Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Meningkatkan Leadership Skill?

Dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, yang bukan hanya dihormati, tapi juga menjadi panutan adalah keinginan semua pemimpin. Bukan hanya itu, pemimpin yang hebat juga bukan hanya dapat mempertahankan perusahaan, namun setiap keputusan yang dibuatnya akan membuat perusahaan yang dipimpinnya semakin berkembang dan maju. Namun tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin yang baik Anda perlu berusaha keras untuk itu. Berikut ini 10 cara bagaimana meningkatkan leadership skill:

1. Komunikasi yang Efektif

Komunikasi pada intinya adalah tentang mendengarkan dan mengerti apa yang lawan bicara sampaikan kepada Anda dengan sungguh-sungguh. Fokus pada lawan bicara, dan hindari berbagai macam gangguan. Sebagai seorang pemimpin, pastikan bahwa Anda selalu memiliki komunikasi yang efektif dengan bawahan Anda.

Anda harus mendengarkan komplain, ide, atau hal lainnya yang berkaitan dengan hapekerjaan yang mereka sampaikan dengan seksama.  Kemudian pastikan pula bahwa bawahan Anda menerima respon dari Anda. Berikan respon seefektif dan seefisien mungkin atas apa yang mereka sampaikan. Hal ini akan menunjukka kepedulian Anda dan membangun ikatan yang kuat dengan bawahan Anda.

2. Tentukan Target dan Buat Rencana untuk Mencapai Target

Target diperlukan, untuk memandu bawahan Anda dalam bekerja. Untuk itu tentukan target yang jelas yang ingin dicapai oleh perusahaan atau divisi Anda dalam jangka waktu tertentu kedepan. Ketika semua bawahan tau apa yang Anda inginkan dari mereka, dan apa yang perlu mereka capai; memimpin mereka akan menjadi lebih mudah.

Tanpa target yang jelas serta rencana untuk mencapainya, semua pemimpin akan ‘tersesat’. Oleh karena itu, Anda harus menyisihkan waktu untuk memikirkan target yang ingin Anda capai bagi perusahaan atau divisi Anda. Kemudian buat rencana bagaimana cara mencapai target yang telah ditentukan tersebut secara efektif dan efisien.

3. Buat Keputusan yang Tepat

Seorang pegawai biasanya mendapat promosi lebih tinggi jika ia memiliki kemampuan dalam membuat keputusan yang tepat. Keputusan yang baik akan membuat perusahaan berkembang maju, sebaliknya keputusan yang salah bisa membuat perusahaan merosot. Oleh sebab itu, pastikan memilikirkan secara mendalam sebelum mengambil suatu keputusan.

Seorang pemimpin harus mampu membuat suatu keputusan. Jangan takut membuat keputusan. Ketika membuat keputusan yang salah, Anda masih dapat menunjukkan tanggung jawab dengan berusaha memperbaikinya. Namun jika tidak membuat keputusan sama sekali malah akan membuat bawahan Anda dalam kebimbangan. Hal ini akan merusak kredibilitas Anda sebagai seorang pemimpin di mata bawahan Anda.

Dalam mengambil sebuah keputusan, Anda bisa menanyakan 3 pertanyaan pada diri Anda: Apakah keputusan ini yang terbaik? Mengapa ini keputusan terbaik? Keputusan apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi permasalahan yang sama dilain waktu? Pertanyaan ini akan membantu Anda merefleksi apakah keputusan yang akan Anda buat itu tepat atau tidak.

4. Perduli dan Motivasi Bawahan Anda

Ketika bawahan Anda merasakan kepedulian Anda terhadap mereka, akan lebih mudah bagi meraka untuk respek pada Anda dan bekerja secara efektif sebagai bawahan Anda. Untuk itu tunjukkan bahwa Anda benar-benar perduli pada bawahan Anda.

Anda juga perlu memberi mereka motivasi dengan meingspirasi bawahan Anda mengenai apa yang sebaiknya dilakukan. Alih-alih mengeluh sepanjang waktu, dan memprediksi scenario terburuk yang bisa terjadi. Senantiasa berikan energy positif pada bawahan Anda.

5. Tinggalkan Ego Anda di Rumah

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memperhatikan kepentingan perusahaan atau divisi Anda secara keseluruhan. Bukan kepentingan pribadi Anda. Seorang pemimpin yang menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk kepentingan pribadi, akan kehilangan rasa hormat dari bawahannya. Oleh sebab itu,tetaplah rendah hati dan dahulukan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi Anda.

6. Bersemangat

Seorang pemimpin yang baik akan menginspirasi bawahannya dengan apa yang ia lakukan. Jadilah contoh yang baik bagi bawahan Anda. Bersemangatlah dalam mencapai target dan melakukan yang terbaik bagi perusahaan, dan tularkan semangat dan antusiasme tersebut pada bawahan Anda. Sebab tindakan nyata akan jauh lebih baik dari pada kata-kata nasihat belaka.

7. Ketahui Kelebihan Anda dan Gunakan

Tidak ada seorang pemimpin yang sempurna. Kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik tidak didapatkan sedari lahir, diperlukan usaha, pengalaman, dan waktu untuk mencapainya. Salah satu yang penting untuk Anda lakukan adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri Anda.

Setelah mengetahui kelebihan dan kemampuan terbaik yang Anda miliki, Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pekerjaan Anda. Dan mengetahui kelemahan Anda akan membuat Anda mengetahui apa yng harus ditingkatkan.

8. Akui Kesalahan dan Bertanggung Jawab

Semua pemimpin, termasuk pemimpin paling menginspirasi sekalipun pasti pernah melakukan kesalahan. Anda tidak bisa mengulang hari, jadi hal yang terbaik yang dapat Anda lakukan Andalah mengakui kesalahan tersebut.

Setelah itu, bertanggungjawablah dengan berusaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut, sehingga target yang telah sitentukan tetap dapat tercapai. Hal ini akan memberikan kesan yang kuat bagi bawahan Anda, bahwa Anda tetap dapat memimpin dengan baik, meskipun telah melakukan kesalahan.

9. Fokus Pada Hal Positif

Ketika perusahaan Anda menghadapi masalah, baik akibat masalah internal ataupun eksternal. Hadapi masalah tersebut dan tetaplah optimis. Fokuslah pada hal positif yang mungkin terjadi. Tularkan semangat dan energy positif pada bawahan Anda. Dengan demikian bawahan Anda juga akan berfokus pada hal positif, sehingga akan tercipta atmosphere yang lebih baik.

10. Kembangkan Kemampuan dan Jangan Pernah Berhenti Belajar

Untuk terus meningkatkan kemampuan kepempinan atau leader skills yang Anda miliki, Anda harus terus belajar. Anda bisa membaca artikel ataupun buku-buku mengenai kepemimpinan di waktu senggang Anda, untuk mempelajari dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda. Bagaimanapun yang namanya skil akan semakin baik bila terus di asah. Semoga dengan begini, Anda menjadi pemimpin yang membawa kemajuan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan leadership skill, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara agar Berani Public Speaking
Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?
Bagaimana agar Tetap Termotivasi untuk Bekerja Keras?
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
5 Hal Ini Dapat Membuat Anda Menjadi Semakin Cerdas
Bagaimana Menjadi Orang Beruntung?
Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Kamu Lebih Menyala
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Kebiasaan-kebiasaaan Orang yang Sukses yang Patut Diteladani
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat


Bagikan Ke Teman Anda