Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Prinsip Bisnis Ala Mafia

Setiap orang akan menggunakan prinsip dan nilai-nilai tertentu dalam berbisnis. Kedua hal tersebut tentu didapatkan dari proses pembelajaran seorang pebisnis, atau bisa juga melalui buku tentang bisnis yang ia baca. Di antara banyaknya prinsip dalam berbisnis yang bisa dipelajari, salah satu di antaranya adalah prinsip bisnis ala mafia.

Apa dan bagaimana prinsip bisnis ala mafia? Dikutip dari buku Mafia Manager Bimbingan Machiavellis Bagi Bisnis Modern karya ā€œVā€, inilah beberapa prinsip dasar dalam berbisnis ala mafia yang mungkin bisa berguna untuk bisnis Anda.

1. Utamakan Kejujuran

Di dalam buku Mafia Manager Bimbingan Machiavellis Bagi Bisnis Modern dituliskan, prinsip utama dan yang terpenting adalah kejujuran. Seseorang yang menjalankan bisnisnya didasari dengan prinsip kejujuran yang murni dan tulus akan mencapai kesuksesan. Meski sepele, nyatanya kejujuran adalah hal yang sulit dilakukan.

Dengan terbiasa bersikap jujur, maka Anda dapat menciptakan citra yang baik di hadapan rekan-rekan bisnis dan memperoleh kepercayaan dari mereka. Bagi seorang pebisnis, kepercayaan adalah segalanya. Terapkan kejujuran mulai dari diri Anda, lalu tularkan pada semua partner bisnis atau karyawan Anda.

2. Profesionalitas

Kita bisa berbisnis dengan siapa saja, bisa dengan saudara kita sendiri membangun sebuah bisnis keluarga, atau dengan orang lain yang belum kita kenal. Siapapun itu, terapkan yang namanya profesionalitas. Jika bekerja dengan orang lain, perlakukan mereka layaknya saudara Anda sendiri. Jalin hubungan yang akrab dengan mereka, jangan memisahkan atau menjauhkan diri Anda. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan.

Jika Anda bekerja dengan saudara sendiri, perlakukan ia seperti orang lain. Terapkan nilai-nilai dalam bekerja dan jangan mentoleransi sedikitpun kesalahan. Pujilah jika ia berhasil, dan tegurlah jika ia bersalah. Dengan mempertahankan sikap profesional, Anda telah menerapkan lagi satu prinsip bisnis lain yang lebih penting.

3. Bergerak maju sambil mengawasi lawan

Dalam berbisnis, yang terpenting adalah berbuat sesuatu untuk kemajuan Anda dan bisnis Anda. Meski Anda menghadapi sebuah situasi yang sulit, pastikan Anda mampu menemukan jalan keluar serta dapat mengubah bencana menjadi mukjizat. Misalnya saja jika Anda ingin mengambil air dalam sebuah ketel yang mendidih, jangan mundur hanya karena airnya panas. Gunakan sendok yang lebih panjang untuk mengambil airnya.

Selain berfokus pada kemajuan Anda, Anda juga harus terus mengawasi apa yang diperbuat oleh lawan Anda. Buka mata terhadap perusahaan atau bisnis lain yang lebih sukses. Cari tahu apa kunci kesuksesan mereka dan pastikan Anda bisa melakukannya dengan lebih baik. Misalnya jika tetangga Anda bangun pagi-pagi, maka Anda harus bisa bangun lebih pagi darinya. Start lebih awal selalu memberikan hasil lebih baik.

4. Berhati-hatilah terhadap nasihat

Jika Anda masih berpikiran bahwa saling memberi nasihat dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar dan menguntungkan, Anda harus segera merubah pola pikir itu. Tidak ada seorang pebisnis pun yang ingin melihat lawannya maju. Jadikanlah hal ini prinsip dalam menjalankan bisnis Anda.

Tidak perlu memberikan nasihat pada siapa saja yang sekiranya tidak memberikan keuntungan apapun bagi Anda. Anda tidak memiliki kewajiban untuk mempedulikan orang lain yang tidak berkepentingan dalam hidup atau bisnis Anda.

Anda juga harus berhati-hati terhadap setiap saran yang Anda terima dari orang lain. Jangan pernah berpikir bahwa mereka memberikannya dengan tulus dan ikhlas. Anda harus terus waspada karena mungkin saja mereka justru menginginkan Anda jatuh dan bangkrut.

5. Pembuatan keputusan

Inilah salah satu tahap yang krusial dalam dunia bisnis. Pengambilan keputusan bukanlah sesuatu yang sepele, bahkan untuk masalah yang kecil sekalipun. Setiap keputusan yang Anda ambil akan berdampak pada keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda. Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan sebelum Anda mempertimbangkannya dengan matang.

Biasakan untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi mengenai suatu masalah yang perlu Anda selesaikan. Bila perlu, gunakan berbagai cara untuk memaksa informasi berharga agar keluar dari mulut seseorang. Kemudian, baru Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Ulas dan bahas informasi yang Anda dapatkan dengan rekan bisnis Anda atau dengan orang-orang yang lebih berpengalaman yang bijaksana dan Anda percaya. Lakukanlah analisis mendalam meliputi skenario terburuk yang mungkin terjadi, serta semua faktor positif dan negatif yang ada di dalamnya. Setelah itu, lakukan apa yang menurut Anda adalah keputusan terbaik yang bisa Anda ambil.

6. Selesaikan Masalah-masalah kecil

Tidak setiap hari masalah besar datang dan menguras tenaga serta pikiran Anda. Yang sering datang justru masalah kecil setiap hari dan perlu Anda tangan secepatnya. Satu hal yang harus Anda camkan dalam benak Anda adalah: jangan menganggap masalah yang kecil sebagai sesuatu hal yang sepele. Masalah kecil jika tidak ditangani dengan baik bisa berkembang menjadi permasalahan yang lebih besar.

Terapkan prinsip yang sama dalam menyelesaikan masalah. Lakukan identifikasi secara menyeluruh, kumpulkan sebanyak mungkin informasi, buatlah alternatif solusi serta konsekuensi yang mungkin muncul.

7. Berani Mengambil Keputusan

Secara keseluruhan, ada 3 hal yang harus Anda cermati dalam membuat keputusan, baik itu besar maupun kecil.

  • Sifat masalah secara spesifik
  • Fakta-fakta terkait masalah tersebut dan semua informasi yang berhubungan
  • Alternatif solusi beserta konsekuensi yang mungkin muncul dan hasil yang diharapkan.

Dalam menjalankan bisnis, siapa yang berani mengambil keputusan adalah mereka yang akan berhasil. Jangan pernah takut untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mengambil resiko yang Anda. Resiko tersebut bisa saja menjadi faktor kesuksesan Anda yang terbesar.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 prinsip bisnis ala mafia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?
Definisi Too Big to Fail
Memanage Cash Flow Keuangan pada Bisnis Musiman
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Apa itu Dupont Analysis? Definisi Dupont Analyisis
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
5 Cara Memulai Bisnis Cleaning Service
Apakah Bisa Memulai Bisnis dengan Modal Dengkul?


Bagikan Ke Teman Anda