Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah

Sebenarnya, mengajarkan tentang dasar dasar keuangan pribadi untuk siswa di sekolah menengah merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Namun sayangnya, banyak siswa yang sudah lulus dari sekolah namun tidak mendapatkan ilmu tentang bagaimana dasar dasar untuk mengelola keuangan mereka dengan baik.

Para orang tua juga tidak memberikan pelajaran tersebut entah karena malu dengan keadaan mereka sendiri atau memang tidak benar benar mengerti tentang keuangan apalagi untuk mengajarkan pada orang lain seperti pada anak. Untuk mengetahui apa saja financial skill yang sebenarnya harus dipelajari di sekolah, berikut akan kami jelaskan untuk anda.

1. Cara Mengatur Anggaran

Anggaran menjadi kunci penting untuk berhasil dalam urusan finansial sehingga harus diterapkan pada anak sejak dini khususnya di sekolah. Apabila seorang anak tidak paham tentang seberapa banyak uang yang dihasilkan setiap bulan dan berapa uang yang akan dihabiskan, maka ini hanya akan mengacaukan keuangan. Belajar untuk menyusun anggaran yang baik, realistis sekaligus merencanakan masa depan menjadi hal penting yang harus diajarkan sejak dini agar bisa meraih kesuksesan di kemudian hari.

2. Cara Kerja Kartu Kredit dan Suku Bunga

Untuk sebagian anak memang sudah terbiasa memegang kartu kredit sendiri sekitar usia 18 tahun dan mengajarkan tentang kredit pada siswa sekolah menjadi hal penting untuk dilakukan jika tidak ingin mereka memiliki saldo yang sangat tinggi. Mengajarkan siswa tentang beberapa pelajaran dasar mengenai kartu kredit dan suku bunga nantinya bisa menyelamatkan banyak siswa dari tekanan masalah keuangan yang akan mereka alami di kemudian hari.

Kartu kredit memang bisa menjadi penyelamat ketika seseorang ingin membeli sesuatu yang nantinya akan dibayarkan setiap bulan, akan tetapi jika para siswa tidak mengetahui bagaimana cara kerja kartu kredit dan juga suku bunga, maka akan mengacaukan keuangan anak ketika mereka dewasa. Siswa memang tidak harus mengetahui seluk beluk masalah ini terlalu rumit namun cukup beberapa hal dasar yang sangat penting.

Siswa juga harus diajarkan agar bisa memahami jika menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu barang yang sebenarnya tidak mampu ia beli sebenarnya bukanlah sesuatu yang baik dan sebaiknya diganti dengan lebih banyak menabung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan inilah salah satu keterampilan financial penting yang harus diajarkan pada setiap siswa di sekolah.

3. Tentang Dasar Dasar Anggaran

Penganggaran merupakan salah satu dari keterampilan penting yang bisa dipelajari oleh siapa saja termasuk para siswa di sekolah. Setidaknya, siswa sekolah menengah harus belajar bagaimana untuk merencanakan gaya hidup yang benar dan disesuaikan dengan penghasilan yang mereka peroleh.

Dasar dasar anggaran yang dimaksud tidak harus dilakukan dengan menghitung setiap Rupiah, namun setidaknya para siswa harus diajarkan tentang pentingnya membuat rencana keuangan sesuai dengan yang mereka dapatkan dan apa yang mereka butuhkan.

4. Melakukan Perencanaan Jangka Panjang

Para siswa juga harus memahami tentang pentingnya rencana jangka panjang keuangan agar mereka kelak bisa sukses secara finansial. Jika financial skill ini didapatkan para siswa sekolah menengah, maka bisa dipastikan mereka akan berada pada jalur yang benar dan akan menjadi sukses untuk masa depan mereka.

5. Cara Meminjam Uang yang Benar

Meski meminjam uang bukan cara terbaik yang bisa dilakukan, namun ada kalanya seseorang harus sesegera mungkin membayar atau melunasi sesuatu, kebutuhan medis dan lain sebagainya. Untuk itulah, salah satu financial skill yang harus diajarkan pada siswa ketika masih bersekolah adalah tentang cara meminjam uang dengan cara yang benar.

Meminjam uang dengan cara yang benar adalah mengetahui jenis pinjaman apa yang bisa berhasil dalam situasi yang sedang terjadi dan pinjaman seperti apa yang sebaiknya tidak dilakukan. Memang tidak ada yang salah dengan meminjam uang di saat seseorang benar benar membutuhkan uang tersebut.

Akan tetapi akan lebih baik jika siswa juga mengetahui dengan baik pinjaman seperti apa yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Ini nantinya bisa membantu siswa untuk mengetahui segala sesuatu tentang pinjaman pribadi dan cara memakai uang tersebut dan harus diperoleh siswa ketika masih ada di sekolah menengah.

6. Mengajarkan Jika Dewasa Tidak Berarti Kaya

Banyak siswa yang beranggapan jika ketika mereka dewasa kelak, maka otomatis mereka juga akan kaya raya dan bisa memperoleh gaji cukup untuk dipakai sesuai dengan keinginan mereka.

Salah satu financial skill yang harus diterapkan pada siswa adalah memberi pengertian jika menjadi orang dewasa bukan berarti juga membuat mereka bisa kaya secara tiba tiba dan sebenarnya ada tagihan serta tanggung jawab lebih besar yang siap menunggu mereka sesudah mereka lulus nanti. Dengan memberikan pengajaran dasar ini, para siswa nantinya bisa lebih mengatur keuangan mereka dengan baik dan tidak langsung menghabiskan gaji kerja pertama mereka dengan sesuatu yang tidak penting.

7. Dasar Investasi dan Pasar Saham

Meski tidak harus dijelaskan dan diajarkan secara detail, akan tetapi memperkenalkan konsep investasi yang mungkin bisa mereka lakukan kelak tetap harus diajarkan pada siswa di sekolah. Para siswa harus bisa memahami tentang apa itu pasar sahan dan bagaimana menjadi seorang investor bisa menghasilkan dan juga kehilangan uang mereka. Dengan ini, mereka sudah memperoleh lebih banyak bekal sejak dini sehingga bisa meminimalisir kesalahan tentang keuangan di masa depan.

Para siswa juga harus diajarkan tentang perbedaan antara investasi yang aman dengan investasi yang tinggi akan penipuan dan kerugian. Dengan mengajarkan financial skill ini, para siswa akan mengetahui seberapa besar risiko yang akan mereka hadapi menyangkut keuangan mereka. Sesudah lulus, nantinya mereka bisa memilih investasi yang lebih baik dan menguntungkan yang sekaligus juga menjaga kestabilan keuangan mereka.

8. Bagaimana Cara Membangun Kredit

Nilai kredit juga menjadi bagian penting untuk keuangan secara menyeluruh dan bisa memberikan perbedaan besar pada bagaimana mereka mengelola keuangan ketika dewasa. Mengajarkan siswa tentang kredit yang baik akan mempermudah mereka ketika ingin memiliki sebuah hunian sekaligus juga membuat mereka bisa menghindari kredit macet yang tentunya sangat mengganggu keuangan.

Siswa perlu belajar tentang pentingnya kredit namun juga harus belajar tentang bagaimana cara mereka membangun kredit tersebut sejak dini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang financial skill yang harus dipelajari di sekolah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Apa Itu Personal Financial Planner? Apa Kerjanya?
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar?
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
Tip Finansial untuk Kelas Menengah
Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!
Ambil Pelajaran dari Krisis di Venezuela
Financial Planning After Disaster (Rencana Finansial Sesudah Bencana)
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis


Bagikan Ke Teman Anda