Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pentingnya Peran Entrepreneur dalam Kepentingan Perekonomian Nasional

Pengusaha atau enterpreneur merupakan individu yang membangun dan mengembangkan bisnis. Mereka menggabungkan berbagai faktor produksi (seperti tanah, tenaga kerja dan modal) untuk menciptakan usaha atau bisnis baru yang menguntungkan. Enterpreneur sendiri merupakan ‘faktor produksi’ yang penting dan aspek esensial dari kegunaan ekonomi pasar bebas.

Enterpreneur sering dianggap sebagai sebuah aset nasional untuk dikembangkan, dimotivasi, dan didukung secara finansial semaksimal mungkin. Enterpreneur besar memiliki kemampuan untuk mengubah cara seseorang hidup dan bekerja. Jika berhasil, inovasi yang mereka kembangkan mampu meningkatkan standar hidup. Disamping juga menciptakan kekayaan dengan berwirausaha, mereka juga menciptakan lapangan kerja serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Enterpreneur sangat penting karena beberapa alasan, dari mulai menciptakan perubahan sosial hingga mendorong inovasi kreatif.

Pentingnya Enterpreneur:

  1. Evolusi pasar bebas

Dalam free market, enterpreneur memiliki peran yang sangat penting karena mereka membantu pasar merespon perubahan harga dan preferensi konsumen. Misalnya, dengan meningkatnya penggunaan internet. Seorang enterpreneur mampu melihat potensi untuk menghadirkan layanan baru pengiriman langsung ke rumah-rumah konsumen melalui aplikasi. Tanpa enterpreneur, market produk akan statis dan perkembangannya pun bisa sangat lambat terutama jika menyangkut perubahan teknologi maupun tren baru.

  1. Efisiensi dinamis

Enterpreneur dapat menciptakan perubahan radikal hingga memperkenalkan teknologi baru yang bergerak secara signifikan di dunia industri. Misalnya saja, penggunaan lini perakitan baru Henry Ford memungkinkan biaya produksi mobil rata-rata berkurang secara drastis. Penghematan efisiensi yang dilakukan tersebut memaksa produsen mobil yang lain untuk mengikuti jejaknya.

  1. Menciptakan Market baru

Enterpreneur seringkali mampu ‘mendefinisikan kembali aturan’ dari sebuah industri yang sudah mapan. Misalnya, di tahun 90-an, saat ingin menyewa rumah, Anda harus pusing menjelajahi iklan surat kabar untuk menentukan pilihan hanya dari 40 kata singkat. Tetapi, dengan hadirnya layanan baru seperti “Spareroom.co.uk”, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat tinggal yang nyaman sesuai kebutuhan. Hal ini telah menciptakan market dengan layanan baru sehingga meningkatkan efisiensi.

  1. Menghadirkan Value Baru

Enterpreneur bukan hanya soal harga dan keuntungan. Para enterpreneur mungkin juga termotivasi untuk memasuki industri dengan menawarkan produk yang memiliki nilai lebih atau fokus memberikan layanan pada masyarakat. Misalnya saja, Anita Roddick mengembangkan Body Shop di saat kebanyakan produk kosmetik diuji coba pada hewan. Ia membawa aturan baru yang menghindari pengujian produk pada hewan. Ini menjadi strategi bisnis yang cukup sukses dan segera menjadi sebuah standar di industri tersebut.

  1. Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Produk dan layanan baru yang dibuat oleh para enterpreneur mampu menghasilkan efek berjenjang. Di mana hal tersebut mampu merangsang bisnis maupun sektor terkait untuk mendukung bisnis baru untuk memajukan pempertumbuhan ekonomi.

Misalnya saja, selama tahun 90 an sejumlah perusahaan teknologi informasi membentuk industri TI di India. Industri tersebut dengan cepat berkembang dan banyak sektor lain mendapatkan manfaat darinya. Bisnis di industri terkait, seperti operasi call center, perusahaan pemeliharaan jaringan, dan penyedia hardware berkembang cukup pesat.

Demikian juga, upaya pembangunan di masa depan di negara-negara berkembang memerlukan dukungan logistik yang kuat, investasi modal, dan tenaga kerja yang berkualitas. Dari programer high qualified hingga pekerja konstruksi, enterpreneur sangat bermanfaat dalam pertumbuhan perekonomian.

  1. Meningkatkan Penghasilan Nasional

Usaha yang dijalankan oleh seorang enterpreneur membantu menghasilkan kekayaan baru. Bisnis yang ada mungkin tetap terbatas pada market yang ada dan mampu mencapai batas tertinggi dalam hal pendapatan. Produk, layanan, atau teknologi baru yang ditawarkan enterpreneur memungkinkan market baru untuk dikembangkan sehingga mampu menciptakan kekayaan baru.

Dengan demikian, peningkatan jumlah lapangan kerja serta pendapatan yang lebih tinggi berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional. Hal tersebut bisa terlihat dan  jumlah pendapatan pajak yang lebih tinggi dan pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi. Pendapatan tersebut dapat digunakan pemerintah untuk berinvestasi di sektor lain yang perlu dukungan modal.

  1. Menciptakan Perubahan Sosial

Melalui penawaran barang dan jasa yang unik, enterpreneur mengubah ketergantungan pada sistem dan teknologi yang telah usang menjadi sesuatu yang baru. Hal ini menghasilkan peningkatan kualitas hidup, peningkatan moral, dan kebebasan ekonomi yang lebih besar.

Misalnya, pasokan air yang langka di sejumlah wilayah, terkadang memaksa seseorang berhenti bekerja hanya untuk mengambil air. Hal ini tentu berpengaruh pada bisnis, produktivitas, dan pendapatan mereka. Bayangkan jika sebuah pompa inovatif bisa mengisi tampungan air mereka secara otomatis.

Jenis inovasi ini memastikan seseorang bisa fokus dengan pekerjaan mereka tanpa harus khawatir mengenai kebutuhan dasar seperti air. Ketika memiliki waktu yang lebih banyak untuk ini bekerja menandakan adanya pertumbuhan ekonomi.

Untuk contoh yang lebih kontemporer, smartphone dan aplikasi telah merevolusi kerja dan bermain di seluruh dunia. Smartphone tidak eksklusif diperuntukan bagi negara tertentu atau orang kaya. Seiring tumbuhnya pasar ponsel cerdas, enterpreneur di bidang teknologi bida memiliki dampak mendalam dan tahan lama bagi dunia.

Selain itu, globalisasi teknologi membuat para enterpreneur  di negara-negara berkembang bisa memiliki akses yang sama dengan rekan-rekan enterpreneur di negara-negara kaya. Selain itu juga mendapatkan keuntungan dari biaya hidup yang jauh lebih rendah. Sehingga seorang enterpreneur muda dari negara berkembang mampu bersaing dengan produk bernilai jutaan dolar dari negara maju.

  1. Pengembangan Masyarakat

Enterpreneur secara teratur memelihara usaha dengan orang-orang yang berpikiran sama. Mereka juga berinvestasi dalam berbagai proyek komunitas dan memberikan dukungan finansial kepada badan amal setempat. Hal ini memungkinkan pengembangan lebih lanjut di luar bisnis yang mereka jalankan.

Sebuah komunitas akan menjadi lebih baik jika basis pekerjaannya sangat beragam di antaranya banyak bisnis enterpreneur kecil. Hal ini membuat fasilitas ritel menjadi berlimpah, tingkat kepemilikan rumah jadi lebih tinggi, menurunnya kawasan kumuh dan peningkatan standar sanitasi.

Hingga anggaran yang lebih tinggi untuk biaya pendidikan, rekreasi, serta kegiatan keagamaan. Dengan demikian, enterpreneur mengarah pada stabilitas dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

  1. Menumbuhkan Kewirausahaan

Kewirausahaan mendukung munculnya bisnis baru terutama bisnis-binsis kecil untuk mewujudkan ide-ide inovatif dari para enterpreneur. Dengan demikian, pertumbuhan atau pendirian usaha kecil tersebut memiliki kontribusi kewirausahaan yang spesifik di perekonomian dunia. Statistik menunjukkan bahwa di AS, ada hampir setengah juta bisnis kecil didirikan setiap tahunnya.

  1. Menciptakan Peluang Kerja

Perusahaan-perusahaan enterpreneur menyumbang banyak lapangan pekerjaan baru. Hal tersebut memberikan pekerjaan tingkat awal sehingga membutuhkan pelatihan kerja atau agar bisa mendapatkan pengalaman kerja bagi pekerja tidak terampil.

Perusahaan kecil menjadi satu-satunya sektor yang menghasilkan sebagian besar lapangan kerja dari total lowongan pekerjaan yang ada setiap tahun. Lebih jauh lagi, bisnis enterpreneur juga mempersiapkan dan memasok tenaga kerja berpengalaman ke sejumlah industri besar.

  1. Menghadirkan Inovasi

Bisa dikatakan jika enterpreneurship atau kewirausahaan merupakan inkubator inovasi. Inovasi menciptakan disequilibria dalam kondisi keteraturan saat ini. Hal ini melampaui penemuan dan melakukan implementasi dan komersialisasi, inovasi.

Inovasi, penelitian, dan pengembangan “Leapfrog” disumbangkan oleh kewirausahaan. Dengan demikian, wirausaha menghadirkan inovasi dengan menawarkan bisnis baru. Baik dari segi produk, teknologi, pasar, kualitas barang dan lain sebagainya. Dan pada ekonomi, hal tersebut meningkatkan Produk Domestik Bruto dan standar hidup masyarakat.

  1. Integrasi Politik dan Ekonomi Para Pendatang

Kewirausahaan menjadi cara paling efektif untuk mengintegrasikan orang-orang yang merasa diasingkan ke dalam ekonomi. Misalnya saja, seperti para minoritas, migran, dan perempuan bisa secara aman diintegrasikan ke dalam kewirausahaan yang dapat membantu mengembangkan masyarakat majemuk yang terorganisir dengan baik.

  1. Menumbuhkan Enterpreneurship

Enterpreneurship atau kewirausahaan merupakan rumah bagi para petualang baru yang belum berpengalaman. Hal ini menjadi bidang di mana seseorang bisa memulai idenya mengenai usaha, yang mungkin saja bisa berakhir menjadi perusahaan raksasa. Karena semua bisnis di industri besar dimulai dari sebuah usaha kecil.

Oleh karena itu, kewirausahaan menyediakan spektrum yang luas dari sebuah usaha dan pengusaha di setiap lini ekonomi. Karenanya, arena kewirausahaan sangat terbuka luas dan bertindak sebagai sebuah inkubator bagi seorang enterpreneur.

  1. Meningkatkan Standar Hidup

Standar hidup merupakan konsep yang dibangun dari peningkatan jumlah konsumsi rumah tangga mengenai berbagai barang dan jasa selama periode tertentu. Jadi hal tersebut sangat tergantung pada ketersediaan produk yang beragam di pasar. Dan usaha kewirausahaan menyediakan berbagai jenis produk berbeda dengan inovasi mereka.

Di samping itu, hal tersebut juga meningkatkan pendapatan orang-orang yang bekerja di lingkungan bisnis wirausaha. Hal tersebut mampu menyerap tenaga kerja sehingga mampu meningkatkan konsumsi barang dan jasa lebih banyak. Dengan begitu, kewirausahaan mampu meningkatkan standar hidup rakyat di suatu negara.

  1. Meningkatkan Riset dan Pengembangan

Enterpreneurship adalah sebuah inovasi dan karenanya gagasan barang dan jasa yang inovatif harus diuji coba melalui ekperimen. Sebab itu, kewirausahaan menyediakan dana untuk riset dan pengembangan bersama universitas dan lembaga penelitian. Hal ini meningkatkan riset, pengembangan umum hingga pengembangan dalam segi perekonomian.

  1. Pengembangan Regional yang Seimbang

Pengusaha yang mendirikan bisnis baru dan unit industri membantu pengembangan regional dengan memaksimalkan daerah yang kurang berkembang dan terbelakang. Pertumbuhan industri dan bisnis di daerah-daerah ini berimbas pada peningkatan infrastruktur. Seperti jalan dan jalur kereta api yang lebih baik, bandara, listrik dan pasokan air yang stabil. Kemudian fasilitas sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan layanan publik dan swasta lainnya yang mungkin akan lebih membaik.

Setiap bisnis baru yang didirikan di area yang kurang berkembang akan menciptakan lapangan kerja. Baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini membantu meningkatkan perekonomian regional dengan berbagai cara.

Pengeluaran yang dilakukan oleh para karyawan baru yang mulai mendapatkan penghasilan baik dari bisnis wirausaha maupun yang lainnya akan menambah output pada ekonomi lokal dan regional. Baik pemerintah pusat dan daerah dengan mempromosikan pembangunan daerah semacam ini akan memberikan banyak manfaat dan konsesi kepada usaha UMKM.

  1. Meningkatkan PDB dan Pendapatan Per Kapita

Sektor UMKM di India, terdiri dari 36 juta unit dan menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 80 juta orang, kini menyumbang lebih dari 37% dari nilai PDB negara tersebut. Setiap ada penambahan baru untuk 36 juta unit UMKM ini membutuhkan lebih banyak sumber daya. Seperti tanah, tenaga kerja dan modal untuk mengembangkan produk dan layanan.

Sehingga hal ini turut menambah pendapatan nasional, produk nasional dan pendapatan per kapita negara. Pertumbuhan PDB dan pendapatan per kapita ini sekali lagi merupakan salah satu tujuan penting dari pembangunan ekonomi.

  1. Kesempatan Ekspansi

Bisnis apa pun yang sedang berkembang pastinya ingin melakukan ekspansi untuk memperluas bisnis hingga ke pasar luar negeri. Ini merupakan unsur penting dari pembangunan ekonomi karena menyediakan akses ke pasar yang lebih besar. Sehingga memudahkan aliran dana hingga akses ke teknologi mutakhir terbaru serta proses yang digunakan di pasar asing yang lebih maju.

Manfaat utama lainnya adalah ekspansi ini yang mengarah pada pendapatan bisnis yang lebih stabil selama penurunan ekonomi secara lokal.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya peran entrepreneur, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip dan Saran untuk Bootstrapped Entrepreneur
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun
Cara Networking Efektif untuk Entrepreneur Pemula
Perbedaan Pola Pikir Enterpreneur Vs Salary Man (Pengusaha vs Karyawan)
7 Kesalahan Entrepreneur Generasi Milineal
Buku yang Wajib Dibaca oleh Entrepreneur
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Asuransi Mobil Perlu Tidak? Ini Jawabnya
Apa Perbedaan Reseller vs Dropshipper?


Bagikan Ke Teman Anda