Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Mengapa Disiplin itu Penting

Disiplin merupakan hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang, banyak alasan atau dalih yang membuat kita malas untuk mereset ulang kehidupan kita dan menjalankan sesuai dengan aturan-aturan berdisiplin baru. Namun jika sudah terbiasa menerapkan disiplin dalam hidup, maka karakter kita akan terbentuk dengan sendirinya, dan mengantarkan kita pada kesuksesan.

Sebenarnya apa saja makna disiplin dalam hidup kita, dan apa pentingnya penerapan disiplin itu? Kami akan rangkumkan jawabannya untuk Anda.

1. Disiplin Membuat Tugas Kita Selesai Tepat Waktu

Hal pertama yang wajib kita pahami mengenai disiplin adalah: Disiplin tidak pernah menjadi suatu batasan, namun sejatinya disiplin membantu kita untuk menyelesaikan tugas (baik itu besar maupun kecil) sesuai dengan batasan waktu yang ada.

Dalam hal ini, Anda dapat mulai membiasakan diri untuk menetapkan batasan waktu pada apa yang Anda lakukan, sekalipun itu terlihat tidak perlu. Anda akan melihat sendiri bahwa metode ini akan membawa stabilitas dan struktur yang pasti dalam kehidupan kita.

Memang awalnya butuh pengorbanan, namun saat sudah fasih menerapkannya, maka semua akan terasa ringan, sementara tugas-tugas kita akan selesai sesuai dengan target, bahkan melebihinya.

2. Disiplin Memberi Anda Kekuatan untuk Mengendalikan Hidup

Misalkan saja Anda membuat tujuan sederhana dalam jangka pendek, menengah, dan juga panjang. Tujuan tersebut dapat berupa latihan kebugaran, diet, menabung, menyelesaikan membaca novel, bahkan mengatur waktu berkencan bersama pasangan.

Setelah berhasil mempertahankan tekad untuk melakukan tugas-tugas berat tersebut, dan benar-benar melakukannya, Anda akan menemukan diri sendiri menjadi lebih kuat. Tidak ada lagi rasa bosan atau pun penyesalan karena melewatkan sesuatu di hari ini.

Anda akan bersemangat menantikan hari esok sambil membuat daftar rencana yang harus dikerjakan untuk esok hari. Semakin banyak gol, semakin banyak tantangan, semakin terlatih pula Anda untuk hidup disiplin.

Yang menarik adalah, Anda akan merasa ketagihan untuk membuat rincian tugas yang harus diselesaikan hari ini,besok, dan juga jangka waktu panjang. Jangan pernah meragukan kemampuan  Anda dalam hal ini sebelum Anda mencobanya lebih dulu.

3. Disiplin Membawa Kebahagiaan

Sekolah atau pekerjaan yang membelenggu mungkin akan menghadapkan kita pada rasa jenuh serta kekuatan fisik yang menurun. Tetapi lain halnya jika Anda memiliki sikap disiplin tinggi dari dalam diri. Hal tersebut secra otomatis akan memberi kekuatan mental, dan hati yang tertantang untuk menyelesaikan semua rintangan dengan baik.

Tidak ada lagi kata bosan atau rasa berat yang Anda rasakan saat bangun pagi, namun justeru perasan senang karena hari ini Anda akan mulai menyelesaikan tantangan baru.

4. Disiplin Mengajarkan untuk Memulai di Waktu yang Tepat.

Ada kalanya kita menalami kegagalan. Namun dengan adanya disiplin dalam diri, maka kegagalan tersebut tidak akan pernahmenjadi sebuah batu sandungan. Sebaliknya, hal tersebut akan menantang kita untuk memulai dan mencoba lagi.

Membuat sebuah perencanaan baru yang lebih matang, serta melakukannya pada waktu yang tepat. Kapan harus bekerja, kapan harus belajar, kapan pula waktunya bermain dan bersenang-senang.

Dengan disiplin dalam diri, kita akan terus berusaha meningkatkan hasil yang kita peroleh sebelumya. Tidak pernah menyerah, hingga batas akhir dan mendapatkan apa yang kita cita-citakan dalam hidup.

5. Disiplin Melekat pada Perencanaan Hidup Kita

Selama kita menjalankan gaya hidup disiplin, kita tidak akan merasa terganggu atau tertekan, karena disiplin dan tujuan hidup kita akan berjalan beriringan. Disiplin hanyalah melekat pada perencanaan hidup kita. Maka secara otomatis,  jika kita tidak memiliki perencaan hidup, maka tidak akan ada disiplin yang kita kerjakan.

Dan sebaliknya, memiliki rencana besar dalam hidup tanpa sebuah kedisiplinan untuk mewujudkannya, akan membawa kita dalam sebuah kesia-siaan belaka, sama halnya dengan bermimpi tanpa terbeban untuk melakukan suatu tindakan demi mewujudkannya menjadi nyata.

6. Disiplin Merupakan Lambang Kesetiaan pada Diri Sendiri

Lambat laun disiplin yang kita jalankan setiap harinya akan berubah menjadi gaya hidup positif kita. Ketika kita mau bangun lebih pagi di setiap harinya, menyelesaikan tugas-tugas sedini mungkin, tetap menghubungi kawan-kawan lama, atau sekedar menjaga barang-barang tetap berada pada tempatnya.

Tidak hanya itu, namun gaya hidup disiplin akan menjadi pengingat kita tentang hubungan dengan kedua orang tua dan juga keluarga besar. Bayangkan saja, bagaimana hidup kita jika kita tidak memiliki disiplin dalam diri? Betapa banyak yang akan kita lupakan, dan betapa kita akan mengalami kehilangan tak terkira.

Sekali lagi, disiplin tidak pernah menjadi sebuah batasan dalam hidup. Para penentangnya kerap berpendapat bahwa manusia haruslah hidup bebas tanpa ada sekat-sekat yang mengaturnya. Melakukan banyak hal yang kita mau, pergi kemana saja dan kapan saja, atau tidak terbeban dengan tugas-tugas lainnya.

Well, justru dengan disiplin itulah kita dapat melakukan lebih banyak lagi, sebab semuanya sudah diatur secara otomatis oleh sistem yang bekerja di dalam otak kita. Dan hebatnya lagi, hal tersebut terjadi dengan lebih baik lagi.

Ketika kita menjalankan sebuah disiplin dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran, maka tidak ada kata berat atau pun tidak mampu melakukannya. Sebaliknya, disiplin akan terasa menyenangkan, lebih memudahkan kita, dan membuat kita nyaman dengan diri sendiri.

Disiplin hanya akan melekat pada rencana kita dan jadwal yang telah kita susun. Gaya hidup disiplin penting untuk diterpakan karena mampu memastikan apa yang kita inginkan dalam hidup ini, tercapai pada waktu yang tepat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa disiplin itu penting, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa yang Membuat Seorang Pemimpin Menjadi Good Leader?
Cara agar Berani Public Speaking
Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
Cara-cara Menjadi Orang yang Berkarisma/Karismatik
Hidup Pengen Berkembang, Ikuti Teknik Berikut
Bagaimana Menjadi Orang Beruntung?
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses


Bagikan Ke Teman Anda