Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Bisnis Baru

Memulai bisnis baru tentu bukan hal yang mudah karena banyak hal yang perlu dipikirkan dengan baik. Mulai dari modal, spesialisasi bisnis ayang diinginkan dan tentu saja bagaimana anda akan mendapatkan pelanggan atau klien untuk usaha anda.

Membangun suatu usaha tentu akan membutuhkan berbagai dukungan serta terdapat banyak factor yang menentukan keberhasilan usaha tersebut. Salah satu hal yang paling utama adalah bagaimana cara mendapatkan pelanggan untuk bisnis baru anda.

Mendapatkan pelanggan untuk bisnis baru bukanlah sesuatu yang mudah, karena usaha anda adalah usaha yang belum banyak dikenal orang. Namun, hal ini juga bukan merupakan sesuatu yang sepenuhnya sulit dilakukan karena saat ada sesuatu yang baru orang – orang juga akan menjadi lebih tertarik. Dana berikut adalah beberapa cara mendapatkan pelanggan untuk bisnis baru:

  • Tentukan klien ideal anda

Sebelumnya telah dibahas bahwa setiap usaha sudah seharusnya memiliki spesialisasi. Untuk itu, anda juga perlu menentukan klien ideal yang tepat untuk usaha anda. Anda tidak mungkin dapat menerima semua jenis klien untuk anda layani.

Untuk itu, anda perlu menentukan klien ideal anda. Anda bisa menentukan apakah klien anda merupakan klien menengah keatas atau hanya high class (orang – orang dengan daya beli tinggi). Karena setiap orang tentu memiliki daya beli masing – masing.

Untuk itu pertama anda perlu menentukan klien seperti apa yang akan datang untuk menggunakan jasa maupun produk dari usaha anda. Anda perlu membuat Batasan yang jelas, sehingga focus anda tidak terpecah Ketika mempromosikan usaha anda kepada calon konsumen anda.

  • Posisikan diri sebagai “Jawaban”

Jawaban yang dimaksud disini adalah jawaban atas kebutuhan calon pelanggan potensial anda. Anda tentu akan melakukan berbagai promosi kepada konsumen yang cukup potensial. Saat melakukan promosi tersebutlah anda perlu memberikan kesan bahwa anda mengerti apa saja yang akan diperlukan konsumen tersebut.

Anda perlu benar – benar mengetahui usaha anda sehingga anda bisa menawarkan dengan baik dan dapat menjaawab segala pertanyaan yang dimiliki oleh klien. Dengan demikian anda juga akan menjadi jawaban atau solusi bagi para pelanggan potensial anda.

  • Manfaatkan media sosial

Saat ini Media Sosial adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengana manusia modern. Media sosial adalah salah satu media komunikasi paling digunakan. Dan tentu saja, dengan melakukan promosi dan berbagai perkenalan mengenai usaha anda dan juga produk – produk yang anda tawarkan.

Melalui media sosial, dimana hampir seluruh dunia dapat melihat, maka usaha anda juga akan lebih cepat dikenal oleh calon – calon pelanggan anda. Untuk itu, anda perlu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk membuat berbagai promo menarik.

  • Selenggarakan acara

Tentu saja, untuk mengenalkan usaha baru anda perlu diselenggarakan acara.anda perlu mengadakan acara yang sesuai dengan usaha anda dan tentu saja orang-orang yang akan menjadi calon konsumen anda yang paling potensial.

Sebagai contoh, Ketika anda membuka toko kosmetik baru, maka anda perlu mengadakan acara yang berhubungan dengan barang-barang yang anda jual. Anda juga mungkin membuat suatu acara dimana orang-orang yang berkecimpung di dunia kosmetik dan kecantikan akan datang.

Dengan menyelenggarakan acara anda akan lebih mudah melakukan promosi dan melihat seberapa besar potensi klien anda. Produk serta usaha anda juga akan lebih banyak dikenal orang yang memang tertarik dengan bidang usaha anda.

  • Berikan diskon

Mendengar kata diskon tentu akan membuat setiap orang semakin tertarik. Di awal pembukaan usaha anda anda perlu membuat gebrakan yang akan memberikan efek permanen. Dengan memberikan diskon pada produk yang anda tawarkan tentu akan mendatangkan banyak konsumen.

Ketika konsumen tersebut telah mengetahui betapa berkualitas produk serta layanan yang anda berikan, maka konsumen tersebut akan lebih senang datang ke tempat anda. Tanpa memberikan diskonpun, mereka akan tetap datang untuk menjadi konsumen tetap anda.

Anda tidak perlu memberikan diskon yang banyak, hanya dengan memberikan sedikit potongan atau memberikan gift (hadiah) pada setiap transaksi. Dengan demikian orang akan lebih tertarik untuk mendatangi usaha anda.

  • Lakukan kerja sama atau kolaborasi

Memperkenalkan usaha baru tentu bukan sesuatu yang mudah, dan anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain untuk mewujudkannya. Anda bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan yang telah memiliki nama dalam bidang usaha baru anda.

Bukan hanya pada bidang yang sama, anda juga sangat mungkin melakukan kolaborasi dengan perusahaan yang tidak sama dengan bidang anda. Tentu hal itu akan lebih menarik untuk dilakukan dan pasti lebih dapat menarik perhatian konsumen.

Sebagai contoh, Ketika anda membangun usaha makanan ringan, anda mungkin saja melakukan Kerjasama atau kolaborasi dengan coffee shop yang ada di sekitar anda. Dengan demikian anda akan lebih mudah mengenalkan produk anda.

  • Gunakan website

Saat ini, internet adala satu hal yang sangat membantu. Apalagi, di era COVID – 19 seperti saat ini. Banyak orang yang lebih memilih melakukan segalanya secara remot atau jarak jauh. Maka untuk mendapatkan kesuksesan dan lebih banyak konsumen, anda perlu memiliki website untuk usaha anda.

Menggunakan website akan mempermudah anda dalam berkomunikasi dan membuat kesepakatan dengan klien anda. Jika usaha anda adalah restoran, maka dengan website anda juga bisa melayani penjualan secara online, sehingga lebih banyak pelanggan yang akan memesan makanan pada restoran anda.

Diatas adalah beberapa cara mendapatkan pelanggan untuk bisnis baru. Bukan hanya hal-hal tersebut, anda juga masih bisa melakukan berbagai cara lainnya untuk mendapatkan pelanggan, seperti memanfaatkan rating dan review secara online.

Artikel Terkait

Demikianlah cara mendapatkan pelanggan untuk bisnis baru, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



15 Cara Jadi Miliarder Sukses di Usia Muda
13 Cara Membuang-membuang Uang
Pentingnya Leverage dalam Bisnis
Cara Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Pesaing
Apa itu EBITDAR?
Apa itu Days Payable Outstanding (DPO)?
20 Cara Mengurangi Pengeluaran saat Belanja
Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
Cara Melunasi Utang Menggunakan Strategi Debt Stacking
Cara SMS Banking BRI


Bagikan Ke Teman Anda