Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mencari Ide Nama Perusahaan

Perkembangan startup di Indonesia sangat pesat, memacu munculnya usaha-usaha baru dalam berbagai bidang. Jika Anda termasuk salah satu yang ingin mendirikan bisnis, maka ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Energi, keberanian, semangat yang membara adalah modal dasar untuk membangun usaha.

Selanjutnya adalah mengambil langkah-langkah yang lebih riil seperti membuat rencana bisnis, bertemu dengan klien-klien potensial dan pengusaha lain di bidang yang serupa. Ketika semuanya, ada satu lagi yang kurang: nama usaha. Meski ada pepatah yang mengatakan “apalah arti sebuah nama”, hal ini sangat penting dalam dunia usaha.

Nama yang pas akan membuat para pelanggan mengingat usaha Anda dengan lebih mudah, dengan demikian mendapatkan publisitas gratis untuk usaha Anda. Mencari nama usaha ini juga tidak main-main. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang pemberian nama. Perusaahan-perusahaan baru menggunakan jasa mereka untuk menemukan nama yang trendi dan mudah diingat. Sayangnya, jasa yang harus dibayar tidak murah.

Buat Anda yang baru membangun usaha, menggunakan jasa seperti ini pasti akan menambah budget. Tips-tips berikut ini mungkin bisa menjadi sumber inspirasi buat Anda yang sedang mencari nama untuk usaha baru.

1. Cari Nama Domain yang Tersedia

Jaman sekarang tidak mungkin mendirikan perusahaan tanpa menyediakan alamat situs. Situs perusahaan dapat memperluas pasar dan menjangkau konsumen yang lebih jauh. Nama perusahaan bisa dicek di domain.com, lalu cari tahu juga apakah nama perusahaan bisa digunakan di sosial media populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Jika nama perusahaan telah digunakan orang lain, segera temukan nama yang baru. Selain itu pilih juga alternatif domain yang pas yaitu domain.com, domain.co.id, atau domain.id.

2. Singkat dan Mudah Diingat

Nama usaha yang baik adalah yang mudah diingat. Rata-rata perusahaan startup di Indonesia hanya menggunakan dua sampai lima suku sakat saja. Dengan nama usaha yang singkat dan mudah dieja, maka banyak pelanggan akan mengingat perusahaan Anda.

3. Hindari Kemiripan dengan Perusahaan Lain

Dalam memberi nama usaha Anda, pilih yang unik, kreatif, dan berbeda. Hindari juga kemiripan dengan nama perusahaan lain. Jika Anda menggunakan nama yang mirip dengan nama perusahaan lain, apalagi yang lebih sukses dari usaha Anda, maka hasil pencarian di search engine akan merujuk ke perusahaan tersebut.

Hindari memilih nama yang berkaitan dengan usaha populer seperti GO-WORK karena perusahaan Anda nantinya akan dikira sebagai bagian dari GO-JEK.

4. Mencari Nama di Kamus

Beberapa perusahaan besar memberi nama yang punya arti harfiah dan berkaitan langsung dengan bidang usaha mereka. Tentu saja nama-nama yang dipilih unik dan mudah diingat. Anda bisa mengambil inspirasi dari Jack Dorsey, pendiri Twitter. Kata “Twitter” ditemukan oleh Dorsey di dalam kamus yang artinya adalah cuitan burung.

Sesuai dengan namanya, logo perusahaan Twitter menggunakan burung dan pengguna sering menyebutkan kata “twit” atau “cuitan” untuk membedakannya dengan “status” pada Facebook.

5. Satu Kata Umum

Saat mencari nama untuk usaha Anda, sebaiknya jangan terlalu rumit. Pilih saja kata yang sederhana, mudah, dan familiar bagi masyarakat. Anda bisa menggunakan satu kata yang sangat umum, misalnya Tiket. Tiket.com adalah salah satu platform penjualan berbagai macam tiket.

Ada juga Dana, startup yang bergerak di bidang e-money dan pembayaran online. Namanya singkat, mudah diingat, dan sesuai dengan bidang usahanya.

6. Menggunakan Kata Akhiran

Memilih kata yang umum sebagai nama perusahaan di satu sisi menguntungkan karena membuat usaha Anda mudah diingat. Namun cukup beresiko karena dikhawatirkan mirip dengan usaha lain. Untuk mengakalinya Anda bisa menggunakan alternatif yaitu kata akhiran.

Ada Traveloka yang merupakan gabungan dua kata “travel” dan “loka”. Selain itu ada LinkAja, aplikasi pembayaran berbasis online milik BUMN yang diluncurkan baru-baru ini.

7. Pemilihan Kata yang Berafiliasi

Nama usaha yang baik adalah yang mencerminkan bidang Anda. Jadi ketika orang mendengar namanya, mereka akan tahu atau bisa menebak perusahaan Anda bergerak di bidang apa atau membuat produk apa.

Misalnya penggunaan kata Pay untuk usaha di bidang pembayaran seperti pada Paypal, Go-Pay, atau Traveloka Pay. Penggunaan kata Edu untuk usaha yang bergerak di bidang pendidikan.

8. Kata-Kata Plesetan

Memberi nama usaha dengan kata-kata plesetan yang populer juga ide yang bagus. Di Indonesia, banyak startup yang menggunakan nama usaha model ini. Misalnya Blibli, Qlapa, Qerja, dan Blanja.

Selain kata-kata tersebut terdengar akrab, perbedaan huruf dengan kata aslinya juga menjadi identitas tersendiri bagi usaha Anda.

9. Penggabungan Dua Kata

Siapa bilang perusahaan startup harus menggunakan satu kata saja? Anda bisa menggabungkan dua kata, asal tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Beberapa perusahaan startup di Indonesia mampu menemukan gabungan kata yang pas, sehingga nama usahanya mudah diingat.

Sebut saja seperti Ruang Guru, Males Banget, Jalan Tikus, dan masih banyak lainnya.

10. Istilah Bahasa Inggris

Perusahaan startup lokal juga bisa menggunakan istilah asing seperti kata dalam bahasa Inggris. Bisa satu kata saja atau gabungan dua kata. Yang penting menggambarkan bidang usaha yang ditekuni.

Di Indonesia sendiri ada startup yang bernama Bride Story, Female Daily, dan Sociolla.

Memberi nama usaha baru jangan asal saja. Lakukan riset mendalam tentang nama-nama perusahaan lain yang ada di bidang yang sama dengan Anda. Jangan sampai ada nama yang mirip atau bahkan sama dengan perusahaan yang Anda rintis. Jika Anda melihat startup yang sukses di Indonesia, masing-masing dari mereka memiliki nama unik dan tidak ada yang menyamai. Misalnya seperti GO-JEK, Tokopedia, dan Bukalapak.

11. Gunakan Business Name Generator

Kalaupun terpaksa anda tidak punya ide untuk nama perusahaan, kita bisa serahkan saja pencarian nama ke komputer.  Komputer akan membuat list berbagai nama yang terkait dengan kegiatan usaha kita. Nah berikut beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk men-generate nama perusahaan:

  • namelix.com
  • shopify.com/tools/business-name-generator/
  • namemesh.com/company-name-generator
  • businessnamegenerator.com

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mencari ide nama perusahaan, semoga bermanfaat bagi And a semua.



Ide Marketing untuk UKM
Apa Beda Startup dan UKM?
Tips Mencari Ide Nama Acara/Event
Tip Menentukan Nama Brand Pakaian / Distro
Ide Menghemat Uang Bagi Generasi Milenial
Apa itu Venture Capital (VC)?
Tip Mencari Ide Nama Restoran
Tujuan Manajemen Keuangan untuk Perusahaan dan Pribadi
Deretan Ide Bisnis yang Punya Prospek Bagus Saat New Normal
Apa itu AirBnb? AirBnb Adalah? Pengen tahu?


Bagikan Ke Teman Anda