Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Stock Opname?

Tidak semua orang mengerti apa itu stock opname. Biasanya yang sangat memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di gudang, administrasi, dan akuntansi. Pada dasarnya, stock opname sangat diperlukan karena akan berpengaruh pada perhitungan laporan keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Stock opname bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Semakin besar skala perusahaan, maka semakin lama pula aktivitas ini bisa berlangsung. Karena itu diperlukan metode yang tepat agar prosesnya bisa lebih singkat. Yuk, pahami dulu apa itu stock opname dan elemen yang berkaitan dengan hal ini.

Definisi Stock Opname

Secara umum, stock opname adalah aktivitas menghitung produk yang tersedia di gudang perusahaan. Kalkulasi produk adalah proses yang sangat penting bagi setiap bisnis dan biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu lama. Penghitungan barang harus dilakukan dengan sangat detail agar laporannya tidak salah.

Dalam proses ini sebaiknya hindari kesalahan apa pun. Misalnya ada satu orang yang melakukan kesalahan, ini bisa berpengaruh pada produk yang akan dijual. Untungnya, teknologi makin maju dengan pesat. Jadi sudah ada sistem yang mempermudah bisnis untuk melakukan stock opname yang lebih akurat.

Biasanya sekarang sebuah usaha menggunakan barcode untuk menandai sebuah produk. Dengan barcode, stock opname jadi jauh lebih cepat dan lebih efisien. Dengan teknik ini, eror dalam perhitungan pun bisa diminimalisir.

Mengapa Stock Opname Dibutuhkan?

Tentu saja stock opname sangat dibutuhkan dalam bisnis. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stock opname digunakan untuk mendapatkan hasil inventori yang detail dan tepat. Ini juga sebagai metode dan evaluasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari sini kita bisa tahu produk apa yang cepat laku dan diinginkan pasar.

Jika ditemukan kelebihan jumlah produk, maka bisa dilakukan pengecekan ulang bersama tim. Salah perhitungan, entah itu kelebihan atau kekurangan bisa mengganggu proses produksi. Meski begitu, kekurangan produk bisa lebih berbahaya. Karena di saat ada permintaan dari konsumen, ternyata di gudang produknya sudah habis.

Keuntungan dari Melakukan Stock Opname

Dengan melakukan stock opname, pemilik bisnis jadi tahu persis dan bisa mengontrol kuantitas produk. Ini dia beberapa keuntungan dai melakukan stock opname secara teratur:

  • Bisa menghindari produk tersimpan terlalu lama
  • Bisa mengetahui kekurangan dan apa yang harus distok
  • Tim bisa langsung memberi respons jika ada kelebihan atau kekurangan produk
  • Analisis stock opname bisa digunakan di awal tahun, jadi tim bisa mendapat gambaran apa saja produk yang biasanya kelebihan atau kekurangan. Dari sini, bisa dilakukan penyesuaian
  • Arus keluar produk jadi tercatat dengan jelas
  • Kondisi dan kualitas produk akan selalu terjaga karena dilakukan pengecekan secara teratur. Sehingga kualitas produk yang sampai ke tangan konsumen tetap baik.

Jadwal Stock Opname yang Terbaik

Sebenarnya tidak ada jadwal yang pasti untuk stock opname yang terbaik. Jawabannya akan berbeda-beda untuk setiap bisnis. Bahkan untuk jenis bisnis yang sama, jadwal stock opname bisa saja berbeda. Karena ini sangat tergantung dari karakter tiap bisnis. Meski begitu, secara umum perhitungan produk akan dilakukan setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Kenapa harus dilakukan dalam jangka waktu yang selama itu, 3 – 4 bulan? Apa tidak bisa dipercepat? Sebenarnya bisa saja bila perusahaan bergerak sangat cepat dan membutuhkan stock opname yang selalu baru. Akan jauh lebih baik lagi kalau perusahaan tersebut punya sumber daya yang cukup dan teknologi stock opname yang baik.

Memaksakan stock opname sering dilakukan dengan sumber daya dan teknik yang kurang baik sangat tidak disarankan. Perhitungan yang salah bisa terjadi dan ini akan berpengaruh pada proses produksi dan bisnis secara keseluruhan. Stock opname harus sangat detail dan tepat.

Tujuan Stock Opname

Ada beberapa hal yang bisa didapatkan dari melakukan stock opname secara berkala, yaitu:

  • Mengetahui inventori produk, arus keluarnya, pemasukan, dan hutang perusahaan
  • Mengetahui betul data perusahaan
  • Bisa mengorganisir bahan baku yang dibutuhkan perusahaan, produk yang hampir jadi, dan produk jadi
  • Bisa menghindari berbagai masalah yang ditimbulkan dari kelebihan atau kekurangan produk.

Tahapan Stock Opname

Pada dasarnya ada 3 tahapan dalam stock opname yaitu langkah awal, persiapan, dan final. Apa yang dilakukan di setiap tahapan tersebut? Ini dia kurang lebih detail dari tiap tahapan stock opname:

  1. Tahap Awal

Tahap ini dimulai dari:

    • Menyiapkan stiker untuk stok yang telah dihitung
    • Merapikan produk dengan memisahkannya berdasarkan tipe dan kode produk
    • Merampungkan stok gudang menggunakan sistem barcode supaya hasilnya lebih baik lagi
  1. Tahap Persiapan

Pada saat mempersiapkan, ada beberapa langkah, yaitu:

    • Mempersiapkan tim khusus stock opname untuk diberi brief sebelum melakukan tahap selanjutnya
    • Menyelesaikan input yang berhubungan dengan perpindahan barang hingga H-1
    • Hentikan perpindahan barang saat dilakukan pstock opname.
  1. Tahap Akhir
    • Memastikan semua transaksi sudah terekam dalam program stock opname
    • Mencatat semua produk yang ada di gudang agar bisa dievaluasi di tahap selanjutnya
    • Cek stok produk yang nantinya akan dimasukkan ke dalam program Excel
    • Lakukan pengecekan ulang agar tidak ada produk yang terlewat
    • Setelah stock opname selesai, maka hasil kalkulasi diberikan kepada departemen Akunting.

Stock opname sangat dibutuhkan dalam jenis bisnis apa pun. Supaya bisnis kita bisa berkembang dan menambah jumlah konsumen, maka stock opname merupakan salah satu caranya. Dengan proses ini, bisnis bisa maju ke arah yang lebih baik karena lebih terorganisir.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu stock opname, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
Deretan Ide Bisnis yang Punya Prospek Bagus Saat New Normal
Pengertian Sinergi – Jenis, Manfaat, Dan Pengaruh Sinergi
Apa Itu Barang Consumer Goods?
Karakteristik Wirausahawan Yang Wajib Dimiliki
Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan
Apa itu Rasio Leverage? Definisi Leverage Ratio
Mengenal Spin Off serta Tahapan Pengurusannya
Ide Bisnis untuk Anak Kuliahan, Boleh Dicoba Sekarang Juga!
Untung Rugi Bisnis Barbershop


Bagikan Ke Teman Anda