Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Begini Kira-Kira Trend Digital Marketing di Tahun 2022

Sejak internet menguasai dunia, segala hal beralih ke dalam genggaman. Informasi, pengetahuan, hingga promosi bisa dilakukan melalui internet dengan perubahan yang super cepat. Dalam dunia digital marketing, perubahan juga terjadi. Seperti apa kira-kira digital marketing di masa depan?

Untuk melihat seperti apa trend digital marketing di tahun 2022, kamu bisa melihat di tahun sebelumnya. Ini akan sangat berguna untuk mempersiapkan apa yang akan terjadi. Juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan aktivitas marketing sesuai dengan perkembangan jaman.

Trend Digital Marketing di Tahun 2022

Marketing adalah pekerjaan yang memerlukan konsistensi. Semakin cepat kamu mempelajarinya, semakin besar kemungkinan bisnismu lebih unggul dari kompetitor. Berikut beberapa trend digital marketing 2022:

  1. Video pendek

Popularitas TikTok masih bertahan hingga tahun ini. Banyak brand besar menggunakan TikTok sebagai strategi marketing. Video pendek yang lebih menekankan pada konsumsi konten dan pesan ringkas membuatnya lebih mudah dipahami.

Mengusung konsep yang serupa, platform Instagram juga telah meluncurkan Reels. Dimana pengguna bisa mengkreasikan video pendek yang hampir sama seperti TikTok. Youtube juga tak mau kalah dengan menampilkan ‘shorts’.

Meski konten video pendek dapat menjangkau pengguna sosial media lebih luas. Perlu diperhatikan juga target audience agar strategi marketing yang kamu lakukan lebih tepat sasaran. Apabila dilakukan dengan baik dan konsisten, bukan tidak mungkin produk yang kamu miliki akan menjadi pemimpin di pasaran.

  1. Story telling

Pernahkah kamu melihat iklan perusahaan asuransi dari negara Thailand? Ya, mereka kerap menampilkan cerita yang menyentuh hati dan emosi bagi para penonton. Itulah salah satu contoh story telling marketing yang bagus.

Marketing dengan cara ini lebih menyentuh sisi emosional konsumen. Sehingga mereka cenderung lebih mengingat brand tertentu dibandingkan dengan menjelaskan secara langsung spesifikasi produk yang ditawarkan. Strategi ini lebih efektif karena mempengaruhi alam bawah sadar calon konsumen.

  1. Kualitas interaksi dengan followers

Yang tidak kalah penting dalam digital marketing adalah interaksi dengan followers. Algoritma sosial media dipengaruhi oleh engagement followers. Ketika engagement tinggi maka semakin besar peluang produk kamu dikenal luas.

Untuk meningkatkan interaksi tersebut bisa dengan cara sebagai berikut:

    • Upload konten di waktu prime time, yaitu jam ketika banyak orang membuka sosial media. Bisa jadi waktu istirahat makan siang atau malam hari menjelang waktu tidur.
    • Membuat kuisioner, tips, survei bisa juga giveaway yang melibatkan followers.
  1. Facebook Ads

Sosial media buatan Mark Zuckerberg ini masih populer di Indonesia. Tercatat sekitar 79 juta masyarakat Indonesia masih menggunakannya. Jejaring sosial ini menjadi pasar yang potensial bagi pelaku usaha.

Salah satu fitur yang ditawarkan Facebook yaitu Facebook ads atau iklan berbayar. Fitur ini bisa digunakan oleh para pelaku usaha, brand dan public figure untuk mempromosikan barang atau jasanya.

Manfaat fitur ini bukan hanya jangkauan marketing yang lebih luas, namun juga ada fitur yang memungkinkan kamu memilih target audience yang tepat. Sehingga penawaran produk atau jasa lebih tepat sasaran. Dalam fitur ini juga memungkinkan kamu untuk mengevaluasi kinerja iklan.

  1. Ecommerce di TikTok

TikTok pada awalnya hanya fokus pada editing dan sharing video pendek. Kini mereka menambahkan fitur TikTok Shop bagi para pengguna. Tidak tanggung-tanggung, promo yang ditawarkan cukup menggiurkan, di antaranya gratis ongkir (ongkos kirim) untuk pemesanan pertama.

Para pelaku usaha pun banyak yang menawarkan produk mereka di sini. Dengan harga yang lebih miring dibanding marketplace lain. Salah satu keunggulan dari TikTok shop yaitu pengguna bisa berpromosi menggunakan live streaming untuk menarik pembeli. Dengan live streaming para pengguna lain bisa langsung mengetahui detail produk yang ditawarkan.

  1. Influencer Marketing

Sejak beberapa tahun terakhir trik marketing menggunakan influencer sudah dilakukan oleh brand besar untuk memperkenalkan produk mereka. Influencer umumnya adalah para publik figur yang memiliki banyak pengikut dan mempunyai pengaruh. Metode ini terbilang cukup efisien.

Sebelum bekerja sama dengan influencer ada baiknya perhatikan poin berikut ini :

    • Jumlah follower aktif
    • Engagement rate
    • Harga
    • Kredibilitas
    • Kesesuaian dengan brand
  1. CSR atau Aktifitas non-profit

Corporate Social Responsibility disebut juga tanggung jawab sosial perusahaan. Aksi ini biasanya dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat lingkungan sekitar. Bisa jadi salah satu cara untuk membantu pemerintah menangani masalah sosial.

Dibalik itu semua, sebenarnya CSR sendiri membantu membangun citra perusahaan. Apabila brand perusahaan terbentuk dan terkenal baik di mata masyarakat maka proses branding akan semakin mudah. Sebagai contoh salah satu perusahaan membangun ruang terbuka hijau di salah satu kawasan perkotaan dan digunakan gratis untuk umum.

  1. Personalize Message

Mengirim pesan sekaligus ke banyak kontak calon konsumen memang praktis, dan menghemat waktu. Tetapi apabila terlalu sering dilakukan akan membuat calon konsumen merasa bosan, atau malah terganggu. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah pesan personal.

Metode ini tidak hanya mampu meningkatkan penjualan. Hubungan dengan konsumen pun akan terjalin dengan baik. Dikarenakan adanya interaksi secara langsung tentang apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Tidak menutup kemungkinan akan adanya repeat order bila menggunakan cara ini. Dengan sering melakukan follow up apabila konsumen telah bertransaksi. Bisa dengan cara memberi info produk yang sedang diskon, ada even pembukaan toko baru, bahkan sekedar ucapan pada hari raya. Tentunya konsumen merasa spesial dan lebih dihargai.

Begitulah kira-kira prediksi trend digital marketing di tahun 2022. Beberapa memang sudah booming sejak tahun lalu. Yang jadi pertanyaan, mana yang akan kamu pilih?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trend digital marketing di tahun 2022, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Digital Immigrant?
Trend Digital Marketing Tahun 2019
Cara Membuat Marketing Plan
Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!
Apa Itu Digital Native?
Apa Itu Digital Banking?
Apakah TV Digital Pilihan Yang Tepat? – Kelebihan TV Digital Dibanding TV Analog
Strategi Penetapan Harga Loss Leader (Loss Leader Pricing)
Apakah TV Digital Selalu Lebih Baik dari TV Analog? Keunggulan TV Analog
Mengenal Seluk-Beluk Dompet Digital


Bagikan Ke Teman Anda