Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Memulai Bisnis Kecil untuk Para Introvert

Apakah orang yang punya kepribadian introvert atau tertutup bisa membuka bisnis sendiri? Ternyata Warren Buffet, Bill Gates, Steven Spielberg, dan J.K. Rowling adalah orang-orang yang kepribadiannya tertutup. Orang yang introvert di muka Bumi ini ada sekitar ⅓ sampai ½ dari keseluruhan populasi manusia. Jadi, membuka bisnis bagi introvert itu bisa dilakukan.

Orang yang introvert sering kali dianggap sebagai pemalu, serius, dan pendiam. Tapi sebenarnya orang yang introvert punya banyak hal yang bisa ditonjolkan. Mereka pemikir yang dalam, kreatif, dan mampu fokus dalam jangka waktu yang lama. Jadi apa yang harus dilakukan para introvert untuk membuka usaha kecil? Simak beberapa tipnya di bawah ini.

Memulai Bisnis Kecil Bagi Introvert

Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan jika kamu adalah introvert yang ingin membuka bisnis kecil sendiri:

  1. Memahami Diri Sendiri

Kebanyakan orang tahu seperti apa dirinya. Tapi terkadang kita tidak menggali terlalu dalam seperti apa diri kita. Karena itu, sediakan waktu sejenak untuk fokus melihat ke dalam diri kita sendiri. Dari berbagai pengalaman sebelumnya, kita bisa tahu apa yang kita suka dan tidak suka. Apa kemampuan terbaik kita dan apa saja kelemahan kita.

Dengan memahami diri sendiri secara lebih mendalam, kita jadi mengenal betul kepribadian kita. Selain itu, kita bisa meningkatkan kecerdasan emosional kita. Kita jadi bisa memaksimalkan kemampuan kita dan siapa tahu juga bisa memperbaiki kelemahan kita. Dengan mengerti diri sendiri, kita juga bisa mengatur waktu dengan lebih baik dan memilih jenis pekerjaan apa yang cocok bagi kita.

  1. Kenali Kemampuanmu dan Maksimalkan

Agar bisa lebih fokus, sebaiknya cari tahu kemampuanmu dengan baik. Misalnya, biasanya orang yang introvert itu adalah pendengar yang baik dan lebih bisa berkomunikasi dengan tulisan daripada lisan. Orang yang introvert lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil dibandingkan dalam kelompok besar. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan lain yang dimiliki para introvert

Pikirkan peluang apa yang bisa kamu kerjakan dari berbagai kemampuanmu. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan untuk orang introvert. Kamu bisa menjadi pemimpin atas dirimu sendiri atau kelompok kecil. Kamu bisa bekerja dari rumah, menjadi pemilik bisnis, dan lain-lain.

  1. Buat Rencana

Setiap hal pasti butuh rencana. Setelah tahu apa kemampuanmu, coba tuliskan dan cari peluang apa saja yang bisa dimaksimalkan dari kemampuan ini. Cari tahu, apakah kemampuanmu bisa dijual? Apakah ada konsumen yang akan membelinya? Lewat platform apa kamu akan menjual kemampuanmu? Tuliskan dengan detail berbagai kemungkinan yang bisa kamu lakukan agar bisa dikembangkan lebih detail.

  1. Mulai Pikirkan Kondisi Pasar

kalau sudah tahu pasti apa yang akan kamu jual, baik itu produk atau jasa, sekarang saatnya memikirkan keadaan pasar. Bagaimana kamu akan menjual produk atau jasamu? Kamu bisa survei ke berbagai platform. Media sosial adalah platform paling tepat untuk para introvert. Kamu tidak perlu jualan di semua platform, pilih beberapa yang paling cocok untuk produk atau jasamu.

Selain itu, cari tahu siapa kompetitormu. Lakukan riset dengan melihat orang lain yang menawarkan produk atau jasa yang serupa. Lihat seperti apa cara mereka berjualan. Kamu bisa belajar dari melihat kompetitor dan memperbaiki kualitasmu sendiri.

  1. Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, orang yang introvert sangat cocok berjualan di media sosial. ini karena mereka lebih bisa berkomunikasi melalui tulisan dibandingkan lisan. Karena itu, dunia yang serba digital ini sebenarnya merupakan keuntungan bagi orang yang introvert. Manfaatkan media sosial dan berbagai pekerjaan yang bisa didapat secara online.

  1. Pikirkan Kemungkinan Berkolaborasi

Di awal mungkin kamu belum butuh kerja bersama orang lain. Tapi bisa jadi kamu sudah membutuhkannya sejak awal. Kalau kamu memiliki teman atau partner yang sudah dikenal sebelumnya dan mau diajak bekerja sama, ini akan lebih baik. tapi kalau tidak punya, kamu juga bisa mencari partner kerja via online.

Saat ini ada banyak platform pencarian kerja online. Di sana kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki kemampuan serupa denganmu dan mencari jenis pekerjaan yang sama. Jika butuh partner berkolaborasi, kamu bisa mendapatkannya secara online.

  1. Selalu Berpikiran Terbuka dan Mau Terus Belajar

Sebagai pemimpin bagi diri sendiri atau pemilik bisnis yang introvert, pola pikir yang terbuka sangat penting. Kita harus mau terus belajar. Kita harus selalu tahu apa yang terjadi di industri yang kita geluti dan bagaimana caranya beradaptasi dengan berbagai tren. Jadi pastikan, kita tahu betul tentang bisnis yang kita jalani.

  1. Tetap Belajar Berkomunikasi

Bagaimanapun juga komunikasi itu penting. Kalaupun kita akan bekerja sama dengan orang lain yang akan menangani marketing atau komunikasi, tapi tetap saja kita harus berkomunikasi dengan partner yang kita pilih. Memiliki kemampuan komunikasi dasar wajib dilakukan. Setidaknya kita tahu cara menulis atau berbicara yang baik dan tidak menyinggung lawan bicara.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan orang yang introvert. Di antaranya adalah menjadi penjual di toko online, yang tidak berhadapan langsung dengan pembelinya. Bisa juga memilih pekerjaan yang sifatnya remote, seperti penulis, editor, desainer, atau tutor online. Masih banyak peluang bisnis lainnya yang bisa dikembangkan asal kamu tahu pasti apa kemampuanmu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara memulai bisnis kecil untuk para introvert, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Membayar Pengeluaran Tidak Terduga
Cara Membuat Contingency Plan
Mengapa Banyak Usaha Kecil Yang Gagal?
20 Cara Mengurangi Pengeluaran saat Belanja
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto
Pelajaran Berharga Bagi Pebisnis Pemula
Cara Membuat Media Planning
Cara Menghitung Asset Turnover Ratio
Skill Bisnis Yang Dapat Dipelajari dari Pendidikan di Kemiliteran


Bagikan Ke Teman Anda