Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Trend Digital Marketing Tahun 2019

Sadarkah Anda bahwa sebaik apapun kualitas produk yang Anda tawarkan pada masyarakat, bisnis Anda tidak akan berjalan secara maksimal apabila strategi marketing yang Anda lakukan masih kurang. Marketing berguna untuk mengenalkan produk Anda pada masyarakat luas, terutama target pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam melakukan pemasaran, Anda tidak bisa asal mempromosikan produk pada sebarang orang, karena percuma memasarkan produk pada orang yang tidak berpotensi membeli produk Anda.. Oleh karena itu, pemasaran juga membutuhkan strategi.

Untuk mengetahui strategi terbaik, Anda perlu peka terhadap fenomena pasar ini. Di era modern ini, pemanfaatan hal-hal berbasis digital semakin berkembang pesat. Dan bahkan sudah diaplikasikan dalam kegiatan pemasaran. Nah, untuk memberikan inspirasi mengenai strategi digital marketing terbaik, di sini kami telah merangkum 7 tren digital marketing yang dapat Anda praktikan sebagai strategi bisnis Anda. Langsung saja, simak terus ulasan berikut ini.

1. Sosial Media

Sosial media masih menjadi tempat favorit bagi marketers untuk memasarkan produknya. Sosial media dinilai media paling efektif untuk menjangkau pasar yang luas dan tepat sasaran. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis sosial media yang paling banyak digunakan, diantaranya adalah instagram dan facebook. Apabila Anda mengamati, Anda pasti menyadari bahwa kedua sosial media tersebut memiliki rentang pengguna yang berbeda.

Nah, apabila Anda ingin memasarkan produk melalui sosial media, Anda perlu memperhatikan tipe pengguna dari sosial media tersebut. Apabila ingin menyasar generasi tua yang berusia sekitar 40 tahun ke atas, maka sebaiknya gunakan facebook. Sebab kebanyakan generasi tua masih menggunakan facebook sebagai ruang untuk berkomunikasi. Namun, apabila menyasar generasi milenial ke bawah, maka instagram adalah media yang paling tepat. Terlebih kini instagram menyediakan banyak fitur canggih bagi Anda yang ingin berbisnis.

2. Memanfaatkan Fitur Stories

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media yang paling ramah bagi pelaku bisnis adalah instagram. Selain memiliki banyak fitur menarik, instagram ibaratnya adalah ruang dengan banyak orang. Bahkan saat ini, sudah lebih dari 57 orang pengguna instagram yang berasal dari Indonesia. Hal ini memudahkan pelaku bisnis untuk menyasar target pasarnya.

Saat ini, instagram sudah memiliki fitur yang sangat bermanfaat bagi marketers, yaitu instagram stories. Melalui fitur ini, marketers dapat mengupload foto atau video yang akan bertahan selama 24 jam. Anda dapat memaksimalkan fitur ini untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Dengan seringnya Anda menggunakan instagram stories, maka kepercayaan konsumen terhadap produk Anda juga akan bertambah.

3. Video Marketing

Semakin berkembangnya platform untuk menonton video seperti Youtube, banyak orang jadi lebih suka melihat sesuatu dalam bentuk audio visual. Nah, melihat fenomena ini, banyak marketers yang memanfaatkan Youtube untuk keperluan digital marketing.

Meskipun Youtube sudah sangat populer dan memiliki banyak pengguna, namun tidak serta merta produk Anda akan langsung terkenal sekali diunggah ke Youtube. Sekali lagi, Anda perlu konsisten. Apabila Anda rutin mengupload video yang meyakinkan dan menarik, maka dapat dipastikan subscriber dan vievers akan bertambah. Maka, semakin banyak pula yang mengenal produk Anda. Terlebih apabila Anda berhasil membuat konten video yang viral.

4. Video Live dengan Memanfaatkan Influencer

Membuat video live dengan mengundang influencer bisa menjadi cara yang paling efektif untuk menyentuh target pemasaran. Anda pasti sering menonton artis-artis mengiklankan produk tertentu di sosial media mereka. Nah, apabila budget Anda berlebih, Anda dapat mencoba strategi yang sama. Tidap perlu sampai membayar artis, Anda bisa meminta influencers di instagram atau youtube. Selain membuat konten, kebanyakan dari mereka juga nyambi dengan endorse produk. Namun, sebelum meminta influencer, perhatikan juga fans dari influencer tersebut. Pilih influencer yang memiliki fans yang sesuai dengan target pasar Anda.

5. Content Marketing

Video memang dinilai lebih menarik dibandingkan konten artikel. Namun, video saja tidak cukup untuk memberikan informasi yang lengkap kepada calon konsumen. Oleh karena itu, selain membuat konten untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat, Anda juga perlu menyediakan website khusus produk Anda yang berisikan detail produk. Sebab, apabila calon konsumen mulai tertarik dengan produk Anda, maka ia pasti akan menggali informasi mengenai produk tersebut. Nah, di sinilah pentingnya website khusus produk.

6. Artificial Intelligence

Poin nomor lima ini bukan suatu cara untuk memasarkan produk atau jasa Anda, melainkan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan marketing. Artificial intelligence atau kecerdasan buatan sudah menjadi tren saat ini. Banyak orang mulai mempelajarinya karena dinilai dapat bermanfaat untuk masa depan. Artificial intellegence populer bersamaan kawan-kawannya seperti Big Data dan Internet of Things.

Dalam dunia digital marketing sendiri, Artificial Intelligence bergungsi untuk melihat tren konsumen melalui pencarian yang mereka lakukan di internet. Karena itulah, banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan artificial intelligence. Bahkan, berdasarkan data dari Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Survey Online, sebanyak 57 persen perusahaan sudah menggunakan AI untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Beberapa keuntungan menggunakan artificial intelligence adalah dapat menganalisis data dengan skala besar dan responnya juga cepat. Popularitas artificial intelligence diperkirakan akan terus menanjak hingga 25% pada tahun 2020

7. ChatBot

Chatbot sebenarnya sudah populer sejak lama, namum masih exist hingga saat ini. Chatbox adalah suatu program yang dirancang untuk untuk mampu melakukan percakapan dengan manusia, baik melalui chat maupun audio. Chatbot memiliki peranan penting dalam meningkatkan pengalaman konsumen. Salah satu keunggulan chatbox dibandingkan dengan layanan customer service adalah respon cepat yang diberikan, fitur ini dapat membantu pengguna secara realtime.

Chatbot dapat menanggapi pertanyaan-pertanyaan dasar dari konsumen. Selain menghemat waktu, menggunakan chatbot juga dapat menghemat anggaran perusahaan. Perusahaan tidak perlu menyewa pekerja untuk menjadi customer servicer. Apalagi chatbot dapat beroperasi penuh selama 24 jam sehari. Jadi, kapanpun pengunjung ingin mengetahui lebih dalam mengenai produk Anda, ia bisa langsung menggunakan chatbot.

Mungkin sekian artikel mengenai tren digital marketing tahun 2019. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi pada pembaca mengenai strategi marketing terbaik untuk usaha Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang trend digital marketing tahun 2019, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Revolusi Industri 4.0?
Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!
Apa itu DuckDuckGo?
Strategi Penetapan Harga Loss Leader (Loss Leader Pricing)
Cara Membuat Marketing Plan
Bagaimana Membuat Budget untuk Marketing?
Strategi Cara Keluar dari Utang di Tahun 2019
Masa Depan Bitcoin: Akankah Menjadi Mata Uang Digital Tunggal?
Ini Dia Trend Teknologi di Tahun 2018
Ide Marketing untuk UKM


Bagikan Ke Teman Anda