Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip-tip dalam Kredit Mobil

Membeli mobil merupakan salah satu keputusan besar dan mengeluarkan biaya yang besar pula. Bisa dibilang membeli mobil adalah keputusan terbesar kedua setelah memikirkan untuk membeli rumah. Biaya yang dikeluarkan untuk biaya pembelian mobil tidaklah murah. Belum lagi biaya lain-lain seperti pendaftaran, pajak, perawatan dan lain sebagainya yang juga perlu dipikirkan.

Meski demikian, tetap saja memiliki mobil adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Terutama karena di Indonesia pemilik mobil dari segi ekonomi menempati posisi yang cukup terpandang di mata masyarakat. Nah jika kamu berfikir demikian dan ingin segera memiliki mobil tetapi tidak bisa membayar tunai, maka kamu bisa ambil kredit. Agar tidak bermasalah dengan kredit mobil yang kamu lakukan, berikut beberapa tips penting kredit mobil:

Tips Membeli Mobil Baru

Membeli mobil baru bukanlah hal yang mudah untuk diputuskan, mengingat harga yang lumayan mahal dan harus disesuaikan dengan kualitas yang andal. Harganya bisa beda puluhan juta dengan mobil bekas jenis yang sama. Tapi kalau kamu sudah seratus persen yakin mau beli mobil baru, berikut beberapa tips yang perlu dan jangan dilakukan saat membeli mobil baru:

1. Tips yang harus kamu lakukan

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memutuskan membeli mobil baru, antara lain sebagai berikut:

  • Tentukan budget maksimal dengan angka yang pasti dan jangan sampai tergoda dengan harga yang melebihi budget. Di dealer lain masih banyak pilihan dengan harga yang sesuai dengan budget.
  • Hitunglah perkiraan kebutuhan biaya perawatan mobil baru seperti bahan bakar, asuransi, pajak dan lain sebagainya.
  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum datang ke showroom untuk melihat-lihat, semua informasi bisa dengan mudah didapatkan melalui internet
  • Carilah mobil yang sedang promo dari segi harga atau aksesori, biasanya mobil baru harganya masih mahal. Tetapi, beberapa ada yang menawarkan bonus aksesori mobil dan lain sebagainya.
  • Untuk mencari mobil yang sedang turun harga, kunjungi dealer sekitar bulan juni hingga oktober ketika mobil-mobil baru datang. Atau di akhir tahun saat semua orang fokus pada liburan.
  • Perhatikan mobil dengan cermat dan teliti untuk kemungkinan goresan, penyok atau pun cacat lainnya pada mobil.
  • Cari tahu nilai tukar tambah mobil tersebut karena hal ini juga penting untuk investasi ke depannya. Jangan sampai tertipu dan pahami perkiraan perhitungannya.
  • Manfaatkan sarana konsultasi yang disediakan oleh dealer, baik di showroom ataupun secara online. Hal ini bisa membantu menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
  • Lakukan test drive pada banyak mobil dan banyak lokasi misalnya di jalan raya atau pun jalanan tanah
  • Jika ingin menjualnya kembali, lakukanlah sendiri karena bisa menghasilkan lebih banyak uang, jangan menggunakan jasa perantara karena akan memberi kerugian yang cukup signifikan

2. Yang tidak boleh kamu lakukan

Selain itu, untuk menghindari kemungkinan terjebak dengan tawaran sales dan mengalami kerugian yang besar, jangan lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan terpaku untuk mendapatkan mobil baru, tetapi fokus pada mobil yang diinginkan. Beberapa SPG mungkin menyarankan pilihan mobil lain karena mobil yang diinginkan tidak tersedia di dealer tersebut
  • Jika menginginkan mobil keluaran terbaru, jangan terburu-buru karena harga pasti masih melambung. Tunggulah beberapa waktu hingga ada penurunan harga atau bisa cari yang modelnya serupa
  • Jangan hanya mendatangi satu dealer, lihat dan bandingkan harga dan spesifikasi-nya dengan dealer lain sehingga bisa memberikan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik
  • Jangan terburu-buru menandatangani kontrak. Pastikan ulang semua hal terutama menyangkut rincian biaya dan metode pembayaran untuk meminimalkan kemungkinan biaya membengkak di akhir
  • Jangan pernah membawa pulang mobil sebelum menyelesaikan semua dokumen. Karena ini akan jadi ladang bisnis bagi sales untuk meningkatkan total pembiayaan mobil tersebut.

Tips Membeli Mobil Bekas

Jika membeli mobil baru cukup mahal dan tidak masuk ke dalam anggaran keuangan kamu, cobalah untuk membeli mobil bekas. Mobil bekas memang memiliki reputasi yang lebih jelek daripada mobil baru, tetapi ini bisa dilakukan untuk mendapatkan harga murah.

Di luar sana masih banyak kok mobil bekas yang kualitasnya masih bagus dan beberapa baru dipakai sebentar. Berikut ini poin-poin mengenai alasan seseorang menjual mobil yang bisa kamu pertimbangkan untuk membelinya dan bagaimana tip untuk membeli mobil bekas yang berkualitas.

1. Alasan Seseorang Menjual Mobil

Sebenarnya, banyak sekali alasan seseorang untuk menjual mobil mereka. Berikut ini bermacam-macam alasan seseorang menjual mobil, antara lain:

  • Ingin membeli mobil baru atau mobil lain. Alih-alih mencoba mencari penawaran tukar tambah kepada dealer, biasanya orang-orang lebih suka menjualnya sendiri. hal ini karena berhubungan dengan dealer san sales-nya bisa sangat merepotkan dan merugikan jika salah langkah. Jadi, daripada terjebak dengan jasa tukar tambah, lebih baik menjualnya secara pribadi.
  • Butuh uang cepat juga merupakan salah satu alasan paling banyak ditemui di sekitar masyarakat. Mobil merupakan sesuatu yang disimpan dalam jangka cukup lama, sama seperti rumah. Karena penggunaanya juga dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, membeli dan menjual mobil dalam waktu dekat juga bisa mengalami kerugian. Oleh sebab itu, biasanya orang-orang tidak akan menjual mobil mereka kecuali sedang butuh uang cepat.
  • Mobil sudah rusak atau sering bolak-balik bengkel, sehingga pemilik merasa rugi karena mengeluarkan biaya perawatan terlalu banyak. Biasanya pemilik lebih memilih untuk menjualnya dan membeli mobil baru yang lebih aman dari kerusakan dan biaya bengkel.

2. Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Jika ingin membeli mobil bekas, banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kualitas dan hal-hal lain seperti berikut:

  • Tetapkan budget untuk membeli mobil bekas, budget sangat penting untuk mengontrol kemungkinan kebocoran finansial. Cobalah untuk fokus dengan budget maksimal dan jangan sampai melampaui-nya karena bisa jadi penyesalan di akhir.
  • Hubungi penjual terlebih dahulu sebelum benar-benar melihat dan mencoba secara langsung. Pastikan harga yang ditawarkan cocok, komunikasi baik atau lancar, dan spesifikasi yang ditawarkan juga sesuai. Setelah itu, barulah buat janji pertemuan untuk melihat dan test drive.
  • Temukan mobil bekas yang intensitas mogok-nya kecil, karena akan lebih mahal biaya perawatannya jika mobil tersebut sering mogok. Percuma saja jika membeli mobil bekas dengan murah tetapi sering mogok, biaya perawatan dan perbaikan di bengkel akan membengkak di akhir.
  • Jangan ragu untuk meminta test drive berkali-kali untuk mendapatkan kecocokan dan kenyamanan pada mobil. Karena mobil ini bekas dan pernah terpakai, test drive sangat menentukan bagaimana kondisi mobil yang sebenarnya saat dikendarai.
  • Pastikan dengan benar surat-surat kepemilikan, asuransi dan lain sebagainya. Periksa juga kelengkapan dan keaslian surat-surat tersebut. selain itu, membeli sebagai tangan ke dua dan seterusnya harus teliti pada proses pindah nama.
  • Periksalah laporan riwayat kendaraan, jangan sampai kendaraan tersebut berasal dari pasar gelap atau pernah kecelakaan dan lainnya. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya masalah di hari mendatang. Bisa menggunakan nomor identifikasi mobil untuk melihat sejarahnya.

Tips Dasar dalam Kredit Mobil

Kredit mobil bisa menjadi momok untuk semua calon pembeli mobil baru, karena godaan dari dealer dan sales begitu menggiurkan. Tetapi sebagai pembeli yang cerdas, cobalah untuk rileks dan cari tau informasi selengkap-lengkapnya sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Berbicara tentang mobil, cara pembayaran paling umum yang dilakukan adalah dengan kredit atau cicilan. Hati-hati dalam memutuskan kredit mobil, pasalnya ini bisa jadi jebakan yang berkepanjangan jika tidak diperhatikan dengan baik. Berikut ini tips dasar dalam kredit mobil yang perlu diketahui, antara lain:

  • Jangan tergiur dengan penawaran sewa mobil karena dealer dan sales akan langsung menawarkan hal ini ketika calon pembeli terlihat bingung. Mereka akan menawarkan harga yang terlihat masuk akal dan menguntungkan daripada membeli sebuah mobil baru. Padahal mereka hanya ingin keuntungan yang melimpah untuk mereka sendiri. Banyak biaya yang akan dibebankan kepada Anda seperti perawatan, biaya sewa, dan lainnya, belum lagi jika da kerusakan.
  • Jangan mudah percaya dengan penawaran bunga minimal dari sales dealer, tanyakan lebih banyak mengenai biaya lainnya. Sales akan mencari kelemahan calon pembeli dengan melihat titik fokus mereka. Misalnya calon pembeli fokus pada bunga yang minim, maka sales bisa melakukannya. Tetapi, sales akan meninggikan biaya lain misalnya biaya pendaftaran, dan biaya lainnya.
  • Jangan langsung mempercayakan lembaga kredit yang disarankan oleh dealer atau sales. Karena bisa jadi mereka sudah punya hubungan khusus di belakang dan dapat merugikan calon pembeli. Pastikan terlebih dahulu kredibilitas lembaga kredit dan tanyakan semua rincian biayanya. Calon pembeli juga bisa memilih lembaga kreditnya sendiri yang lebih dipercaya, semua hal ini merupakan keputusan mutlak dari calon pembeli. Hanya saja sales pasti akan memberikan penawaran yang menggiurkan, jangan mudah percaya.

Tips Negosiasi Kredit Mobil

Membeli mobil dengan cara kredit merupakan pilihan banyak orang, karena seperti yang diketahui harga mobil terbilang mahal. Akan sedikit berat jika membeli mobil baru secara tunai. Selain itu, untuk mereka yang berpenghasilan kecil, membeli mobil secara tunai akan membutuhkan waktu lama.

Oleh karena itu, kredit memang menjadi pilihan yang paling tepat. Pertanyaannya, bagaimana menemukan lembaga kredit yang andal dan suku bunganya murah atau tidak memberatkan? Tentu saja sangat sulit untuk menemukan hal itu. Apalagi jika berbicara mengenai dealer dan sales mobil, mereka tidak akan menyerah menggiring calon pembeli ke lembaga pinjaman yang bisa memberikan keuntungan besar untuk mereka sendiri.

Dealer dan sales-nya memiliki pengalaman yang baik karena sudah berkecimpung sangat lama di dunia kredit mobil. Jadi pastikan untuk tidak tergiur dengan penawaran-penawaran mereka. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk negosiasi kredit mobil dan mendapatkan harga yang murah atau minimal wajar, antara lain:

  • Jangan fokus pada biaya bulanan yang harus dibayar, tetapi fokus pada jumlah akhir dari total seluruh pembiayaan. Jangan biarkan sales memanipulasi dengan penawaran terfokus pada biaya bulanan yang harus dibayar. Hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk meraup keuntungan. Karena calon pembeli yang fokus pada biaya bulanan, sales akan mencoba mencarikan solusi termurah dan mencari keuntungan pada biaya lain.
  • Tanyakan rincian harga, asuransi dan garansi karena akan banyak biaya untuk pendaftaran, pajak, biaya dokumentasi dan lainnya. Biaya yang harus dikeluarkan bukan hanya biaya pembelian mobil itu sendiri.
  • Pastikan metode pembayaran yang akan dilakukan sebelum membeli mobil baru. Karena ada banyak sekali caranya seperti membayar tunai, transfer bank, cicilan bank, dan lain sebagainya. Sales pasti akan menawarkan dengan cara kredit dan memberi saran lembaga kreditnya. Berhati-hatilah karena ini bisa jadi jebakan juga untuk calon pembeli.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai tips dalam dunia kredit mobil yang perlu diketahui. Intinya, jangan terburu-buru mengambil keputusan karena ini bisa jadi sekali dalam sekian tahun atau waktu yang lama. Jangan sampai terjebak penawaran yang merugikan dan membengkak di akhir. Pastikan mencari tahu informasi yang dibutuhkan dalam dunia kredit mobil. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip-tip dalam kredit mobil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pinjaman Tanpa Bunga dan Tanpa Jaminan?
Tip Menghadapi Renternir Online
Cara Aman Melakukan Transaksi Kartu Kredit Online
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
Pilih Kredit Rumah atau Kredit Mobil?
Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil
Apa Itu Pinjaman BACK TO BACK?
Kredit Emas Batangan?
Meminjam Nama untuk Kredit Motor
Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil


Bagikan Ke Teman Anda