Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Asuransi Mobil Perlu Tidak? Ini Jawabnya

Ada banyak jenis asuransi yang berlaku dalam suatu negara di mana satu diantaranya adalah asuransi mobil. Sesuai dengan namanya asuransi ini ditujukan khusus untuk seorang pemilik mobil. Jenis asuransi mobil pun beragam, ada yang memberikan perlindungan secara menyeluruh, ada pula yang sebagaian.

Pada dasarnya, asuransi jenis ini menangung resiko atau kerusakan yang terjadi pada mobil. Hanya saja tidak semua orang memiliki pendapat yang sama soal pentingnya melakukan asuransi mobil. Bagaimana dengan kamu?

Untuk menjawabnya, mari pahami dulu apa itu asuransi mobil dan segala yang berkaitan dengannya. Termasuk pula perlindungan apa saja yang diberikan serta pada kondisi bagimana asuransi mobil tersebut berlaku.

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan kontrak yang disepakati oleh pemilik mobil dan perusahaan asuransi yang berkewajiban untuk memberi perlindungan terhadap kerugian finansial apabila terjadi pencurian atau kecelekaan. Meski begitu pemilik mobil harus membayar sejumlah iuran sebagaimana yang telah disepakati.

Perlindungan yang Diberikan Asuransi Mobil

Ada tiga poin utama yang dilindungi oleh asuransi mobil yaitu properti, tanggung jawab, dan medis. Perlindungan properti mencakup dua kondisi yaitu ketika terjadi kerusakan pada mobil dan adanya kasus pencurian. Tanggung jawab berupa perlindungan hukum terhadap pihak lain yang mengalami cedera akibat kecelakaan mobil.

Sedangkan perlindungan medis tidak lain adalah biaya yang diperlukan untuk mengobati luka, rehabilitasi, santunan, dan bahkan juga dapat berupa biaya pemakaman. Ketiga poin ini selanjutnya juga dikenal dasar-dasar perlindungan yang diperoleh pemilik dari asuransi mobil.

Meski begitu perlindungan asuransi mobil sebenarnya memiliki jangkauan luas. Sebagai contoh perusahaan otomatis akan melindungi anggota keluarga pemilik asuransi berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi apabila kecelakaan atau pencurian terjadi pada saat orang lain yang mengendarai mobil sudah ada aturannya.

Selain itu yang perlu dicatat baik-baik adalah asuransi mobil dasar hanya memberi kompensasi terhadap kerusakan akibat aktivitas pribadi. Misalnya bepergian jauh dan berangkat ke kantor. Jadi apabila mobil mengalami kerusakan pada saat digunakan untuk komersial maka asuransi tidak berlaku.

Tetapi saat ini sudah ada berbagai macam asuransi mobil dengan perlindungan khusus untuk kendaraan yang dipakai menyediakan jasa transportasi. Jenis asuransi ini biasa digunakan oleh para pemilik mobil yang kendaraannya dipakai untuk jasa transportasi online.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Ada beberapa jenis asuransi mobil yang umumnya diterapkan oleh suatu negara terhadap pengendara roda empat. Jenis tersebut secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis yaitu asuransi mobil wajib, asuransi mobil tipikal, dan juga asuransi kesenjangan. Berikut ini adalah ketiga jenis tersebut.

1. Asuransi Mobil Wajib

Asuransi mobil wajib hampir diterapkan di semua negara yang harus dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat. Jenis asuransi ini memberi dua macam perlindungan terhadap pengendara yaitu tanggung jawab yang berkaitan dengan cedera tubuh baik jika kecelakaan terjadi oleh pemilik mobil atau orang lain.

Perlindungan kedua yaitu tanggung jawab kerusakan properti. Sesuai namanya perusahaan asuransi memiliki kewajiban untuk mengganti kerugian atau kerusakan properti yang diakibatkan oleh kecelakaan dari kendaraanmu. Misalnya pagar rumah orang lain rusak sebab tertabrak mobilmu, maka asuransi akan menanggung biaya kerusakan tersebut.

Selain itu asuransi mobil wajib juga biasanya sudah mencakup pembayaran medis dan kerugian bukan hanya untuk pengendara saja, melainkan juga penumpang lain di dalam mobil. Akan tetapi tanggung jawab ini tidak berlaku apabila pengendara tidak memiliki asuransi dan melakukan tabrak lari.

2. Asuransi Mobil Tipikal

Perlu dicatat baik-baik bahwa asuransi mobil wajib tidak mencakup kerusakan pada mobil yang kamu miliki. Maka dari itu diperlukan juga asuransi mobil tipikal yang secara khusus bertanggung jawab terhadap kerusakan mobil pemilik asuransi. Ada tiga perlindungan dari asuransi mobil tipikal yaitu sebagai berikut.

  • Tabrakan

Tabrakan di sini meliputi kecelakaan lalu lintas dengan kendaraan lain atau tidak sengaja menabrak benda seperti pembatas jalan dan pohon. Dengan asumsi bahwa memang kamu yang bersalah serta kerusakan murni akibat tabrakan dan bukan karena kondisi alami. Maka perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang kamu alami.

  • Komprehensif

Komprehensif adalah perlindungan terhadap kendaraan yang diakibatkan selain dari tabrakan, bencana alam, atau tertimpa benda berat. Contoh yang paling sering terjadi yaitu adanya tidak pencurian. Perusahaan asuransi mobil tipikal akan mengganti kerugian apabila mobil yang diasuransikan telah dicuri.

  • Cakupan Kaca

Sesuai dengan namanya asuransi tipikal cakupan kaca akan memberi perlindungan terhadap kerusakan kaca mobil. Kerusakan ini sangat lazim terjadi dan meliputi kaca depan, jendela samping, jendela belakang mobi, dan juga sunroof kaca. Kamu dapat menambah cakupan perlindungan ini jika ingin mendapat asuransi lebih.

3. Asuransi Kesenjangan

Perlu kamu pahami bahwa asuransi tabrakan dan komprehensif hanya meliputi berapa nilai pasar mobil yang kamu asuransikan. Tidak melihat seberapa banyak uang yang telah kamu keluarkan untuk mobil tersebut. Secara sederhana ada peluang untuk terdapat kesenjangan antara biaya yang kamu keluarkan dengan biaya asuransi yang diperoleh.

Nah untuk itu kamu memerlukan asuransi kesenjangan. Sesuai dengan namanya asuransi ini akan membayar perbedaan atau kesenjangan dari biaya yang kamu keluarkan dengan asuransi. Khusus untuk mobil yang disewa, pastikan bahwa asuransi kesenjangan dimasukkan ke dalam total biaya sewa.

Faktor yang Mempengaruhi Asuransi Mobil

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada jumlah tagihan yang harus dibayar apabila kamu memutuskan untuk memiliki asuransi mobil. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah besar tagihan tersebut terpengaruh oleh kondisi mobi? Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi mobil.

  • Usia Mobil. Pada kenyataannya usia mobil juga berpengaruh terhadap biaya asuransinya. Mobil yang sudah berusia tua biasanya memiliki biaya asuransi yang lebih murah dibanding mobil yang sudah tua. Hal ini juga dipengaruhi oleh suku cadang mobil.
  • Model Mobil. Sudah cukup jelas bahwa mobil mewah pasti memiliki biaya asuransi mahal dibanding mobil biasa. Hal ini tidak lepas dari biaya perbaikan yang diperlukan untuk merawat mobil mewah tersebut.
  • Risiko Pencurian Mobil. Ada beberapa jenis mobil tertentu yang cenderung dikejar oleh pencuri. Biasanya mobil yang rentan pencurian seperti ini juga memerlukan biaya asuransi yang cukup mahal.

Alasan Pentingnya Asuransi Mobil

Bahasan mengenai pengertian asuransi mobil dan perlindungan apa yang diberikan sudah cukup memberikan gambaran umum pentingnya hal ini. Akan tetapi sebenarnya masih banyak alasan lain yang juga perlu diketahui tentang pentingnya asuransu mobil. Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut.

  1. Asuransi Mobil Biasanya Bersifat Wajib

Setiap negara mempunyai aturan tersendiri mengenai batas minimum pertanggung jawaban yang wajib untuk dibeli oleh para pengemudi mobil.

Bahkan ada beberapa negara yang memang mewajibkan pemilik mobil untuk memiliki asuransi kendaraan. Dan juga masih ada asuransi lain seperti perlindungan cidera pribadi.

Nantinya batas tersebut akan digunakan oleh perusahaan asuransi terhadap masalah yang ditanggung baik berupa kerusahakan hingga kehilangan. Jadi, ketika biaya kerusakan melebihi batas maksimum yang bisa dibayarkan oleh perusahaan asuransi maka pemilik kendaraan harus menambah sisa dengan dana pribadinya.

  1. Memberi Perlindungan Diri

Pertanggung jawaban pada dasarnya adalah kewajiban hukum yang berlaku di dalam negara. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kebesaran hati untuk bertanggung jawab.

Misalnya kamu mengalami tabrakan dengan pengemudi yang tidak memiliki asuransi. Jika kamu mempunyai asuransi maka hal itu bisa digunakan untuk membayar biaya medis.

  1. Memberi Perlindungan terhadap Penumpang

Biaya medis yang ditanggung oleh asuransi mobil tidak hanya berlaku untuk pemilik atau pengemudi saja. Akan tetapi penumpang yang ada di dalam mobil juga berhak mendapatkan perlindungan dari asuransi. Jadi biaya medis termasuk perawatan hingga operasi akibat kecelakaan ditanggung oleh asuransi.

  1. Meringankan Beban Biaya Perbaikan Mobil

Ada dua cakupan biaya perbaikan kerusakan kendaraan dari asuransi mobil. Keduanya adalah kerusakan akibat tabrakan dan komprehensif. Kerusakan akibat tabrakan sudah cukup jelas yang meliputi tabrakan kecil hingga besar. Misalnya mobil menyerempet dinding hingga tergores atau kecelakaan lalu lintas.

Sedangkan untuk kerusakan komprehensif adalah masalah kendaraan yang terjadi bukan akibat tabrakan. Ada banyak contoh kasus dari hal ini seperti mobil tertimpa benda jatuh, kebakaran yang mengakibatkan mobil rusak, pencurian, dan yang marak terjadi di negara empat musim adalah kerusakan akibat hujan es.

  1. Adanya Perlindungan Keuangan

Berkendara di jalanan tidak menutup kemungkinan untuk terjadi kecelakaan. Dan bisa saja kecelakaan tersebut disebabkan oleh kamu sebagai pengendara mobil. Pada situasi seperti itu, sebagai pihak yang menabrak kamu memiliki kewajiban untuk memberi pertanggung jawaban hukum terhadap korban.

Tanggung jawab tersebut meliputi biaya hukum, santunan apabila korban tidak bisa bekerja setelah kecelakaan, dan juga biaya medis. Apabila kamu tidak memiliki asuransi mobil maka semua biaya tersebut harus dibayar dengan menggunakan uang pribadi. Lain halnya jika ada asuransi, maka kamu dapat menggunakannya sebagai pembayaran tanggung jawab.

  1. Pihak Pemberi Sewa Mobil Memerlukan Asuransi

Kamu mungkin membeli mobil dengan cara mencicil atau bisa juga menyewa. Biasanya dalam kondisi seperti ini pihak yang berperan sebagai kreditur atau pemberi sewa mobil membutuhkan asuransi kendaraan. Hal ini menjadi penting agar dapat menjadi jaminan investasi kreditur.

Sementara untuk kamu sebagai pihak yang membeli, asuransi mobil dapat membantu pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebut saja mobil dicuri atau kamu tidak bisa lagi membayarnya. Maka perusahaan asuransi akan turun tangan untuk membantu kamu dalam melunasi biaya cicilan mobil tersebut.

  1. Jika Terjadi Masalah, Penyelesaiannya Tidak Rumit

Selama kamu membuat cakupan atau kesepakatan dengan perusahaan asuransi secara benar, maka hal ini pasti kamu dapatkan saat kecalakaan. Apalagi seperti yang diketahui bahwa kecelakaan dapat berujung sangat panjang jika kedua pihak sama-sama merasa dirugikan.

Akan tetapi hal berbeda justru terjadi ketika kamu memiliki asuransi mobil. Perusahaan asuransi akan memberi dukungan penuh kepadamu termasuk dalam mengelola biaya kerusakan pengendara lain. Dengan begitu kamu tida akan terlalu pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

  1. Memperoleh Pikiran yang Lebih Damai

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, ungkapan ini memang benar adanya. Kamu mungkin akan mengalami tekanan batin apabila tidak sengaja mengalami kecelakaan.

Belum lagi jika tanggung jawab yang harus kamu terima cukup besar. Akan tetapi dengan adanya asuransi mobil paling tidak kamu bisa sedikit lebih tenang menghadapi situasi seperti itu.

  1. Sebagai Jaminan Ketika Mobil Dipinjam Orang Lain

Sebenarnya aturan tentang siapa saja yang ditanggung dalam asuransi mobil sudah diatur pada awal pembuatan kontrak. Dalam hal ini kamu bisa membuat pengecualian siapa saja yang tidak ditanggung pada saat mengendarai mobilmu. Jadi apabila mobil dikendarai oleh orang tidak dikecualikan, maka perusahaan asuransi dapat memberi perlindungan.

Misalnya mobilmu dikendarai oleh teman dan mengalami tabrakan atau kecelakaan. Perusahaan asuransi akan memberi ganti rugi kerusakan yang disebabkan oleh insiden tersebut termasuk jika ada korban jiwa dari pihak yang ditabrak. Kamu juga akan memperoleh keringanan jika teman yang mengendari sudah memiliki asuransi sendiri.

Terakhir, apapun pilihan kamu, tetap jangan lupa untuk selalu perhatikan keuangan kamu ya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang penting tidaknya asuransi mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
Perbedaan Lembaga Pembiayaan dengan Perusahaan Asuransi
Apa itu Cash Value? Definisi Cash Value
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Sejarah Mobil Listrik
Apa Itu Asuransi Mobil Comprehensive?
Apa Itu Asuransi Mobil Kombinasi?
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?
Definisi Polis Asuransi


Bagikan Ke Teman Anda