Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Peluang Bisnis Hotel Lewat Virtual Hotel Operator (Airy Rooms, Zen Rooms, RedDoorz, dll)

Pesatnya perkembangan teknologi serta meluasnya penggunaan smartphone dan internet membawa perubahan yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan termasuk bisnis. Kini banyak bisnis yang dijalankan secara online, tidak terbatas pada transaksi jual beli saja tetapi juga layanan akomodatif seperti tiket kendaraan dan hotel.

Fenomena VHO (Virtual Hotel Operator) adalah termasuk yang paling berkembang pesat selama 5 tahun terakhir. VHO pertama yang masuk di Indonesia pada tahun 2015 adalah Nida Rooms, diikuti dengan nama-nama yang kini akrab di telinga seperti Airy Rooms, RedDoorz, Zen Rooms, dan Tinggal. Pemesanan hotel via VHO, selain lebih mudah dan fleksibel juga jauh lebih murah dari segi harga.

Maraknya VHO dan penginapan yang serba murah menjadi tren bisnis tersendiri. Namun bagaimana sebenarnya peluang bisnis hotel melalui VHO?

Traveling dan Kemajuan Virtual Hotel Operator

Majunya bisnis VHO tidak lepas dari gaya hidup masyarakat modern yang gemar traveling namun dengan biaya seminimal mungkin atau budget travel. Yang terpenting bagi mereka adalah dapat bepergian ke luar negeri dan berkunjung ke sebanyak mungkin destinasi wisata. Wisatawan seperti ini tidak memerlukan tempat tinggal yang mewah. Mereka mencari penginapan yang bersih, nyaman, dan dengan harga rendah.

Cara Kerja Virtual Hotel Operator

VHO mengadopsi gaya kerja yang sama dengan ojek online. Mereka tidak memiliki hotel ataupun pegawai. Konsep dasar VHO adalah “rebranding” bagi para pemilik hotel atau rumah singgah yang ingin bergabung. Setiap VHO memiliki standar operasional tersendiri sebagai checklist untuk para mitra mereka. Sebelum sebuah hotel atau bangunan dapat bergabung ke dalam listing, VHO akan mengirimkan tim untuk memeriksa kelayakannya. Inspeksi yang dilakukan meliputi fasilitas dan berbagai layanan lain yang kemudian di-“rebrand” dan dijual kepada publik.

VHO dapat merubah harga sebuah hotel yang bagus menjadi lebih terjangkau, menyediakan hotel ekonomis terbaik di suatu area, bahkan membuat hotel-hotel menjadi lebih layak ditempati dengan meningkatkan fasilitas dan quality control yang dilakukan setiap bulan.

Virtual Hotel Operator Terpopuler di Indonesia

  • Airy Rooms

Airy Rooms adalah salah satu VHO terbaik yang menyediakan hotel dengan harga terjangkau. Hanya di wilayah Jakarta saja, ada sebanyak 58 hotel dengan harga mulai Rp 160.000 hingga Rp 550.000. Partner Airy Rooms adalah penginapan kecil, hotel kelas menengah, hingga hotel berbintang dua. Target utama Airy Rooms bukan hanya budget traveler tetapi juga traveler kelas menengah.

  • Zen Rooms

Dengan tagline “Travel More, Pay Less”, Zen Rooms menawarkan hotel dengan budget rendah antara Rp 170.000 hingga Rp 660.000. Pelanggan bisa memilih sendiri di hotel mana mereka akan menginap karena Zen Rooms menyediakan rumah singgah hingga hotel berbintang tiga. Target konsumen Zen Rooms sangat jelas: traveler yang tidak ingin membuang banyak uang dan mengorbankan budget mereka untuk penginapan.

  • RedDoorz

Berbeda dengan dua VHO sebelumnya, harga hotel yang ditawarkan oleh RedDoorz mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.900.000. Mitra RedDoorz lebih bervariasi, yaitu hotel kelas menengah hingga hotel berbintang empat dan lima. Dengan demikian, target konsumen RedDoorz bukan hanya budget traveler tetapi juga traveler kelas menengah dan kelas atas.

Kelebihan Virtual Hotel Operator

Kehadiran VHO menjadi peluang bisnis baru bagi pemiliki hotel, terutama mereka yang hotelnya sepi. VHO adalah media untuk menarik pengunjung dengan mudah. Apa saja kelebihan yang bisa didapatkan oleh pemiliki hotel melalui VHO?

VHO menjadi solusi bagi hotel-hotel kecil yang tidak memiliki website dan media promise lain di internet. Tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di smartphone, setiap mitra yang tergabung dalam VHO dapa mempromosikan hotel mereka secara gratis. VHO tidak hanya terbatas pada satu area saja, tetapi juga lintas negara.

VHO menentukan standar kualitas sebuah hotel, sehingga hotel tersebut dapat terus memperbaiki layanannya seperti kamar hotel dan fasilitas. Kemitraan dengan Online Travel Agent (OTA) juga memungkinkan pemilik hotel untuk menjangkau pasar konsumen yang lebih luas lagi. VHO memastikan kualitas sebuah hotel tetap terjaga, mulai dari awal bergabung hingga pengecekan secara berkala untuk memastikan semua standarnya terpenuhi. Dengan demikian, hotel akan selalu layak ditempati dan memberikan kenyamanan maksimal bagi pengunjung meski dengan harga yang minim.

Kemunculan VHO di berbagai platform media sosial juga menjadi saran promosi yang menguntungkan bagi pemilik hotel. Pihak VHO juga menyediakan neon box untuk dipasang di setiap bangunan, dengan tanggungan pajak berada di pihak VHO.

Sederet keuntungan ini membuat para pemilik hotel kelas menengah tertarik untuk bergabung.

Kelemahan Virtual Hotel Operator

Setiap bisnis selalu memiliki dua sisi, kelebihan dan kelemahan. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh VHO tentu tidak lepas dari kelemahan yang menyertainya. Pemilik hotel yang berencana bergabung dengan VHO harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Salah satu faktor yang menyebabkan VHO banyak diminati konsumen adalah harga kamar yang sangat terjangkau, namun dengan kenyamanan dan pelayanan yang baik. Sayangnya, tidak semua pemilik hotel diuntungkan dengan harga murah ini. Harga sebuah kamar ditentukan oleh VHO secara sepihak tanpa konfirmasi pada pemilik.

Masih soal harga, harga yang diberikan oleh pemilik hotel pada VHO harus lebih rendah dari harga yang ditampilkan di aplikasi. Nama hotel pun akan dipasarkan di bawah nama VHO, bukan nama hotel yang sesungguhnya. Pemilik hotel juga harus mengizinkan VHO untuk menata ruang mereka, menentukan standar pelayanan dan fasilitas yang semuanya berada di bawah brand VHO tersebut.

Selain itu, ada dualitas brand yang akan terjadi. Pemasangan neon box VHO di depan bangunan hotel dalam posisi yang mudah terlihat orang lain.

Peluang bisnis hotel melalui VHO memang sangat besar, namun kelebihan dan kekurangan yang ada tetap harus dipertimbangkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang peluang bisnis hotel lewat virtual hotel operator, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
Pertanyaan yang Harus Diajukan Ketika Membeli Bisnis Baru
Waspada! Ini Penyebab Bisnis Kecil Tidak Berkembang
Tip Memulai Usaha Dropshipping
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Contoh Bisnis dengan Skema Ponzi di Indonesia
Bagaimana Mendapat Pelayanan Lebih di Hotel
Definisi Debt to Income Ratio?
Untuk Rugi Memiliki Partner Bisnis


Bagikan Ke Teman Anda