Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Terbaik Untuk Memperluas Jaringan Profesional

Seorang wirausaha (enterpreneur) akan sulit untuk mencapai kesuksesan bisnis apabila tidak memiliki jaringan (network) yang luas. Demikian pula halnya dengan seorang pekerja. Meski berprestasi, memiliki keahlian dan keterampilan yang mumpuni, namun tanpa adanya jaringan yang luas, maka kariernya akan sulit melesat mencapai puncak.

Faktor jaringan memiliki peran yang penting dalam upaya mencapai kesuksesan bisnis atau karier. Sebab itu, setiap orang yang bergelut dalam bisnis atau karier haruslah memiliki jaringan profesional yang luas. Jaringan ini tak hanya sekadar menambah daftar teman baru, tetapi juga kesempatan untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar sasaran secara lebih luas. Demikian pula dalam karier, di mana jaringan profesional akan membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau mencapai jenjang karier yang lebih tinggi.

Apa itu jaringan profesional?

Jaringan profesional dapat dipahami sebagai suatu aktivitas yang secara sengaja dilakukan untuk membangun, memperkuat, dan memelihara hubungan kepercayaan dengan orang lain guna mencapai tujuan profesional.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam setiap kehidupan sosial dan profesional, pasti tidak lepas dari hubungan. Dari adanya hubungan ini, masing-masing orang berinteraksi, berkomunikasi, dan bersosialisasi, serta mengenal satu sama lain. Semakin banyaknya orang yang dikenal, maka semakin baik. Sebab, Anda bisa menjalin hubungan baik dan mempertahankannya serta menjadikannya modal untuk memperluas jaringan profesional.

Bisnis dan karier pada prinsipnya didorong oleh hubungan yang mempengaruhi setiap aspek, mulai dari penjualan hingga perekrutan. Sebab itu, penting bagi setiap pebisnis dan pekerja untuk membangun serta memelihara hubungan profesional yang nyata.

Jaringan profesional sangat penting sebab dapat menjadi jalan menuju kesuksesan di masa depan. Semakin luas jaringan profesional, Anda dapat memperoleh lebih banyak rujukan, mengidentifikasi pekerjaan yang belum dipublikasikan, dan mengamankan informasi lainnya. Jika tidak untuk saat ini, jaringan pasti akan bermanfaat di masa mendatang. Bahkan, jaringan ini akan dapat mengarahkan Anda pada referensi profesional di masa depan.

Kesuksesan yang diraih oleh banyak orang tentu tidak diraih dengan mudah. Banyak yang telah mereka lalu untuk bisa sampai pada posisi mereka saat ini. Mereka ditempa oleh berbagai kondisi dan situasi, yang membuat mereka pantang menyerah. Selain itu, mereka pun memiliki koneksi dan jaringan profesional yang sukses.

Cara terbaik untuk memperluas jaringan profesional

Jaringan profesional tidak akan terbentuk dengan sendirinya, tetapi harus dibangun, dipelihara, dan dikembangkan. Semakin kuat dan luas jaringan profesional, peluang untuk meraih kesuksesan baik dalam bisnis maupun karier akan semakin terbuka lebar. Lantas, bagaimana memperluas jaringan profesional? Berikut beberapa cara terbaik yang layak dicoba.

  • Lengkapi profil media sosial

Tahukah Anda bahwa media sosial memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membangun dan memperluas jaringan profesional? Media sosial memungkinkan Anda terhubung dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya sekadar lokal dan nasional saja, tetapi juga internasional. Anda dapat menjalin pertemanan dan hubungan profesional dengan orang-orang dari berbagai negara. Dengan meningkatkan aksesibilitas, membangun merek dan jaringan pribadi sebagai profesional akan lebih penting dari sebelumnya.

Banyak jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan profesional. Salah satunya adalah LinkedIn. Banyak profesional yang mengandalkan jaringan LinkedIn untuk referensi, perkenalan, dan ulasan yang berguna untuk mencari pekerjaan, menjalin relasi bisnis, dan lainnya. Untuk itu, lengkapi profil media sosial Anda. Dengan begitu, orang dapat mengetahui latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan juga bisnis yang Anda jalankan.

Jangan pernah membatasi jaringan Anda. Artinya, siapa pun yang Anda kenal baik di dunia nyata maupun maya, apalagi mereka yang Anda tangani secara profesional harus ditambahkan ke jaringan media sosial Anda, baik Twitter, Facebook, Instagram, terutama LinkedIn. Prinsipnya, tambahkan orang-orang yang dikenal ke jaringan Anda, meski Anda hanya mengenalnya secara singkat.

Khusus untuk LinkedIn, platform ini merupakan media yang bagus untuk mempelajari latar belakang profesional dan pendidikan seseorang. Di sini, Anda bisa ditemukan dan menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan tujuan, sehingga dapat menciptakan percakapan yang menarik untuk berbagai kepentingan. Mulai dari wawancara kerja hingga pemasaran dan penjualan produk. Jaringan profesional yang telah terbangun dengan baik akan memberikan keuntungan besar bagi Anda ke depannya.

Setiap media sosial memiliki ciri khas masing-masing untuk terhubung dengan orang-orang baru. Anda bisa membagikan postingan yang bijaksana dan relevan dengan bidang Anda. Selain itu, Anda juga bisa melibatkan audiens untuk mencari masukan dan berbagai pemikiran terkait dengan bisnis dan produk Anda.

Pemanfaatan media sosial untuk memperluas jaringan juga dapat diwujudkan dengan terlibat dalam grup-grup atau forum. Ada ribuan obrolan dan grup untuk berbagai macam industri bisnis, spesialisasi, atau pencarian pekerjaan secara umum. Anda bisa bergabung dengan grup-grup tersebut dan mulai mengikuti obrolan. Dengan demikian, peluang Anda untuk memperoleh koneksi melalui jejaring sosial akan semakin bagus.

  • Manfaatkan koneksi dalam jaringan yang sudah ada

Dalam kondisi tertentu, Anda mungkin merasa jaringan yang dibangun tidak berkembang sesuai yang diinginkan. Perlu disadari bahwa memperluas jaringan profesional tidaklah mudah. Tak perlu berputus asa, Anda bisa memanfaatkan koneksi dalam jaringan yang ada dengan meminta bantuan mereka. Jangan takut dan tak perlu malu untuk meminta orang-orang dalam jaringan Anda memperkenalkan orang-orang pada jaringan mereka.

Dalam lingkup bisnis dan profesionalisme, kebanyakan orang akan dengan senang hati menghubungkan Anda dengan orang-orang yang bisa membantu. Situasinya akan terasa canggung bahkan dinilai kurang pas, apabila Anda membanggakan diri kepada orang asing. Sebab itulah pentingnya meminta bantuan seorang teman dalam jaringan Anda, teman itulah yang akan berbicara tentang keunggulan dan potensi yang ada dalam diri Anda. Hal yang sama dapat Anda lakukan untuk membantu mereka.

  • Pelihara hubungan baik

Perlu disadari bahwa jaringan profesional bukanlah kesepakatan yang berlangsung singkat, tetapi sepanjang waktu. Oleh sebab itu, perlu dipupuk dan dipelihara dengan tetap menjaga hubungan baik meski tak lagi bekerjasama dan berinteraksi secara intens. Adanya hubungan yang terpelihara dengan baik ini akan menciptakan suatu ikatan yang berkelanjutan.

Cara memperluas jaringan profesional ini pada prinsipnya merupakan cara Anda memperlakukan orang lain dengan baik. Artinya, jangan hanya sekadar kenal tanpa ada tindak lanjut secara mendalam. Menjaga hubungan baik memang akan sulit dilakukan ketika Anda dan orang-orang dalam jaringan Anda memiliki kesibukan masing-masing, sehingga tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk saling berkomunikasi, berinteraksi, bahkan bertatap muka langsung.

Meski media sosial bisa dipilih sebagai alternatif untuk memelihara hubungan baik, namun faktanya hal itu tidaklah cukup. Sebab, hubungan akan terjalin semakin baik dan akrab jika ada pertemuan secara langsung, sehingga masing-masing pihak bisa saling berinteraksi secara lebih mendalam. Oleh sebab itu, cobalah meluangkan waktu untuk bertemu secara langsung dengan orang-orang dalam jaringan Anda, agar terjalin percakapan yang lebih akrab.

  • Jangan berhenti mencari peluang dengan cara yang benar

Selama populasi di dunia ini masih ada bahkan meningkat, maka peluang untuk membangun dan memperluas jaringan profesional akan tetap terbuka lebar. Oleh sebab itu, jangan pernah berhenti menemukan peluang-peluang yang dapat menarik orang-orang baru dalam jaringan Anda. Lakukan dengan cara yang benar. Artinya, jangan sampai cara-cara yang dilakukan terkesan egois sehingga justru menyebabkan orang lain enggan untuk mengenal Anda, apalagi masuk dalam jaringan Anda.

Untuk mengembangkan jaringan, fokuslah pada pertumbuhan dan pikiran tentang orang yang Anda temui setiap hari. Dapatkan informasi yang menarik tentang mereka. Anda bisa meminta kartu nama atau mencarinya di profil LinkedIn atau media sosial lainnya, jika suatu saat Anda ingin menghubungi mereka secara profesional.

Dalam upaya mencari peluang, Anda juga bisa membuat yayasan atau suatu komunitas. Namun ingat, jangan langsung ‘mempromosikan’ keunggulan-keunggulan yang dimiliki atau meminta bantuan. Mulailah dengan menawarkan pertukaran informasi atau meluangkan waktu untuk membangun persahabatan sebelum memanfaatkan koneksi orang-orang baru untuk kepentingan dan keuntungan Anda. Dengan demikian, tidak akan timbul prasangka bahwa Anda memanfaatkan mereka.

Jaringan dibangun atas dasar ketulusan, bukan dari keterpaksaan. Oleh sebab itu, suatu hubungan haruslah otentik, baik itu dengan pelanggan, pemasok, mitra, kolega, investor, keluarga, maupun teman dekat.

  • Ikuti acara jaringan dan pameran dagang

Untuk memperluas jaringan profesional, pada prinsipnya membutuhkan keterbukaan dan kemauan dari diri Anda sendiri. Jika Anda aktif dan terbuka dengan siapa saja, maka peluang untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru semakin besar. Sebaliknya, apabila Anda pasif dan tertutup, maka akan sulit untuk memperluas jaringan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengembangkan jaringan profesional adalah dengan menghadiri acara jaringan atau pameran dagang. Acara-acara seperti ini umumnya banyak diselenggarakan di setiap kota. Anda hanya cukup mencari informasinya saja, baik secara offline maupun online dari grup-grup media sosial atau situs-situs web.

Umumnya acara jaringan dirancang khusus untuk orang-orang yang memiliki kesamaan minat untuk berkumpul, berbagi ide, dan mendiskusikan ide tersebut. Dengan ikut menghadiri acara-acara seperti ini, Anda akan menemukan banyak orang yang memiliki visi dan pemikiran sama, sehingga bisa menjalin hubungan lebih lanjut secara profesional ke depannya.

  • Bergabung dengan organisasi profesional

Terlepas Anda sudah berpengalaman atau belum, senior atau yunior, bergabung dengan organisasi profesional menjadi pilihan yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan. Organisasi profesional umumnya beranggotakan orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadai di bidangnya masing-masing. Selain itu, mereka biasanya juga memiliki koneksi yang luas dan telah dibangun selama bertahun-tahun lamanya.

Inilah kesempatan Anda untuk belajar dan memanfaatkan koneksi dari anggota-anggota organisasi profesional. Dengan berbagi informasi, atau bahkan sekadar menjadi pendengar mereka, Anda bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi peningkatan karier Anda ke depannya. Dan tentu saja, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk mengenalkan Anda pada koneksi-koneksi mereka.

  • Masuki jalur relawan

Jaringan profesional tak harus selalu dibangun dari jalur-jalur profesional juga. Bahkan jalur informal dan non-profesional pun bisa sangat efektif untuk mengembangkan dan memperluas jaringan profesional Anda. Salah satunya adalah jalur menjadi seorang relawan.

Menjadi relawan pada organisasi-organisasi sosial kemanusiaan atau kelompok advokasi akan membuka peluang bagi Anda bertemu dengan orang-orang baru dengan berbagai latar belakang minat dan karier. Dalam lingkup kerja sukarela, justru percakapan yang terbangun cenderung lebih substansial, sehingga menghadirkan lebih banyak peluang untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan dalam.

Berkenalan dan bekerja bersama orang-orang dengan latar belakang pendidikan, minat, dan karier yang beragam justru akan dapat membantu Anda memperkokoh jaringan profesional Anda yang tidak hanya sebatas pada minat karier Anda saja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara terbaik untuk memperluas jaringan profesional, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Agar Tetap Termotivasi Sebagai Solopreneur
Cara Mendidik Anak Jenius
Definisi Biaya Variabel dan Cara Menghitungnya
Cara Mengantisipasi dan Mencegah Pembobolan Kartu Kredit
Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
Cara Mencuci Uang
Cara untuk Bisa Lebih Percaya Diri
Metode Debt Snowball: Cara Keluar dari Utang dengan Cepat
Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup
Cara Memulai Bisnis Kecil untuk Para Introvert


Bagikan Ke Teman Anda