Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

11 Kesalahan yang Dilakukan oleh Orang Kaya Baru (OKB)

Menjadi kaya adalah hak semua orang, dan menggunakan harta mereka untuk segala sesuatu yang mereka inginkan juga merupakan hak mereka. Namun yang patut diwaspadai adalah munculnya sindrom orang kaya baru.

Mereka tergoda untuk menghabiskan uang yang mereka miliki tanpa menyadari bahwa semua itu bisa saja hilang dalam sekejap. Inilah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang kaya baru.

Kesalahan-Kesalahan yang Dilakukan Orang Kaya Baru

1. Menghabiskan kekayaan dengan cepat

Sebagian besar orang yang kaya mendadak dari memenangkan lotere atau sumber lainnya memutuskan untuk sesegera mungkin menghabiskan uang mereka. Entah itu untuk bersenang-senang, mentraktir teman, atau membeli barang-barang mewah. Maka jangan heran jika esok harinya mereka menjadi bangkrut dan kembali menjalani kehidupan semula.

2. Membuat keputusan investasi yang salah

Jika harta Anda melonjak sedemikian rupa secara tiba-tiba, jangan terburu-buru menginvestasikannya. Ambil langkah bijak dengan mempelajari terlebih dahulu investasi ringan dan mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

3. Menunda-nunda investasi

Berbeda halnya dengan apa yang kami sampaikan di atas, orang kaya baru juga cenderung “mengikat” erat uang mereka dan tidak berani mengambil keputusan untuk melakukan invesatasi. Padahal, menunda-nunda investasi di saat yang tepat, sama saja halnya dengan menempatkan uang Anda pada investasi yang salah.

Keduanya tidak akan membuat uang Anda berkembang, yang ada malah uang akan habis oleh hal-hal yang sebenarnya tidak berguna.

4. Mempercayai orang yang salah

Yup, tidak semua orang yang terlihat baik di depan memiliki niat yang baik di belakang. Terlebih dengan status Anda kini sebagai orang kaya baru, maka akan semakin banyak orang yang “menempel” pada Anda. Ibarat pepatah mengatakan “Ada gula ada semut”, demikian pula situasi yang bisa melanda Anda.

Tetap waspada dan jangan percaya pada sembarang orang, lebih-lebih pada mereka yang baru mendekat saat Anda meraih kesuksesan.

5. Cepat puas

Ini biasanya terjadi pada para pebisnis baru. Mereka sering kali berpikir, “Saya telah berhasil menaikkan laba perusahaan menjadi 25 % per tahun, maka tugas saya sudah selesai.”

Padahal jika Anda mau terus mengembangkan perusahaan dan bisnis Anda, maka Anda bisa saja menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

6. Menghabiskan uang yang belum Anda terima

Jangan pernah menghabiskan uang yang belum Anda terima, bahkan sekalipun uang tersebut telah dijanjikan secara pasti pada Anda. Tahan keinginan Anda untuk membeli sesuatu secara kredit dengan asumsi Anda akan mengembalikannya begitu “uang yang dijanjikan” tersebut datang.

Anda tidak akan pernah tahu apa yang terkadi di hari esok, bagaimana jika uang tersebut tidak pernah datang? Tentu hal tersebut akan menyeret Anda berurusan dengan kreditor.

7. Tabungkan sesegera mungkin

Jika Anda menerima uang dalam jumlah yang besar dan telah berniat untuk menyimpannya di bank, maka lakukan itu secepat mungkin. Karena semakin lama Anda menunda, maka semakin banyak barang dan kebutuhan yang ingin Anda beli.

Yang perlu dicatat adalah, jangan menabung dari sisa, tetapi menabunglah terlebih dahulu, baru gunakan sisanya untuk membeli kebutuhan Anda.

8. Minta ilmu, bukan uang

Sering kali orang kaya baru tidak memaksimalkan koneksi yang mereka miliki. Mereka seolah tersihir dengan dunia baru mereka dan melupakan hal yang lebih penting yaitu belajar dan menggali ilmu baru dari orang yang sudah benar-benar kaya.

Sebaiknya Anda ubah kebiasaan tersebut dan segera fokus untuk menimba ilmu dari para pebisnis sukses. Cari tahu bagaimana mereka mengolah bisnis mereka, bagaimana mereka menghasilkan banyak uang, serta bagaimana caranya bertahan di saat-saat sulit.

9. Tidak membuat anggaran

Hal pertama yang harusnya Anda lakukan saat mendapatkan banyak uang adalah membuat anggaran alih-alih langsung membelanjakannya. Tunda dahulu membeli mobil-mobil mewah, perhiasan, atau rumah mewah.

Siapkan terlebih dahulu untuk pembayaran rutin yang mungkin tertunda beberapa bulan yang lalu, buat rincian sederhana tentang berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar, dan berapa uang yang wajib disisihkan untuk menabung.

Keuntungan dari membuat anggaran adalah Anda akan tahu berapa jumlah uang yang keluar masuk dalam satu bulan, dan gambaran ini bisa Anda kembangkan untuk menyusun anggaran di bulan berikutnya. Level selanjutnya akan membawa Anda pada manajemen kekayaan yang tepat.

10. Tidak datang pada konsultan keuangan yang tepat

Anda tidak harus mendatangi konsultan keuangan mahal. Maksud kami adalah, Anda tidak bisa serta merta menyerahkan uang Anda dalam investasi “buruk” yang ditawarkan oleh sahabat Anda. Boleh saja Anda berdalih bahwa Anda telah mengenal sahabat Anda itu sejak puluhan tahun yang lalu dan telah percaya sepenuhnya pada orang tersebut.

Namun uang lebih berbahaya dari apapun, dan menempatkannya pada orang yang belum berpengalaman sama saja dengan menempatkan telur pada ujung tanduk. Tidak hanya uang Anda yang akan habis, namun persahabatan yang Anda bangun sekian lama juga bisa hilang bersama uang Anda.

Seberapa banyak uang yang Anda miliki, bukan tugas Anda untuk menarik semua orang keluar dari kemiskinan. Fokus pada rintisan bisnis Anda akan jauh lebih baik dan bisa menolong pada saatnya nanti.

11. Masuk lingkungan pergaulan yang salah

Seperti yang kami singgung di atas, saat menjadi orang kaya baru, Anda akan dikelilingi oleh orang-orang baru yang ingin mengambil keuntungan dari Anda. Berhati-hatilah, sebab sebagian dari mereka akan menyeret Anda pada pergaulan yang buruk. Pesta semalaman dengan minum-minuman keras, sex bebas, serta narkoba.

Pertimbangkan baik-baik saat Anda menjadi orang kaya baru. Ambil pelajaran positif dan bergaul dengan orang yang tepat  dengan pemikiran yang bisa meningkatkan nilai uang Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 11 kesalahan yang dilakukan oleh orang kaya baru (OKB), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kesalahan-kesalahan yang Kerap Dilakukan Startup
8 Kesalahan-kesalahan Merencanakan Keuangan Keluarga
Inilah Cara Orang Kaya Mendidik Anak Agar Tidak Manja
10 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit
Mau Memulai Usaha? Hindari Kesalahan Entrepreneur Ini!
5 Daftar Kesalahan Entrepreneur Pemula
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji


Bagikan Ke Teman Anda