebih karena masih ada uang.

Misalnya urusan beli gadget. Perlukah kita beli yang harganya Rp10 juta kalau yang Rp5 juta saja sudah cukup? Meskipun kita mampu bayar Rp10 juta, tapi kalau kita beli Rp5 juta, sisa Rp5 juta lagi bisa ditabung. Bisa juga diinvestasikan ke hal lain yang malah menghasilkan. Bukan sekadar hilang jadi barang konsumtif.

  1. Tahu Pasti Uang Dihabiskan untuk Apa

Pernah kan kita berpikir “Gaji kok cepat habis, buat beli apa saja ya?”. Padahal kita sendiri yang membelanjakan uang kita, tapi tidak sadar untuk beli apa saja. Sebaiknya, kita buat catatan pengeluaran supaya tahu betul ke mana uang kita banyak dibelanjakan.

Kalau perlu, buat catatan harian setiap kali selesai beraktivitas. Dari catatan itu, kita jadi tahu apa pengeluaran yang kurang penting dan bisa dikurangi. Dengan begitu, kita jadi bisa menabung dan mengalokasikan uang kita untuk hal lain. Misalnya untuk ditabung, investasi, atau keperluan lainnya.

  1. Hindari Pengeluaran Konsumtif yang Berlebihan

Menikmati hasil keringat kita sendiri memang tidak ada salahnya. Hidup tanpa hiburan bisa bikin kita stres dan justru jadi kurang produktif. Tapi jangan sampai berlebihan, terutama kalau pengeluaran itu sifatnya hanya konsumtif saja. Hindari membeli barang di saat emosional. Pikirkan dulu sebelum membeli barang yang mahal.

Misalnya antara HP dan laptop seharga Rp 10 juta. Anggaplah HP hanya digunakan untuk hiburan dan komunikasi. Sedangkan laptop untuk bekerja dan menghasilkan. Beli HP harga Rp 10 juta harus dipikir ulang. Sementara laptop yang merupakan kebutuhan produktif jauh lebih masuk akal untuk dibeli. karena toh akan membantu kita mendapatkan penghasilan ke depannya.

  1. Membeli dengan Bijaksana

Saat akan membeli kebutuhan yang harganya tinggi seperti mobil dan rumah, pastikan berpikir dengan cara berpikir orang kaya. Pastikan membeli sesuatu yang nantinya nilainya bisa ditingkatkan.

Misalnya membeli mobil yang harganya tidak akan terlalu jatuh di pasaran nantinya. Jadi kita tidak akan terlalu rugi saat dijual kembali. Untuk rumah, pastikan kita membeli di lokasi yang baik dan bisa berkembang pasarnya.

  1. Memutuskan Hal yang Berhubungan dengan keuangan Saat Sedang Tidak Stres

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa stres dan perasaan kuatir bisa berakibat negatif pada saat kita harus mengambil keputusan. Terutama keputusan yang berhubungan dengan keuangan. kalau kita memutuskan di saat stres, bisa-bisa kita hanya berpikir pendek. Bukannya memikirkan akibat jangka panjang.

  1. Berinvestasi

Ini adalah hal yang sudah pasti dilakukan oleh orang kaya. Mereka membuat uang mereka bisa menghasilkan sendiri untuk mereka. Mereka tahu betul kalau investasi adalah kunci sukses untuk mengembangkan kondisi finansial mereka. Menabung itu penting banget, tapi investasi adalah yang akan sangat membantu kita untuk jadi sejahtera.

Menabung artinya kita menyimpan uang di tempat yang aman sampai nanti kita mengambilnya di saat yang dibutuhkan. Kebanyakan jenis tabungan bunganya tidak besar. Jadi menabung itu sifatnya statis. Beda dengan berinvestasi yang bisa memberikan kita hasil lebih banyak, apalagi kalau kita bisa memilih investasi yang tepat.

  1. Fokus pada Pengembangan Diri

Biasanya konglomerat itu selalu merasa dirinya masih kurang. Karena itu mereka selalu ingin mengembangkan diri dan jadi lebih baik. Mereka tahu pentingnya mengedukasi diri mereka ke arah yang lebih baik.

Ini adalah contoh yang sangat baik untuk ditiru. Mengembangkan diri itu caranya banyak sekali. Bisa dengan membaca buku yang mengedukasi dan memotivasi ke hal positif. Meningkatkan pendidikan dan kemudian mengaplikasikannya ke kehidupan pribadi maupun dunia kerja.

  1. Tidak Pernah Benar-benar Pensiun

Kebanyakan konglomerat tidak benar-benar pensiun. Meskipun mereka sudah tidak lagi bekerja aktif setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, tapi mereka selalu punya hal yang menghasilkan. Salah satunya yang paling umum adalah mereka punya bisnis yang dijalankan orang lain. Jadi setiap bulan mereka tetap punya penghasilan pasif.

  1. Sediakan Waktu untuk Refleksi Diri

Banyak konglomerat dan orang-orang sukses yang merupakan seorang pemikir. Mereka sering menghabiskan waktu untuk berpikir. Ada yang bahkan setiap hari menyisakan 30 menit atau lebih untuk berdiam diri dan merefleksi diri sendiri. Memikirkan lagi tentang hidup dan tujuan mereka, kesehatan, hubungan dengan sekitar, dan banyak lagi.

Dari sinilah mereka bisa memikirkan ulang tentang karier dan tujuan finansial mereka. Dari sini juga mereka bisa menemukan hal positif dan negatif yang harus mereka tingkatkan atau kurangi demi keberhasilan mereka ke depan.

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 cara orang kaya jadi makin kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghitung Weighted Average
Bagaimana Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang
Cara Menghindari Phising Dan Malware
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari
Metode Debt Snowball: Cara Keluar dari Utang dengan Cepat
Dikenal Sebagai Cara Melunasi Utang, Apa itu Debt Snowball?
Mengapa Kesenjangan antara Kaya dengan Miskin Semakin Lebar?
13 Cara Membuang-membuang Uang
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal


Bagikan Ke Teman Anda