Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Bisnis untuk Anak Kuliahan, Boleh Dicoba Sekarang Juga!

Masa kuliah biasanya lebih sibuk dari saat sekolah. Jadwal mahasiswa dipenuhi dengan berbagai macam kelas, kegiatan organisasi, dan bersosialisasi. Tapi banyak juga yang masih memanfaatkan waktu luang mereka untuk melakukan pekerjaan sampingan. Karena tak sedikit mahasiswa yang harus membayar sendiri biaya kuliahnya.

Jika dilakukan dengan tepat, bekerja sambil kuliah bisa jadi pengalaman yang baik. Di masa ini, kamu bisa mencoba berbagai jenis pekerjaan, sampai menemukan mana yang cocok untukmu. Kalaupun tidak berhasil, setidaknya pasti dapat pengalaman yang berguna untuk masa depan. Pekerjaan sampingan bukan berarti harus kerja untuk orang lain. Kamu bisa ciptakan kesempatan sendiri. Ini dia beberapa ide bisnis yang cocok untuk anak kuliahan.

  1. Guru Les

Menjadi guru les bisa juga dijadikan bisnis jika dilakukan sendiri. Kamu bisa mempromosikan diri lewat media sosial. Jangan ragu untuk mempromosikan diri di grup media sosial yang kamu punya. Lebih baik lagi kalau kamu menyiapkan semacam poster yang menarik agar lebih mudah untuk promosi.

Untuk jadi guru les, pastikan kamu menguasai bidang tertentu. Calon muridmu bisa anak sekolah dari berbagai jenjang pendidikan atau junior di kampus yang mengalami kesulitan. Pada umumnya, penghasilan guru les dihitung per jam. Untuk mulai jadi guru les, biaya yang dibutuhkan sangat minimal.

  1. Blogger

Membuat blog adalah salah satu bisnis yang bisa dimulai sejak usia dini. Kamu bisa bekerja kapan pun dan di mana pun kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih topik yang paling kamu suka untuk blog pribadimu. Yang perlu diingat adalah, membuat blog butuh kesabaran dan konsistensi. Pemasukan tidak dapat dihasilkan secara langsung.

Konsep blog harus dipikirkan secara matang. Akan sangat baik jika kamu punya kemampuan menulis yang baik. Jika berhasil, blogger bisa menjadi pemasukan yang sangat besar. Bahkan dari sana, kamu bisa dapat berbagai kesempatan kerja lainnya. Blogger bisa mendapat uang dengan cara program afiliasi atau mempromosikan produk dan servis, menawarkan hingga menjual produk tertentu, dan lain-lain.

  1. Mengelola Media Sosial

Saat ini, media sosial adalah tempat yang paling berpengaruh untuk berpromosi. Bisnis bisa berkembang pesat dengan bantuan media sosial. Hanya saja tidak semua orang bisa mengelolanya dengan baik. Termasuk para pemilik bisnis. Alasannya bisa karena mereka terlalu sibuk atau memang benar-benar tidak bisa memanfaatkannya dengan tepat.

Kebanyakan pemilik bisnis tahu bahwa fungsi media sosial sangat penting untuk bisnis mereka. Karena itulah mereka menyewa layanan pengelola media sosial. Inilah kesempatan yang bisa diambil anak kuliahan. Kamu bahkan bisa menangani beberapa akun sekaligus. Pastikan tidak terlalu banyak dan bikin kamu jadi kewalahan.

  1. Fotografer

Hobi fotografi dan punya kemampuan mengedit foto? Ini adalah hobi banyak anak muda kekinian. Tapi tak banyak yang menjadikannya sebagai bisnis. Ini adalah kesempatan bagimu untuk menghasilkan uang sendiri dengan hobimu. Jika kebetulan kamu sedang kuliah di bidang desain, seni, atau fotografi itu sendiri, maka pekerjaan sebagai fotografer akan sangat membantu studimu.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan di bidang ini. Misalnya membuat blog tentang fotografi. Bisa juga menulis untuk artikel fotografi secara online. Bisa juga menjual hasil fotomu ke situs fotografi seperti Shutterstock. Cara lainnya adalah jadi fotografer untuk acara wisuda dan berbagai acara dari teman-teman kuliah atau seniormu.

  1. Jualan Online

Berjualan secara online bisa dilakukan oleh siapa saja. Produk yang dijual pun bisa sangat beragam. Saat ini kamu bahkan tidak perlu menyediakan stok barang di rumah atau tempat kos, melainkan menjadi reseller saja. Beberapa toko online yang sudah cukup besar membuka kesempatan untuk pedagang lain menjadi reseller.

Namun menjadi pedagang online memang cukup menyita waktu, apalagi jika ingin sukses. Kamu harus siap menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Karena pembeli pasti lebih suka penjual yang komunikatif saat belanja online.

  1. Make Up Artist

Bagi yang hobi make up dan punya keahlian di bidang ini, manfaatkan keahlianmu untuk mendapat penghasilan tambahan. Penghasilannya cukup lumayan, hanya saja harus terus mencari kesempatan karena tidak semua orang butuh jasa ini secara terus-menerus. Tapi jika hasil pekerjaanmu baik, pasti pelanggan pun akan terus berdatangan.

Untuk memulai bisnis ini memang dibutuhkan modal karena kamu harus punya alat make up yang memadai. Karena itu, usahakan membeli produk make up yang cukup baik kualitasnya. Jangan beli produk asal-asalan. Lalu mulai promosikan keahlianmu pada teman-teman di kampus dan keluarga.

  1. Menjual Makanan

Sementara bagi yang suka memasak, bisa menjual hasilnya pada teman-teman di kampus. Makanan yang dijual bisa beragam. Mulai dari makanan ringan, kue, hingga nasi bungkus untuk sarapan atau makan siang. Kamu bisa membawa makanan setiap hari atau berjualan sesuai pesanan saja.

  1. YouTuber

Ini adalah cita-cita banyak anak muda jaman sekarang. Menjadi YouTuber terkesan seru dan mudah. Kelihatannya juga mudah menghasilkan banyak uang. Yang perlu diketahui adalah ada banyak hal yang harus dipersiapkan di balik setiap konten para YouTuber populer. Dimulai dari tema setiap video hingga berbagai detail kecil.

Menjadi YouTuber butuh kesabaran dan waktu untuk benar-benar menghasilkan. Setidaknya kamu harus punya 1.000 subscriber dan setidaknya 4.000 jam ditonton untuk mendapatkan uang dari iklan. Karena itu, sebaiknya pilih tema yang cocok dengan kesukaanmu. Bisa yang lucu, menghibur, mendidik, dan lain-lain.

Selain beberapa pilihan teratas, ada juga beberapa ide bisnis untuk anak kuliah yang bisa kamu lakukan. Sebut saja asisten virtual, podcaster, desainer grafis, pengembang aplikasi, penjual buku dan bahkan pengasuh anak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide bisnis untuk anak kuliahan, boleh dicoba sekarang juga!, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Bisnis Anda Mendapat Respon Negatif di Medsos? Ini yang Harus Anda Lakukan
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi
Memulai Usaha Digital Printing
Apa Itu Business Intelligence?
Untung Rugi Bisnis Barbershop
Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan
Antara Berlangganan Software Vs Beli Putus, Mana yang Lebih Untung?
Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Bisnis Baru
Untung Rugi Membeli Franchise


Bagikan Ke Teman Anda