Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Membuat Orang Mentalnya Kuat?

Sekali lagi, apa yang membuat seseorang memiliki mental yang kuat? Ini bukan pertanyaan sederhana yang memiliki satu jawaban. Siapapun yang ditanya pertanyaan ini, pasti memiliki jawaban berbeda. Perbedaan ini erat kaitanya dengan apa yang sudah dialami, usia, dan lingkungan serta faktor-faktor lain yang turun berpengaruh.

Tetapi bila dibuat rangkuman besar dari sekian jawaban yang muncul atas pertanyaan itu, berikut beberapa hal yang diyakini bisa membuat seseorang memiliki mental yang kuat:

1. Tidak Ada Waktu untuk Mengasihani Diri Sendiri

Apa yang membuat orang bermental kuat? Pengalaman hidup, hancurnya harapan, rasa sakit dan cidera, penderitaan dan hal-hal buruk yang terjadi bisa membuat seseorang bermental kuat. Asalkan ia berani untuk terus maju.

Tidak ada waktu untuk mengasihani diri sendiri. Orang yang kuat secara mental tidak duduk untuk menyesali apa yang telah hilang atau bagaimana orang lain memperlakukanya. Sebaliknya, orang yang bermental kuat berani bertanggung jawab atas setiap tindakan dan meyakini bahwa hidup tidak selalu mudah atau adil.

2. Hidup dengan Tenang

Orang-orang yang memiliki mental kuat mengakui bahwa hidup perlu keseimbangan. Ada yang namanya rencana dan ada yang namanya kenyataan. Kenyataan tak selalu sama dengan rencana dan rencana tak selalu berujung jadi kenyataan. Rencana perlu dibuat dan kenyataan perlu dijalani. Mereka hidup dengan tenang tanpa rasa sesal seolah-olah dirugikan oleh takdir.

Memiliki mental yang kuat bukan berarti harus selalu bahagia, melainkan cukup menjaga keseimbangan. Terlalu menikmati kebahagiaan sepanjang waktu bukanlah sikap yang sehat. Orang yang kuat secara mental tidak menghindari emosi negatif. Mereka cenderung bisa menerima keduanya. Membiarkan emosi positif maupun negatif hidup berdampingan.

3. Tidak Mengeluh pada Hal yang Diluar Kendali

Mereka yang memiliki mental kuat tidak membuang-buang energi untuk hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Anda tidak akan mendengar orang yang kuat secara mental mengeluhkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan.

Sebaliknya, mereka yang bermental kuat hanya fokus pada apa yang bisa mereka kendalikan dalam kehidupan. Terlebih lagi, mereka juga menyadari bahwa satu-satunya hal yang dapat mereka kendalikan adalah sikap mereka.

4. Bersikap Optimis Realistis

Orang yang kuat mentalnya membangun kebiasaan baik setelah mereka gagal atau jatuh. Alih-alih mereka marah, putus asa atau menyerah dalam menghadapi rintangan, mereka justru mencoba menghadapi setiap kegagalan dan keadaan dengan tenang, lalu memikirkan solusi untuk masalah yang dihadapi. Orang yang kuat secara mental cenderung optimis realistis yang memberi mereka motivasi dan pemikiran kritis demi menghasilkan solusi kreatif.

5. Tak Berfikir untuk Membahagiakan Semua Orang

Tak mungkin kita bisa membahagiakan semua orang. Begitulah yang coba dipahami oleh mereka yang bermental kuat. Mereka tidak berfikir bahwa ia bisa membuat bahagian semua orang. Mereka tahu bahwa mereka tidak perlu menyenangkan semua orang setiap saat.

Mereka tidak takut untuk mengatakan tidak atau berbicara jika perlu. Mereka berusaha untuk menjadi baik dan adil, tetapi dapat memahami keadaan orang lain jika ia tidak bisa membuat mereka bahagia.

6. Gigih dan Teguh Mengejar Tujuan

Kita semua pernah mendengar kisah-kisah inspiratif tentang orang-orang yang sukses mengatasi kesulitan dan kegagalan besar sebelum akhirnya menjadi orang sukses. Percaya atau tidak, mereka yang sukses memiliki sebuah ketekunan. Hal ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian.

7. Bertindak dengan Cermat

Orang yang bermental kuat berlatih untuk selalu bertindak dengan perhitungan. Mereka tidak asal mengambil keputusan bodoh. Mereka memperhitungkan setiap keputusan.

Yang perlu diingat, yang bermental kuat itu tidak keberatan mengambil risiko besar setelah diperhitungkan. Mereka menimbang risiko dan manfaat sebelum membuat keputusan, dan mereka sepenuhnya sadar tentang potensi kerugian sebelum mengambil tindakan.

8. Tidak terjebak dalam Masa Lalu

Mereka yang kuat secara mental tidak terjebak dalam masa lalu. Mereka tidak membuang waktu memikirkan masa lalu. Apalagi sampai berharap apa yang sudah terjadi di masa lalu berubah. Mereka sadar masa lalu adalah masa yang telah usai. Mereka cukup mengambil pelajaran atas apa yang telah terjadi.

Mengambil pelajaran bukan berarti terus-menerus menghidupkan kembali pengalaman buruk atau terus-terusan berfantasi soal masa kejayaan yang telah usai. Sebaliknya, mereka yang punya mental kuat lebih memikirkan bagaimana menjalani hidup saat ini dan merencanakan masa depan.

9. Tidak Melakukan Kesalahan yang Sama

Keledai tak jatuh di lubang yang sama dua kali. Orang yang kuat mentalnya juga demikian. Berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Mereka menerima tanggung jawab atas perilaku mereka dan belajar dari kesalahan masa lalu.

Mereka berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan itu berulang kali. Sebaliknya, mereka bergerak dan membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

10. Tidak Membenci Kesuksesan Orang Lain

Orang yang kuat mentalnya tidak membenci keberhasilan orang lain. Mereka justru dapat menghargai dan merayakan kesuksesan yang didapat orang lain. Mereka tidak cemburu atau merasa ditipu ketika orang lain melampaui mereka.

Sebaliknya, mereka menyadari bahwa kesuksesan datang dengan kerja keras, dan mereka bersedia bekerja keras untuk kesempatan mereka sendiri untuk sukses. Ketika ada kesuksesan orang lain yang bisa ia tiru, mereka tidak keberatan. Rendah hati.

11. Tidak Menyerah pada Kegagalan Pertama.

Mereka tidak melihat kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Sebaliknya, mereka yang bermental kuat justeru menggunakan kegagalan sebagai alasan untuk terus tumbuh dan berkembang. Mereka rela terus berusaha sampai mereka berhasil melakukannya dengan benar. Mereka sadar, keberhasilan membutuhkan waktu untuk terwujud.

12. Tahu Kapan Harus Berhenti

Tetapi mereka yang kuat mentanya tahu kapan waktunya untuk berhenti dan melepaskan sesuatu. Mereka dapat berkata kepada diri sendiri, “Saya sudah mencoba semua yang saya bisa, dan sekarang saya bisa melepaskannya”. Dengan menyadari hal ini, kita bisa legowo menerima hal-hal di luar kekuatan kita.

Begitulah hal-hal yang bisa membuat seseorang memiliki mental kuat. Mari bersyukur dan menghadapi rintangan dengan bijak, sebab rintangan adalah kehidupan itu sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang membuat orang mentalnya kuat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana agar Tetap Termotivasi untuk Bekerja Keras?
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Cara agar Berani Public Speaking
5 Hal Ini Dapat Membuat Anda Menjadi Semakin Cerdas
Bagaimana agar Punya Mental yang Kuat?
Kebiasaan-kebiasaaan Orang yang Sukses yang Patut Diteladani
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
Bagaimana Meningkatkan Leadership Skill?
Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil


Bagikan Ke Teman Anda