Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kesalahan dalam Membeli Mobil

Memiliki mobil yang nyaman serta dapat dijadikan alat transportasi keluarga adalah impian bagi banyak orang.

Meskipun ada kalanya impian tersebut harus ditebus dengan harga yang terlalu mahal jika kita tidak mampu memilih mobil terbaik untuk diri sendiri dan keluarga.

Jadi, sebelum Anda memutuskan membeli mobil, sebaiknya hindari daftar kesalahan yang sering dilakukan oleh para pembeli mobil berikut ini.

Daftar Kesalahan dalam Membeli Mobil

1. Tidak melakukan penelitian sebelumnya

Karena dana yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil / kendaraan cukup besar, maka sebaiknya lakukan penelitian kecil terlebih dahulu.

Anda bisa mengunjungi situs yang membahas tentang spesifikasi mobil incaran Anda dan mempertimbangkan untung-rugi jika Anda membelinya.

2. Berbelanja hanya di satu dealer

Mendatangi dua atau tiga dealer yang berbeda bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

Bandingkan harga penawaran yang diberikan agar Anda bisa mengamankan mobil impian dengan harga terbaik. Pertimbangan selanjutnya adalah tentang kenyamanan, kepercayaan, serta keramahan dalam pelayanan yang ditawarkan oleh satu dealer tertentu.

3. Mengabaikan jalur online

Zaman sudah berganti, fasilitas dari dealer pun semakin beragam, dan tentu saja yang tidak ketinggalan adalah layanan online yang sedang menjadi tren saat ini.

Untuk Anda yang merasa tidak memiliki waktu datang ke beberapa dealer sekaligus, Anda bisa menggunakan layanan online untuk melakukan penawaran dan diskusi tentang mobil yang akan Anda beli.

4. Terlalu berfokus pada sistem kredit

Ketika Anda sudah cocok dengan satu mobil dan bermaksud membelinya, para salesman akan menawarkan layanan kredit pada Anda.

Jika dilihat, sekilas memang lebih meringankan pembayaran, karena dapat dicicil secara lebih ringan setiap bulannya.

Namun dibalik semua itu, ada bunga tinggi yang wajib Anda bayar. Semakin panjang tahun kreditnya, Anda akan melepaskan lebih banyak uang lagi hanya untuk membayar bunga kredit.

5. Tidak melakukan test drive terlebih dahulu

Test drive yang biasanya ditawarkan oleh dealer memungkinkan Anda untuk memeriksa semua fasilitas dan fitur keamanan (dan kenyamanan) yang ditawarkan sebuah produk kendaraan.

Saat melakukan test drive itulah, Anda bisa mengecek apakah mobil bisa dikendalikan dengan mudah, bagaimana akses masuk – keluar ke baris belakangnya, dan apakah mobil mampu menampung seluruh anggota keluarga Anda.

6. Melewatkan Keterangan dari Agen Asuransi

Anda perlu mempertimbangkan untuk memasukkan mobil baru Anda ke perusahaan asuransi dan juga menentukan jenis asuransi apa yang paling Anda butuhkan. Karena harus dipahami, tidak semua aspek yang ditawarkan oleh asuransi tersebut benar-benar Anda butuhkan.

Untuk itu, Anda harus bijak dan berani dalam mengambil keputusan sebelum menyerahkan semua urusan ke pada dealer dan membiarkan mereka mengeruk uang Anda. Lagi pula, saat Anda telah mencapai kesepakatan asuransi, biasanya mereka akan menambahkan dan menawarkan lagi asuransi tambahan seperti perpanjangan garansi, asuransi kesenjangan, dan lain-lain.

Tentunya hal tersebut akan semakin menambah daftar panjang pembayaran (tidak perlu) lainnya.

7. Membeli dari penjual yang tidak Anda percayai

Kebanyakan dari kita membeli mobil dari orang yang tidak kita sukai atau tidak kita percayai. Pasalnya, para salesman biasanya akan merayu, bahkan cenderung memaksa kita untuk melakukan transaksi pembelian.

Dan parahnya lagi, meskipun kita merasa kurang nyaman, namun kita tetap melakukannya.

Yang perlu diingat adalah, ini merupakan suatu kesepakatan bisnis, dan seharusnya, Anda pun bisa mendapatkan mobil yang tepat dengan harga yang tepat pula.

Jadi, carilah penjual yang mau mendengarkan Anda dengan baik, menunjukkan semua fitur atau aspek yang ingin diketahui oleh calon pembeli mobil, serta membuat Anda merasa nyaman untuk melakukan transaksi.

8. Membeli di bawah tekanan

Membeli sebuah mobil bisa jadi merupakan suatu keputusan besar yang dapat memengaruhi kesehatan finansial Anda untuk beberpa tahun kedepan.

Dan karena kesepakatan besar itulah, maka Anda memiliki hak untuk memilih dan pergi jika harga maupun spesifikasi mobil tidak sesuai dengan harapan Anda.

Jika Anda merasa adanya tekanan dari pihak dealer atau saleman, sebaiknya segera pindah untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik di lain tempat.

9. Meremehkan total biaya kepemilikan

Saat pertama kali membeli mobil, tentu hati dan pikiran Anda akan penuh dengan kebahagiaan, dan juga optimisme.

Biasanya, orang akan berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mobil yang dibelinya tersebut akan mampu dipertahankan hingga 10 – 15 tahun ke depan.

Namun kenyataannya, tidak banyak kepemilikan mobil yang mampu dipertahankan hingga 5 tahun saja.

Anda juga akan meremehkan biaya pemeliharaannya, asuransi, pajak, dan juga bahan bakar yang harus dibeli.

10.  Menetapkan harapan yang terlalu tinggi

Dengan begitu banyak pilihan yang ada di hadapan kita, maka semakin banyak pula tekanan untuk mendapatkan kendaraan terbaik.

Belum lagi dengan adanya iklan komersial tentang produk kendaraan tersebut dan bagaimana salesman memberi keterangan yang berlebihan tentang mobil tersebut.

Jika produk kendaraan yang kita pilih nyatanya tidak sesuai dengan ekspektasi dan harapan kita, maka tidak jarang hal tersebut membuat kita kecewa dan malah malas menggunakannya.

11.  Membeli mobil dengan harga terlalu tinggi namun harga jual kembalinya turun drastis

Yang tidak segera disadari oleh para pelanggan adalah, mereka sering kali terburu-buru dalam membeli mobil dengan harga yang terlampau mahal tanpa memikirkan bahwa harga jual kembali mobil tersebut akan turun secara drastis begitu keluar dari dealer.

Pahamilah bahwa Anda wajib mencari tahu berapa perkiraan nilai mobil beberapa tahun kedepan jika Anda berencana untuk menjualnya.

Membeli mobil tidak harus menjadi pengalaman yang menyedihkan jika Anda mau menyediakan waktu dan bijaksana dalam memilih mobil yang paling tepat bagi Anda dan keluarga.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan dalam membeli mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Kesalahan-kesalahan yang Kerap Dilakukan Startup
Ingin Membeli Rumah Idaman? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini!
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
Ini Kesalahan Perusahaan Besar yang Bisa Membuat Bangkrut!
6 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Pengusaha Pemula
Kesalahan Terbesar dalam Karir yang Harus Dihindari
Uang Tidak Mampu Membeli Segalanya
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Anak Tidak Percaya Diri? Ini Beberapa Kesalahan Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tidak Pede!


Bagikan Ke Teman Anda