Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menghadapi Orang yang Negatif

Setiap orang memiliki watak tersendiri. Ada yang baik, ada yang perhatian, tetapi ada pula yang pemalas. Beberapa orang juga ada yang memiliki kebiasaan mengeluhkan segala hal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Kita bisa menjumpai orang-orang seperti itu dimana saja. Bisa di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, kantor, bahkan keluarga kita sendiri. Orang-orang yang terlalu sering mengeluh dan cenderung pesimis menghadapi berbagai hal dalam hidup disebut sebagai orang negatif.

Berhadapan dengan orang negatif bisa jadi sangat merepotkan, sebab orang negatif mempunyai kecenderungan untuk “menyerap” energi kita, sehingga kita bisa saja ikut terpengaruh untuk berpikiran negatif dan menghadapi segala sesuatu secara pesimis. Bayangkan saja, dalam kondisi penuh tekanan, alih-alih mencari solusi, orang-orang negatif justru sering mengeluhkan hal-hal tidak penting, seperti bagaimana mungkin ini bisa tejadi, siapa yang salah, dan sebagainya.

Cara Menghadapi Orang Negatif

Jika dibiarkan, sikap mereka bisa membuat kita ikut tidak bisa berpikir dengan jernih dalam menghadapi masalah. Nah, untuk menghindarkan diri kita dari pengaruh orang-orang negatif, berikut beberapa cara menghadapi orang negatif yang bisa kita terapkan.

1. Abaikan saja

Abaikan saja semua komentar dan sikap negatif mereka pada kita. Bahkan, jika memungkinkan, lebih baik minimalisir keadaan yang mengharuskan kita “berhubungan” dengan mereka. Jadi, jangan menerima apa pun yang mereka katakan secara pribadi.

Abaikan saja apa yang mereka katakan atau lakukan, karena semakin sedikit Kita merespons orang negatif, hidup Kita akan semakin damai. Jika dia adalah atasan kita atau orang yang tidak bisa kita hindari, coba pikirkan cara untuk membantu mereka berhenti mengeluhkan perkerjaan orang lain dan berikan usul kegiatan yang membuatnya lebih produktif.

2. Perbanyak diam dan tidak perlu menunjukkan reaksi.

Perbanyak diam saat berhadapan dengan orang negatif, dan sebisa mungkin hindari berdebat atau berdiskusi dengan mereka adalah cara lain yang bisa kita coba untuk menghadapi orang-orang negatif. Setiap orang memiliki kesadarannya masing-masing, dan kita hanya perlu bertanggungjawab dengan kesadaran kita sendiri.

Tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengkhawatirkan apa yang mereka pikirkan atau mereka lakukan terhadap kita. Jangan biarkan sikap atau komentar negatif mereka mempengaruhi kita.

3. Jangan ceritakan rencana kita kepada mereka.

Jangan memberi tahu mereka tentang perpindahan karier masa depan Kita atau tentang bisnis sampingan kita. Jika tidak mungkin menyembunyikan rencana kita darinya, alihkan perhatiannya. Ceritakan kepada mereka kisah yang sama sekali berbeda dan kisah yang cenderung mereka hargai.

Selalu pastikan mereka akan melakukan sesuatu yang positif kepada kita, dan jangan biarkan mereka mengendorkan semangat kita dengan komentar atau sikap negatif mereka.

4. Jadikan komentar mereka menjadi sesuatu yang positif.

Orang-orang negatif yang memberikan komentar negatif kepada kita biasanya dilandasi karena kita adalah orang yang menarik untuk mereka. Mereka iri dengan kompetensi kita dan mereka percaya kita jauh lebih baik daripada mereka. Jadikan poin ini, sumber motivasi kita untuk melakukan yang terbaik.

Terus ikuti jalan yang Kita pilih, terus lakukan pekerjaan penting kita dan pastikan mereka tidak menciptakan rintangan di jalan kita. Sekali lagi strategi terbaik adalah mengalihkan perhatian mereka.

5. Acuhkan komentar negatifnya, tapi tetap hargai mereka.

Setiap kali kita mendapat kesempatan untuk berbicara tentang orang-orang yang begitu negatif, pujilah mereka. Dengan mendengarkan komentar positif Kita, mereka dapat mengubah cara mereka memperlakukan kita. Kemungkinannya mereka akan merasa malu dan akan mencoba menjadi teman baik Kita.

Jika ini terjadi, itu berarti kita memiliki lebih sedikit masalah. Jika tidak, toh, kita tidak menambah masalah. Jika kita tidak bisa memuji, maka jangan mengeluh atau mengatakan kata-kata buruk tentang orang-orang negatif tersebut. Lebih baik untuk tetap diam.

6. Jangan biarkan mereka mencampuri hidup Kita.

Jika seseorang memperlakukan kita dengan buruk, ingatlah ada sesuatu yang salah dengan mereka, bukan kita. Orang normal tidak berkeliaran menghancurkan orang lain. Ketidakamanan mereka sendiri yang mendorong perilaku mereka dan itu tidak ada hubungannya dengan kita. Orang dewasa akan selalu menjauh dari orang-orang negatif yang mengancam kedamaian pikiran, harga diri, nilai-nilai, moral, dan harga diri mereka.

Kita tidak dapat bergaul dengan orang-orang negatif dan berharap untuk menjalani kehidupan yang positif. Selain itu, kita tidak dapat mengontrol perilaku negatif seseorang. Tetapi kita dapat mengontrol berapa lama Kita berpartisipasi di dalamnya.

7. Lakukan meditasi

Meditasi ini memperkuat kesabaran dan ketabahan batin kita. Suatu hari kita akan menjadi begitu kuat sehingga hal-hal kecil ini akan berhenti mengganggu kita. Inilah yang diajarkan Gandhi sepanjang hidupnya melalui pesan ‘ahimsa’. meditasi juga membuat kita merasa lebih positif dan bahagia. Senyuman tulus dan murni serta perilaku manis Kita secara bertahap dapat mulai memengaruhi kesadarannya secara positif.

8. Bangun kesadaran bahwa tidak ada orang yang sempurna

Setiap orang mempunyai kekurangan, tidak terkecuali diri kita. Jadi, ketika mendengar komentar negatif dari orang lain, segera fokuskan diri kita kepada hal-hal lain yang menjadi kelebihan kita. Menerima bahwa tidak semua orang sempurna dan kekurangan adalah sesuatu yang sangat wajar untuk dimiliki membantu kita untuk tidak merasa rendah diri ketika menerima komentar atau sikap yang kurang menyenangkan.

9. Bertanggung jawablah atas pikiran dan tindakan kita

Kita sendiri yang mengendalikan hidup kita dan banyak dari situasi negatif dan pikiran negatif atas diri kita. Dengan mengambil tanggung jawab atas tindakan kita, kita dapat mulai menghilangkan hal-hal negatif dalam hidup Kita dan menciptakan kepositifan.

10. Terima mereka dan hadapi negativitas mereka

Cara menghadapi orang negatif terakhir dalam tulisan ini adalah terima mereka dan hadapi kenegatifannya. Kita bisa saja ada dimana kita tidak bisa untuk tidak berurusan dengan orang negatif karena mereka adalah keluarga atau teman dekat.

Kita bisa belajar untuk menerima mereka apa adanya karena mengubah mereka tidak akan terjadi atas kehendak Kita sendiri. Fokuslah untuk memilah mana komentar atau sikap mereka yang perlu diabaikan atau dipertimbangkan. Sekali lagi, kuatkan diri kita dan fokuslah pada kelebihan-kelebihan kita.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menghadapi orang yang negatif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Siapa Orang Paling Kaya Sepanjang Jaman?
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
Dampak Negatif Uang Palsu Bagi Perekonomian
Bagaimana Menjadi Orang yang Berpengaruh?
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Bagaimana Menjadi Orang yang Penting?
Bagaimana Menjadi Orang di Atas Rata-rata? Ini Tipnya!
7 Hal yang Membuat Orang Menjadi Membosankan
Apa yang Membuat Orang Tidak Disukai?
Orang Seperti Apa yang Seharusnya Tidak Menjadi Enterpreneur


Bagikan Ke Teman Anda