Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tip Keuangan untuk Kamu Usia 20-an

Usia dua puluhan merupakan usia produktif dimana kita memiliki segala macam bentuk sumber daya yang maksimal untuk mencapai titik puncak kesuksesan. Namun ada kalanya kebingungan mengenai pengaturan keuangan menyebabkan kita yang seharusnya mapan secara finansial justru memiliki keuangan yang amburadul.

Belum lagi gaya hidup dan gengsi yang masih sangat menggebu-gebu membuat kita jadi lebih mengutamakan ‘apa kata orang’ dibandingkan dengan masa depan kita yang sesungguhnya. Ujung-ujungnya, kita selalu terjebak dalam situasi yang merugikan diri sendiri.

Tip For 20ish

Bukan sedikit contoh anak muda di usia dua puluh tahunan yang keuangannya jadi luntang lantung. Untuk menghindari hal miris tersebut, berikut ini adalah beberapa tips mengelola keuangan terbaik untuk anak usia dua puluh tahunan yang patut kamu contoh:

1. Menabung

Banyak anak muda yang sebenarnya memiliki sumber pendapatan yang terbilang jauh dari cukup, namun sayangnya selalu memiliki saldo nol dalam rekening tabungannya. Merasa masih muda dan memiliki jalan yang panjang membuat banyak anak muda justru menyepelekan hal ini, padahal tabungan adalah asset yang sangat penting.

Jika kamu adalah anak usia dua puluh tahunan yang belum menikah, maka sisihkan 50% hasil pendapatanmu ke dalam rekening tabungan. Kamu bisa menggunakan tabungan ini untuk keperluan seperti liburan, melanjutkan kuliah, atau bahkan menikah.

2. Hindari hutang

Kamu masih muda dan seharusnya tidak perlu menumpuk hutang. Hindarilah hutang sebisa mungkin agar keuanganmu tidak berantakan. Jika memang sangat darurat, kamu bisa memanfaatkan tabungan yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya sehingga kamu tidak perlu berhutang. Ingatlah bahwa hutang hanya menyelamatkanmu sementara, namun mencekik dompetmu lebih lama.

3. Investasi

Usia muda merupakan usia yang paling tepat untuk melakukan investasi. Sisihkan sebagian pendapatanmu untuk diinvestasikan dalam bentuk investasi yang menurutmu paling tepat.

Konsultasikan pada ahlinya untuk mendapatkan bentuk investasi yang tepat. Sesuaikan bentuk investasi yang akan diambil dengan kondisi keuangan kamu saat ini.

4. Hindari pengeluaran yang tidak penting

Anak muda di usia dua puluh tahunan adalah pribadi yang sangat mudah terpengaruh oleh pergaulan, termasuk soal gaya hidup. Kebanyakan anak muda di usia ini menghabiskan uangnya pada kegiatan foya-foya seperti makan di luar atau belanja barang bermerek.

Jika kamu ingin sukses, maka hindari pergaulan seperti ini. Kamu bisa mengajak teman-teman berkumpul di rumah dengan berbagai jenis cemilan dibandingkan berkumpul di kafe mahal.

Coba bayangkan saja jika dalam seminggu kamu berkumpul sebanyak 3 kali di kafe mahal dengan sekali pengeluaran minimal 100 ribu. Kamu sudah melakukan pemborosan hampir 1,5 juta tiap bulannya!

5. Beli barang bekas

Beberapa anak muda sangat menghindari yang namanya barang bekas karena gengsi. Namun sebenarnya hal ini justru sangat bermanfaat bagi keuangan kamu.

Membeli barang bekas seperti laptop atau kendaraan bermotor akan jauh lebih hemat dan bijak dibandingkan membeli barang yang baru. Kamu bisa menggunakan sisa uangnya untuk keperluan yang lain.

Berhenti memikirkan ‘apa kata orang’ jika kamu malu menggunakan barang bekas karena pada dasarnya mereka yang kamu pikirkan justru tidak peduli dengan kondisi kamu.

6. Hindari kartu kredit

Tidak dapat dipungkiri jika kartu kredit adalah salah satu kartu sakti yang ada di dalam dompet setiap orang saat ini. Namun percayalah, kartu itu hanya akan menjebakmu.

Penggunaan kartu kredit hanya akan membuatmu terjebak dalam hutang yang tidak ada habisnya. Kamu juga akan menjadi lebih konsumtif dan boros, apalagi jika melihat banyaknya promo yang ditawarkan melalui kartu kredit.

Kamu ingin membeli barang mahal? Menggunakan tabungan akan jauh lebih bijak dibandingkan menggunakan kartu kredit dengan iming-iming cicilan 0%.

7. Manfaatkan asuransi

Asuransi tak hanya akan memberikan perlindungan kesehatan saja. Saat ini, sudah banyak pihak asuransi yang menawarkan asuransi investasi juga di dalamnya.

Kamu bisa mendapatkan uang asuransi yang kamu setor kembali jika kamu tidak melakukan klaim apapun di tahun tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat sekitar 500 ribu hingga 1 juta tiap  bulannya.

8. Mulai bisnis sampingan

Selain berinvestasi, kamu juga bisa memulai bisnis sampingan. Usia dua puluh tahunan adalah usia yang sangat tepat untuk memulai bisnis ini. toh sekarang ini ada banyak sekali jenis investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan kondisi keuangan kamu saat ini.

Targetnya, kamu bisa mengajukan pensiun dini jika bisnis yang kamu kembangkan saat ini sukses. Bahkan kamu bisa menjadi seorang jutawan di usia muda.

9. Hemat pengeluaran rumah tangga

Kebutuhan  untuk rumah tangga adalah pengeluaran terbesar dalam anggaran. Meskipun keperluan rumah tangga adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, namun bukan berarti tidak bisa ditekan.

Kamu bisa menekan pengeluaran rumah tangga dengan berbelanja dalam jumlah banyak. Lakukan belanja bulanan yang mencakup semua kebutuhan dalam sebulan. Kamu akan menghemat hingga 30% jika membeli beberapa keperluan dalam jumlah besar.

10. Selalu belajar

Usia muda seharusnya menjadi usia yang sangat tepat untuk selalu belajar. Banyak hal tentang mengolah keuangan yang bisa dipelajari. Perbanyaklah membaca buku dan mencari tahu tentang pengelolaan keuangan agar kamu bisa menjadi seorang yang sukses sebelum menghabiskan usia kepala dua.

Itulah beberapa tips keuangan terbaik untuk anak usia dua puluh tahunan. Usia muda memang sudah seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk mendapatkan segalanya, termasuk kesuksesan. Menjadi pribadi yang optimis dan selalu disiplin pada prinsip akan membuat kamu mampu mencapai kesuksesan tersebut. Selamat mencoba dan jangan membuang-buang waktu lagi!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tip keuangan untuk usia 20-an, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif
Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar
Inilah 4 Langkah Jitu Mengumpulkan Dana Darurat
Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
10 Tip Keuangan Keluarga Muda
Dilarang Menghabiskan Uang pada Hal-hal Berikut
10 Tips Mengatur Uang Ala Orang Tiongha
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan
12 Kesalahan dalam Membuat Anggaran Keuangan Pribadi


Bagikan Ke Teman Anda