Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Perusahaan Besar Ada Yang Gagal?

Mengelola suatu perusahaan dan menjadikannya besar dan sukses bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan demi menjaga kestabilan dan performa suatu perusahaan. Meskipun telah menjadi satu perusahaan besar dan sukses bukan tidak mungkin jika suatu perusahaan mengalami kegagalan.

Sering kita temui perusahaan yang sudah memiliki nama baik, memiliki banyak pegawai dengan berbagai prospek usaha yang terlihat menjanjikan begitu saja gagal dan mengalami kebangkrutan. Apa yang sebenarnya menjadikan Perusahaan besar tersebut gagal?

Berikut ini akan dibahas sedikit mengenai apa sebab dari perusahaan besar yang gagal. Berikut sedikit penjelasannya.

  • Kegagalan Kepemimpinan

Salah satu faktor yang menjadikan perusahaan besar gagal adalah kegagalan kepemimpinan yang ada di perusahaan. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama dalam keberhasilan suatu usaha.

Namun, tidak jarang sistem kepemimpinan dari suatu perusahaan kurang mumpuni sehingga mempengaruhi aspek lain. Bagaimanapun juga, kepemimpinan akan mempengaruhi aspek manajemen, keuangan dan bagian lainnya.

Ketika pemimpin tidak bisa mengarahkan dan memimpin seluruh bagian dalam perusahaan, tentu saja setiap bagian juga akan mengalami kegagalan tersendiri. Dan hal ini akan mengarah kepada kegagalan suatu perusahaan.

  • Manajemen yang Buruk

Sebagai dampak dari kepemimpinan yang kurang baik,juga sangat memungkinkan akan manajemen yang buruk. Seperti yang diketahui bahwa manajemen adalah satu aspek yang mengatur kinerja suatu perusahaan.

manajemen yang baik akan menjadikan perusahaan teratur. Semua aspek dalam perusahaan akan menjadi teratur dan terencana, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Namun, saat suatu manajemen menjadi buruk, maka pekerjaan lain juga akan kacau. Umumnya, saat manajemen buruk, maka hak pekerja, kritik dan saran yang mungkin membangun juga kurang diperhatikan yang berujung pada kegagalan suatu perusahaan.

Meskipun dengan kepemimpinan yang buruk akan berdampak pada manajemen yang buruk pula, namun tidak menutup kemungkinan lain. Sangat mungkin bahwa suatu perusahaan memiliki pemimpin yang baik namun tidak didukung dengan manajemen yang baik. Hal ini juga akan mengarah pada kegagalan suatu perusahaan.

  • Kurang Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi adalah modal utama untuk mengembangkan suatu usaha. Tidak terkecuali untuk perusahaan besar dan sukses. Dengan teknologi yang mutakhir segala usaha dan produk yang dihasilkan serta pekerjaan yang harus diselesaikan juga akan menjadi lebih berkualitas.

Tetapi, tidak jarang perusahaan besar melupakan bagaimana pentingnya mengikuti perkembangan teknologi. Beberapa perusahaan sering merasa sudah sangat hebat dan tidak begitu membutuhkan pembaruan teknologi untuk jalannya pekerjaan di dalam perusahaan.

Hal ini yang sering menjadikan suatu perusahaan mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut yang akan berujung pada kegagalan. Untuk itu, mengikuti perkembangan teknologi sangat akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan suatu perusahaan, sekalipun perusahaan tersebut sudah sukses.

  • Gagal Fokus

Saat suatu perusahaan telah berhasil dan memiliki banyak produk atau proyek yang berbeda, perusahaan tersebut cenderung membuat banyak pengembangan yang justru menjadikan perusahaan tersebut tidak focus terhadap satu produk saja.

Tidak jarang suatu perusahaan besar semakin “serakah” dengan membuat berbagai produk yang akan membagi fokus kerja. Hal ini yang justru menjadikan kinerja perusahaan dan kualitas dari produk yang dihasilkan tidak sebaik sebelumnya.

Penurunan kinerja dan kualitas tersebut akhirnya akan menjadikan kemunduran dari perusahaan. Dengan terlalu banyaknya yang perlu ditangani, kinerja akan semakin menurun dan akan berujung pada kegagalan suatu produk atau lebih jauh adalah kegagalan perusahaan tersebut.

  • Perencanaan yang Kurang Matang

Faktor lain yang menyebabkan suatu perusahaan besar mengalami kegagalan adalah perencanaan yang kurang matang. Tidak jarang satu perusahaan merencanakan untuk melakukan ekspansi ke berbagai sektor.

Tujuan dari ekspansi tersebut tentu sangatlah baik, untuk mengembangkan usaha. Namun, tidak jarang pula perusahaan hanya mengikuti trend yang sedang ada tanpa memikirkan masa depan dari trend tersebut.

Rencana yang dibuat tidak dapat diterapkan ketika suatu keadaan telah berubah dan hal tersebut berimbas pada gagalnya produk atau usaha ekspansi perusahaan tersebut. Hal tersebut tentu jelas berdampak pada gagalnya suatu perusahaan, meskipun perusahaan tersebut sudah besar dan cukup sukses.

  • Terpaku pada kesuksesan masa lalu

Suatu perusahaan tentu tidak akan menjadi sukses begitu saja. Dengan usaha dan produk yang tepat suatu perusahaan bisa menjadi besar dan sukses. Umumnya, produk dari suatu perusahaan yang mendulang kesuksesan juga akan menjadi faktor utama yang menjadikan perusahaan tersebut sukses.

Namun, banyak perusahaan yang terlalu terpaku untuk mempertahankan produk tersebut. Tanpa memikirkan apakan produk tersebut masih sesuai dengan perkembangan terbaru. Tidak jarang perusahaan terlalu sombong untuk tetap mempertahankan ciri khas yang dimiliki tanpa memikirkan kemungkinan untuk mengembangkannya.

Produk yang pernah sukses mungkin masih akan Kembali sukses, namun tentu diperlukan berbagai perubahan yang akan menjadikan produk tersebut lebih sesuai dengan keadaan saat ini. Dan hal ini yang sering dilupakan.

  • Produk yang tersedia

Menyediakan banyak produk yang mudah dijangkau oleh konsumen tentu saja sangat baik. Namun, saat produk tersebut menjadi terlalu banyak atau “pasaran” tentu produk tersebut tidak lagi menjadi sesuatu yang diburu.

Menyediakan produk yang cukup akan berbeda dengan menyediakan produk yang banyak. Ada kalanya suatu produk akan menjadi semakin diminati Ketika tidak semua orang dapat memilikinya. Dengan mudahnya suatu produk di dapatkan tentu semakin rendah pula antusiasme konsumen terhadap produk tersebut.

Dengan menurunnya minat tersebut, maka perusahaan dapat mengalami kemunduran jika tidak segera melakukan pembaruan atau pengembangan lain.

Selama beberapa dekade, banyak perusahaan sukses yang mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut tentu bukan hanya disebabkan faktor internal saja, melainkan banyak faktor eksternal lain yang juga ikut menyumbang pada proses kegagalan tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa perusahaan besar ada yang gagal, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pekerjaan di Bidang Medis Yang Bergaji Besar
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun
Apa itu Anak Perusahaan? Definisi Anak Perusahaan
Negara yang Gagal Rededominasi
Alasan Ini yang Membuat Kebanyakan Bisnis Baru Gagal
Mengapa Banyak UMKM yang Gagal?
Apa Itu Perusahaan Pergadaian dengan Prinsip Syariah?
2 Tipe Pemimpin Perusahaan: Teori X dan Teori Y
Mengapa Orang Pintar Gagal Mengembangkan Potensi Mereka?
10 Perusahaan dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia


Bagikan Ke Teman Anda