Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Membangun Kepercayaan Diri Saat Berbicara di Depan Umum

Apabila Anda sering merasa mulas dan berkeringat dingin sebelum melakukan presentasi, tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendirian. Ada banyak orang di luar sana yang mengalami hal persis seperti yang Anda rasakan. Ketakutan untuk berbicara di depan umum juga dialami oleh orang dewasa.

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum, baik itu sebagai pembicara untuk forum yang besar atau sekedar presentasi dengan rekan-rekan satu divisi di kantor, adalah sebuah pekerjaan mudah. Namun bagi sebagian yang lain, ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit dan membutuhkan keberanian. Bukan berarti mereka yang tidak pernah gugup berbicara di depan umum lebih baik daripada mereka yang memiliki ketakutan tersebut.

Akan tetapi sama seperti rasa takut yang lainnya, ketakutan untuk berbicara di depan banyak juga bisa diatasi asal Anda tahu caranya. Biar bagaimanapun, ini merupakan sebuah skill dasar yang wajib dimiliki oleh semua orang, terutama bagi orang dewasa. Jika Anda mampu menunjukkan kepercayaan diri ketika berbicara di depan orang banyak, maka akan banyak pula kesempatan yang terbuka untuk Anda.

Jika sampai saat ini Anda masih merasa gugup saat harus berdiri sebagai pembicara, ikuti beberapa tips berguna berikut ini untuk mengusir rasa takut Anda.

  1. Cairkan suasana dengan humor

Dalam suasana apa saja, humor selalu bisa mencairkan suasana. Tidak ada salahnya membuka pembicaraan Anda dengan sedikit candaan yang berkaitan dengan materi yang Anda bawakan. Melihat wajah sumringah dari audiens akan menumbuhkan kepercayaan diri Anda, baik disadari atau tidak. Ketika audiens tertawa bersama Anda, maka dari situlah kepercayaan mereka terbentuk, akan mudah bagi mereka untuk memperhatikan apa yang Anda katakan.

  1. Lakukan kontak mata dengan audiens
  1. Fokus pada audiens yang mengangguk

Hal yang terpenting dari berbicara di depan banyak orang adalah bagaimana Anda merasa terhubung dengan mereka. Kepercayaan diri dan keberanian Anda bisa dengan mudah luntur saat Anda melihat mereka yang tampak bosan dan tidak tertarik dengan pembicaraan Anda. Namun Anda bisa mencari orang-orang yang terlihat mengangguk dan setuju dengan gagasan Anda. Anda akan merasa lebih yakin ketika tahu bahwa ada orang yang setuju dengan pendapat Anda. Fokuskan diri Anda hanya pada orang-orang ini saja untuk semakin menambah kepercayaan diri Anda.

  1. Jangan ragu untuk mengekspresikan emosi Anda

Banyak orang yang terlihat kaku dan datar ketika berbicara di depan banyak orang karena sulit mengatasi kegugupannya. Audiens yang bisa membaca gelagat ini bisa tidak tertarik dengan pembicaraan Anda dan cepat bosan. Oleh karena itu, jangan menyembunyikan emosi Anda. Ekspresikan diri Anda ketika Anda merasa bahagia, kecewa, hingga bersedih. Ini akan membuat audiens lebih tertarik dengan cerita Anda dan merasakan adanya keterikatan dengan Anda.

  1. Jangan melenceng dari topik pembicaraan

Seringnya, ketika Anda berbicara di depan umum, pembicaraan Anda keluar dari topik yang seharusnya. Penyebabnya bisa jadi karena Anda gugup. Itulah mengapa pembicaraan harus dipersiapkan dengan baik dan Anda harus meneliti setiap kalimatnya, adakah yang melenceng dari topik pembahasan Anda. Anda tidak dapat mengharapkan audiens untuk fokus kepada Anda jika Anda sendiri tidak fokus dengan apa yang Anda bicarakan. Hal yang terpenting adalah membuat audiens paham akan poin penting dari pembicaraan Anda, bukannya bertanya-tanya apa yang sedang Anda bicarakan tadi.

  1. Rilekskan diri Anda sebelum mulai berbicara

Semakin besar forum tempat Anda berbicara, maka semakin besar pula rasa takut dan gugup Anda. Sangat penting untuk membuat diri Anda merasa rileks dan nyaman sebelum berbicara. Lakukan apa yang bisa membuat Anda mengatasi rasa takut Anda. Misalnya bermain game atau mendengarkan musik. Sebagian orang bahkan mendengarkan musik meditasi sebelum mereka berbicara di depan umum untuk menenangkan pikiran. Jika Anda memiliki solusi yang lebih baik lagi, Anda bebas melakukannya.

  1. Bersiaplah dengan kemungkinan melakukan kesalahan

Melakukan kesalahan adalah sebuah hal yang wajar dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk para profesional. Persiapkan kemungkinan bahwa diri Anda mungkin melakukan kesalahan dan bagaimana Anda harus menyikapi hal tersebut. Kesalahan akan membuat Anda terlihat lebih manusiawi. Jangan panik saat Anda melakukan kesalahan karena hal itu juga akan membuat audiens merasa tidak nyaman. Tanggapi kesalahan Anda sendiri dengan tawa agar audiens Anda juga merasa lebih nyaman dan tertawa bersama Anda.

  1. Perbanyak latihan

Tidak ada orang yang terlahir dengan bakat luar biasa untuk berbciara di depan umum. Pengalaman-lah yang membentuk mereka hingga menjadi pembicara yang handal. Saat ini mungkin Anda masih merasa malu dan takut, namun dengan banyak berlatih Anda akan semakin menguasai kemampuan ini.

Jadikan kesalahan yang pernah Anda buat sebagai acuan untuk terus maju, bukan sesuatu yang justru membuat Anda terpuruk. Anda bisa berlatih terlebih dahulu di rumah sebelum memulai presentasi yang sesungguhnya. Berdirilah di depan cermin sehingga Anda bisa memahami mimic wajah Anda ketika menyampaikan sesuatu.

Memahami dan menerapkan semua tips di atas saja tidak cukup untuk membuat Anda sebagai pembicara ahli di depan umum. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah banyak berlatih dan menemukan cara sendiri untuk bisa menguasai diri Anda dan audiens selama Anda berbicara. Hal ini memang tidak mudah, namun dengan kemampuan ini Anda bisa meyakinkan orang lain akan gagasan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang membangun kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
Tips Membangun Rasa Percaya Diri dengan Mudah
Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Kamu Lebih Menyala
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri
Cara Berbicara Tentang Uang dengan Anak Anda
Kebiasaan-kebiasaaan Orang yang Sukses yang Patut Diteladani
Apa yang Membuat Seorang Pemimpin Menjadi Good Leader?
Apa itu Keunggulan Komparatif?


Bagikan Ke Teman Anda